9 Kunci Dasar Ukulele yang Harus Kamu Ketahui

Saat mulai belajar memainkan alat musik, kamu harus mengetahui kunci dasarnya terlebih dahulu. Begitu juga saat kamu ingin belajar bermain Ukulele. Ukulele merupakan alat musik sejenis gitar dengan ukuran lebih kecil dan hanya memiliki 4 senar.

Meski banyak yang bilang bermain Ukulele lebih mudah dibanding alat musik lain. Namun, mengetahui kunci dasar Ukulele memang wajib kamu ketahui sebelum akhirnya bisa memainkan lagu dengan alat musik satu ini.

Nah, buat kamu yang baru pertama kali belajar memainkan Ukulele. Biar lebih mudah, pahami 9 kunci dasar Ukulele di bawah ini:

Kunci A Minor

Jari Tengah: Senar 4 Fret II

Kunci D Minor

Jari Telunjuk: Senar 2 Fret I

Jari Tengah: Senar 3 Fret II

Jari Manir: Senar 4 Fret II

Kunci G Mayor

Jari Telunjuk: Senar 3 Fret II

Jari Tengah: Senar 1 Fret II

Jari Manir: Senar 2 Fret III

Kunci A

Jari Telunjuk: Senar 3 Fret I

Jari Tengah: Senar 4 Fret II

Kunci F

Jari Telunjuk: Senar 2 Fret I

Jari Tengah: Senar 4 Fret II

Kunci G

Jari Telunjuk: Senar 3 Fret II

Jari Tengah: Senar 1 Fret II

Jari Manir: Senar 2 Fret III

Kunci C

Jari Telunjuk: Senar 1 Fret III

Kunci D

Jari Telunjuk: Senar 2 Fret II

Jari Tengah: Senar 3 Fret II

Jari Manir: Senar 4 Fret II

Kunci E Minor

Jari Telunjuk: Senar 1 Fret II

Jari Tengah: Senar 2 Fret III

Jari Manir: Senar 3 Fret IV

1.     Major Chords

Alat musik Ukulele umumnya memiliki 7 kunci dasar mayor atau major chords yang terdiri dari kunci A, kunci B, kunci C, kunci D, kunci E, kunci F, dan kunci G. Dari ketujuh kunci mayor, kunci B dan kunci E mungkin yang paling sulit dipelajari, terutama bagi para pemula. Namun, dengan sering latihan kedua kunci tersebut bisa dimainkan dengan mudah. Kunci B dan kunci E juga kerap digunakan dalam komposisi lagu.

2.     Minor Chords

Selain kunci mayor atau major chords, Ukulele juga memiliki 7 kunci minor. Kunci minor umumnya memberikan rasa kepada penonton agar lebih dekat dengan musik atau lagu yang dimainkan. Berbeda dengan kunci mayor yang membuat lagu terasa lebih cepat dan menyenangkan (uptempo).

3.     Seventh Chords

Selain kedua kunci dasar mayor dan minor, Ukulele sebenarnya masih memiliki satu kunci lagi. Namun, kunci ini tidak menjadi bagian dari kunci dasar karena dianggap lebih sulit dari kedua kunci sebelumnya. Seventh Chords ini memberikan rasa yang lebih groovy dan funky dan sering dimainkan dalam irama musik bergenre soul, jazz, dan uptown.

Jika kamu menguasai kunci ini, maka akan lebih mudah dalam mengimprovisasi dan dan mengubahkan menjadi lebih menyenangkan.

Bagaimana, bukan hal yang sulit kan memainkan kunci dasar Ukulele? Bagi kamu yang masih pemula dan baru pertama kali belajar memainkan Ukulele. 9 kunci dasar di atas bisa kamu pelajari sekarang.

Selain informasi tentang kunci dasar permainan Ukulele, ada juga nih cara baru buat merasakan sensasi nikotin yang benar-benar beda dari biasanya. VELO, kantong nikotin bebas tembakau yang bisa dikonsumsi usia 18 tahun ke atas, bukan wanita hamil atau menyusui. Cara gampang banget, cukup ambil 1 kantong VELO, letakkan di antara gusi dan gigi atas, rasakan sensasinya 20 – 30 menit kamu pun bebas beraktivitas seperti biasa.

Elya
Seorang penulis blog yang sudah berkecimpung sejak tahun 2014 sampai sekarang.

Related Articles

Leave a Reply