Lompat Tali Termasuk Senam Ketangkasan, Ini Alasannya!

Masih ingatkah kamu dengan olahraga senam ketangkasan yang rutin dilakukan saat duduk di sekolah? Biasanya senam ketangkasan diajarkan oleh guru olahraga satu kali seminggu. Namun, saat beranjak dewasa siapa yang baru tahu bahwa senam ketangkasan tidak hanya suatu aktivitas di masa sekolah saja? Orang dewasa pun bisa melakukan aktivitas ini karena akan memberikan manfaat bagi tubuh, seperti menjaga kebugaran, kelenturan dan tetap aktif di berbagai macam kegiatan. Bahkan, lompat tali termasuk senam ketangkasan.

Senam ketangkasan merupakan jenis senam yang berfokus pada penampilan dan keterampilan. Biasanya selalu diaplikasikan pada senam alat, senam lantai atau senam tanpa menggunakan alat bantu apapun misalnya saja lompat tali termasuk senam ketangkasan yang melibatkan tangan dan kaki. 

Bagi pemula yang sedang memulai latihan senam ketangkasan, akan lebih baik jika melakukan gerakan yang lebih mudah terlebih dahulu agar risiko cedera nya pun kecil. Contoh gerakan senam ketangkasan berikut dapat mulai kamu lakukan dimana saja 

Gerakan Senam Ketangkasan 

Agar meminimalisir risiko cedera, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu gerakan-gerakan dasar dari senam ketangkasan. Ada beberapa gerakan dasar senam ketangkasan, antara lain: 

1. Berguling ke Depan (Front Roll) 

Umumnya, kalian pasti sudah tidak asing dengan gerakan berguling ke depan. Maka kamu akan membutuhkan matras untuk memudahkan latihan kamu. 

2. Berguling ke Belakang (Back Roll) 

Gerakan lainnya selain front roll, berguling ke belakang atau back roll memerlukan lebih banyak keberanian. Bagi kamu yang belum pernah melakukan gerakan senam ini, pasti akan merasa takut dan tegang sebelum memulai karena kamu tidak akan bisa melihat arah sebaliknya. 

3. Berdiri di Kepala (Head Stand) 

Siapa sangka kalau berdiri di kepala atau dikenal dengan headstand yang memerlukan keseimbangan dan ketenangan. Jika kamu tidak fokus, maka kamu akan rentan terkena cedera. Bagi pemula, kamu bisa mencoba menopang tubuh di tembok untuk menguatkan otot. 

Jika kamu merasa tidak seimbang ketika kedua kaki diluruskan, cobalah untuk menurunkan kembali kedua kaki dengan memposisikan lutut ditekuk dengan mempertahankan punggung tetap tegak. Ketika posisi sudah mulai stabil, coba lagi untuk meluruskan kaki ke atas. 

Salah satu tips dari gerakan senam ketangkasan agar mudah dilakukan, menjaga keseimbangan sangat penting dilakukan. Jika punggung kamu terlalu melengkung, maka tubuh akan bergerak ke depan yang menyebabkan keseimbangan mudah hilang. 

Alasan Lompat Tali Menjadi Senam Ketangkasan 

Lompat tali dikenal dengan manfaat yang besar bagi tubuh, misalnya saja dapat memberikan koordinasi pada tubuh, membakar kalori, meningkatkan kesehatan pada jantung dan juga melatih ketangkasan tubuh. 

Nah, ternyata koordinasi tubuh dapat meningkat cepat ketika kamu melakukan lompatan. Semakin rutin dan konsisten melakukan lompat tali, semakin banyak pula manfaat yang kamu dapatkan, salah satunya peningkatan ketangkasan dan otot kaki yang menjadi lebih kuat. Inilah alasan lompat tali termasuk senam ketangkasan.

Untuk melatih ketangkasan, kamu tidak memerlukan banyak waktu. Kamu hanya perlu meluangkan waktu selama 10 menit per hari untuk melatih ketangkasan kamu. Lompat tali menggunakan seluruh tubuh kamu mulai dari paha depan, betis hingga bagian belakang kamu.

Walaupun tidak sama seperti melakukan olahraga weight lifting, namun ketika kamu memutar tali dan memastikan kaki tidak tersangkut juga bisa meningkatkan koordinasi tubuh kamu seperti latihan kardio lainnya yang dapat memompa darah dan membantu menurunkan detak jantung.

Frista Kurniasari
Talented professional good multitasking, organizational and verbal and written communication skills. Expertise includes writing content on topics such as Lifestyle, Humanity, Education and Travel.

Related Articles

Leave a Reply