9 Ide Bisnis Brilian yang Bisa Dimulai di Usia 20-an

Kini makin banyak anak muda yang memilih untuk membuka bisnis sendiri. Berbagai macam bisnis baru yang unik bermunculan setiap harinya, dan tidak jarang menghasilkan banyak keuntungan bagi mereka. 

Semakin banyak orang yang membuka bisnis sendiri, maka akan semakin baik untuk pertumbuhan ekonomi. Namun, jangan asal membuka bisnis, apalagi cuma sekedar ikut-ikutan tren. Berikut ini ide bisnis brilian yang bisa kamu mulai di usia 20-an.

1. Blogger

Menjadi blogger dan freelance writer adalah pekerjaan yang paling banyak diminati oleh anak muda masa kini. Dengan bermodalkan internet dan laptop saja, kamu sudah bisa mendapatkan banyak uang. Beberapa cara untuk mendapatkan uang sebagai blogger adalah dengan memasang iklan di web, kerjasama dengan brand, menjual produk atau jasa, dan menjadi afiliasi. 

Mau tahu siapa saja contoh blogger sukses yang mengantongi banyak pundi-pundi keuntungan setiap bulannya? Ada Pat Flynn, pemilik blog smartpassiveincome.com dari Amerika Serikat dan Raditya Dika di Indonesia.

2. Kuliner

Tidak bisa dipungkiri, tren kuliner terus berubah dari waktu ke waktu. Kamu yang ingin memulai bisnis sendiri, jangan ragu untuk coba berjualan makanan dan minuman yang lagi hits. Apalagi kalau kamu punya keahlian memasak yang cukup mumpuni, kamu mungkin bisa menciptakan menu baru yang menarik perhatian kaum milenial.

Tidak perlu punya resto sendiri, kamu bisa membuat makanannya di rumah lalu melakukan pemasaran lewat media sosial.

3. Toko Online

Kamu bisa membuka usaha sendiri hanya bermodalkan internet dan smartphone. Salah satu ide bisnis yang sangat diminati oleh anak muda usia 20-an adalah membuka toko online. Kamu bisa mendapatkan penghasilan tanpa harus menyewa tempat dan menggaji karyawan.

Jenis produk yang bisa kamu jual pun tidak terbatas. Mulai dari pernak pernik fashion seperti pakaian, sepatu dan sandal, hingga produk-produk makeup dan skincare yang kini sedang hits. Kamu bahkan bisa memulai bisnis toko online dengan modal yang sangat minim.

4. Coffee Shop

Kamu suka nongkrong dan ngopi? Kenapa tidak menjadikannya ide bisnis yang menjanjikan? 

Tren ngopi memunculkan peluang usaha baru, yakni membuat coffee shop atau warung kopi sederhana. Tentu saja untuk mewujudkannya kamu membutuhkan modal yang tidak sedikit. Namun jika kamu punya modal yang dibutuhkan, usaha ini layak dicoba.

Agar coffee shop yang kamu bikin ramai pengunjung, kamu harus memiliki satu keunggulan yang membuatmu unik dibanding yang lain. Misalnya seperti spot instagrammable hingga pilihan menu kekinian. Di samping itu, ada beberapa fasilitas yang wajib kamu sediakan di warkop atau coffee shop milikmu seperti Wi-Fi gratis, tempat yang nyaman, serta udara yang sejuk.

5. Les Privat

Buat kamu yang berprestasi di bidang akademik, kamu bisa membagi ilmu sekaligus mendapatkan uang dengan cara memberikan les privat dapat menjadi bisnis menjanjikan lho. Tergantung jenjang sekolah anak muridmu, kamu bisa mendapatkan bayaran yang lumayan.

Misalnya, tarif mengajar anak SD pasti berbeda dengan SMA. Apalagi kalau kamu berasal dari universitas ternama, kamu bisa mengantongi lebih dari Rp 100 ribu per jamnya. Bayangkan jika kamu mengajar beberapa siswa sekaligus secara bersamaan. Lumayan banget kan pendapatan yang bisa kamu peroleh.

6. Admin Media Sosial

Sosial media kini bukan sekedar tempat untuk membagikan kegiatan pribadi saja, tetapi telah menjadi sarana promosi yang jitu untuk berbagai brand dan produk. Daripada menghabiskan waktu di media sosial, mending kamu jadi admin yang mengelola akun bisnis tertentu. 

Kini banyak lho perusahaan yang melakukan digital marketing melalui media sosial. Sebenarnya tidak perlu keahlian khusus untuk menjalankan bisnis ini. Kamu hanya perlu aktif di media sosial dan memiliki ilmu marketing dasar. Agar pekerjaanmu bisa berjalan dengan lebih maksimal, pilih yang sesuai dengan hobi dan minatmu ya!

7. Reseller atau Dropshipper

Ingin membuka toko online tapi tidak punya modal untuk stok barang? Kamu bisa jadi reseller atau dropshipper. Tugas utama yang harus kamu lakukan hanya memasarkan produk saja ke sebanyak mungkin pembeli. Jika kamu berhasil menjual produk, maka kamu akan mendapatkan komisi dari pemilik produk.

Ada perbedaan yang harus kamu pahami antara reseller dan dropshipper. Reseller menjual kembali sebuah produk dengan tetap menggunakan nama perusahaan aslinya. Namun jika kamu menjadi dropshipper, kamu bisa menjual produk menggunakan nama toko atau bisnismu sendiri. Menarik bukan?

8. Fotografer

Jangan sia-siakan hobi dan bakatmu dalam fotografi. Jadikan ini sebagai peluang bisnis dengan menawarkan jasa sebagai fotografer. Meski kamu tidak punya studio sendiri, hanya dengan bermodalkan kamera dan skill fotografi yang mumpuni kamu sudah bisa menjalankan bisnis ini.

Fotografer sangat dibutuhkan untuk momen-momen penting seperti pre-wedding, resepsi pernikahan, atau lamaran. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menawarkan jasa sebagai fotografer untuk buku tahunan sekolah.

9. Desainer Grafis

Desain grafis termasuk keahlian yang sedang dicari saat ini. Jika kamu bisa mendesain poster, banner, atau apa saja melalui berbagai aplikasi yang mendukung, coba tawarkan jasa kepada siapa yang membutuhkannya. Atau kamu juga bisa menjadi freelancer untuk agensi atau perusahaan besar.


Nah, itu dia 9 ide bisnis menarik yang bisa kamu mulai di usia 20-an. Oh iya, satu lagi nih, kalau kamu lagi di tempat yang gak boleh ngerokok, kamu tetep bisa kok merasakan sensasi nikotin tanpa asap dan bau yakni dengan menggunakan VELO, kantong nikotin buat kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui. Cukup selipkan di antara bibir dan gusi atas, sensasinya bakal kerasa hingga setengah jam.

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply