Sepeda Cewek: 4 Alasan Mengapa Sepeda Ini Spesial!

Belakangan ini, olahraga sepeda banyak digemari sebagai pilihan aktivitas olahraga dari kalangan usia manapun termasuk wanita. Tentunya, kamu sering melihat banyak yang menggunakan sepeda cewek di jalan raya bukan? Walaupun sekilas terlihat sama, namun sepeda memiliki jenis yang berbeda. Ada yang bisa digunakan secara unisex dan ada juga sepeda khusus wanita. 

Memang benar, semua wanita bisa saja mengendarai sepeda apapun yang mereka inginkan, selama mereka merasa nyaman. Tetapi, ada hal menarik yang belum kamu ketahui. Para wanita akan memilih sepeda yang didesain khusus untuk mereka dan memberikan kenyamanan lebih daripada sepeda pada umumnya.  

Jika kamu wanita, dan sedang mempertimbangkan sepeda jenis apa yang harus dibeli, lima alasan mengapa sepeda wanita ini dapat menjadi referensi kamu sebelum membeli sepeda. 

1. Kenyamanan Jadi Prioritas Nomor Satu 

Jika kamu ingin mendapatkan pengalaman terbaik dalam bersepeda, mendapatkan kenyamanan yang tepat adalah hal paling penting yang harus kamu pertimbangkan, terlebih jika kamu wanita. 

Walaupun hanya bersepeda di jalan raya, di pegunungan atau hanya bersepeda santai di lingkungan rumah saja, kenyamanan dan kecepatan saat mengendarai sepeda selalu jadi fokus paling utama. 

Salah satu hal yang menjadi fokus yaitu dengan memiliki ukurang bingkai (frame) yang tepat. Merek sepeda manapun akan memberikan panduan ketinggian untuk setiap jenis sepeda. Selanjutnya, fit sepeda atau kenyamanannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu. 

Siapa bilang saat membeli sepeda, kamu akan dengan mudah mengendarainya? Tentu saja tidak, pihak toko akan membantu kamu mengukur sepeda sesuai dengan tinggi badan, panjang kaki, dan lengan kamu. Hal ini dilakukan untuk menemukan posisi yang tepat saat bersepeda. 

Pengaturan ini dikenal dengan custom atau menyesuaikan sepeda dengan kebutuhan kamu agar dapat bergerak nyaman, fleksibel dan menghindari kamu dari cedera.  

2. Elemen Sepeda yang Penting Bagi Cewek

Saat bersepeda, kamu akan duduk dengan durasi yang lama di atas saddle, atau biasa dikenal dengan tempat duduk sepeda. Nah, elemen ini juga jadi bagian penting yang harus diperhatikan bagi wanita, agar tetap nyaman selama bersepeda. 

Saddle dapat disesuaikan atau diubah dengan mudah. Selain saddle ada elemen lainnya yang dapat diubah untuk membuat kamu lebih nyaman. Apalagi jika kamu pemula yang sedang menekuni olahraga ramah lingkungan ini.  

Elemen-elemen lainnya yang dapat diatur antara lain: 

–     Saddle, bagian untuk duduk ini dapat diatur menjadi lebih nyaman bagi wanita. 

–     Handlebar, atau stang dapat diatur dengan lebar dan posisi yang lebih pas. 

–   Cranks, atau engkol juga disesuaikan dengan tinggi telapak kaki pengendara agar lebih nyaman saat mengayuh di medan apapun. 

–    Suspensi, elemen ini ada pada jenis sepeda gunung atau mountain bike. Suspensi dapat diatur lebih ringan dengan menyesuaikan berat badan wanita. 

–  Brakes, atau rem diatur agar mudah dijangkau dan dikendalikan tanpa kamu harus meregangkan tangan. 

3. Spesifikasi Desain Sepeda yang Berbeda 

Saat kamu mencari sepeda yang pas, kamu harus benar-benar teliti dalam mencari karena ada beberapa merek sepeda tidak memiliki sepeda cewek atau mereka tidak mendefinisikan secara detail mana sepeda unisex yang nyaman digunakan untuk perempuan. Spesifikasi desain sepeda berikut dapat menjadi acuan kamu. 

–      Stang sepeda 

Misalnya saja, pada sepeda unisex yang biasanya dilengkapi dengan model stang yang cocok atau nyaman untuk pengendara pria, nah jika untuk wanita belum tentu nyaman karena wanita cenderung memiliki bahu yang lebih sempit jika dibandingkan dengan pria, sehingga stang pada unisex akan lebih lebar jika digunakan wanita. 

Oleh karena itu, jika stang pada unisex yang kamu beli, maka kamu harus mengganti dengan stang yang lebih datar. Inilah yang membedakan antara sepeda pria dan wanita, sepeda wanita berukuran lebih kecil karena menyesuaikan tinggi rata-rata wanita. 

–      Bingkai sepeda 

Selain stang, pemilihan bingkai atau frame juga harus disesuaikan dengan tubuh kamu. Hal tersebut dilakukan karena bingkai sepeda yang pas akan memberikan pengalaman bersepeda lebih baik bagi wanita, menyesuaikan kebutuhan mereka. 

Misalnya saja, fleksibilitas yang lebih seimbang, pusat gravitasi yang lebih rendah dan kekuatan pada upper body yang mempengaruhi desain bingkai sepeda.  

Namun, walaupun banyak permintaan sepeda khusus perempuan, banyak merek yang lebih mengutamakan sepeda unisex dan hanya merekomendasikan sepeda yang pas untuk para perempuan. Jika memang tidak ada sepeda unisex yang pas buat kamu, cobalah untuk browsing tentang merek Liv Cycling yang menjadi merek sepeda perempuan terbesar di dunia. 

4. Haruskah Cewek Memilih Sepeda Khusus? 

Sama seperti orang pada umumnya, tidak semua perempuan menginginkan sepeda yang khusus, ada juga yang mengharuskan sepedanya di desain secara khusus untuk mendapatkan kenyamanan dan pengalaman berbeda. 

Misalnya saja, saddle yang jadi elemen penting pada sepeda, kamu bisa menanyakan merek sepeda apa yang memiliki sadel yang nyaman, apakah dari merek sepeda unisex atau dari merek sepeda yang mengeluarkan jenis khusus bagi perempuan.  

Walaupun memang tidak semua wanita tidak memiliki masalah saat berkendara dengan sepeda unisex, namun ketika mereka mencoba sepeda dengan custom khusus tentunya dari segi pengalaman akan berbeda.  

Apapun pilihannya, selama sepeda yang kamu kendarai nyaman dan tidak menyebabkan sakit, menyenangkan saat berkendara, tidak masalah apakah itu sepeda unisex atau sepeda khusus wanita. 

Frista Kurniasari
Talented professional good multitasking, organizational and verbal and written communication skills. Expertise includes writing content on topics such as Lifestyle, Humanity, Education and Travel.

Related Articles

Leave a Reply