9 Contoh Desain CV Kreatif, Bisa Jadi Inspirasi Nih!

Sebagai orang yang akan melamar suatu pekerjaan, desain CV atau Curriculum Vitae menjadi dokumen penting yang harus kamu sertakan di dalam surat lamaran pekerjaan. Dengan CV yang kamu buat, pihak recruitment pun akan lebih mudah menentukan apakah kamu lolos ke tahap berikutnya atau kah tidak.

Nah, supaya CV yang kamu buat bisa menarik pihak recruitment atau HRD pada perusahaan yang kamu lamar. Yuk intip, 10 contoh desain CV kreatif berikut yang bisa jadi inspirasi buat kamu yang sedang mencari pekerjaan.

1.     Desain CV sederhana, singkat, padat, dan jelas

CV dengan desain sederhana terkadang memang lebih praktis untuk digunakan. Selain itu juga lebih mudah bagi para HRD untuk mengetahui latar belakang dari si pelamar pekerjaan. Kamu pun bisa menggunakan desain ini sebagai contoh dari CV yang akan kamu buat.

Tak perlu menggunakan desain yang beragam, cukup dengan membuat CV yang berisi tentang data diri kamu, seperti nama lengkap, alamat rumah, no. handphone, riwayat pendidikan, pengalaman pekerjaan, dan yang tak kalah penting adalah skill yang kamu kuasai. Lebih-lebih kalau skill tersebut ada hubungannya dengan pekerjaan yang kamu lamar.

2.     Meski tanpa foto, bukan berarti desain ini tak layak jadi CV terbaikmu

Meski pada umumnya sebuah CV menggunakan foto, namun bukan berarti desain curriculum vitae yang satu ini tak layak untuk kamu pilih. Kamu masih bisa mencantumkan berbagai keahlian, seperti menggunakan bahasa lain selain bahasa Indonesia, menggunakan berbagai macam teknologi modern, skill desain, menulis, fotografi atau yang lainnya.

Jangan lupa juga memasukan riwayat pendidikan dan pengalaman kerja sebelumnya. Siapa tahu pihak perusahaan tempatmu melamar kerja memang membutuhkan kandidat yang sudah berpengalaman dalam dunia kerja.

3.     Mainkan bentuk dan warna font biar CV kamu terlihat lebih unik

Siapa bilang kalau memainkan bentuk dan warna font membuat CV mu jadi terlihat kurang profesional? Justru dengan bentuk dan warna font yang tepat membuat CV jadi terlihat lebih unik dan bahkan bisa menarik simpati HRD untuk melihatnya.

Tentunya, kamu juga harus bisa menggunakan bentuk dan warna font yang tidak menyulitkan pembaca. Buat CV semenarik mungkin dengan permainan bentuk dan warna font yang berbeda. Ini juga bisa jadi solusi agar CV kamu tidak terlihat membosankan.

4.     Desain kombinasi warna putih dan biru tua

Biar CV kamu tidak terlihat monoton dengan pilihan satu warna saja, desain kombinasi dua warna untuk satu lembar CV ini bisa jadi pilihannya. Satu lembar CV bisa kamu bagi menjadi dua, bagian kanan berwarna biru tua yang bisa kamu isi dengan foto, nama lengkap, tanggal lahir, dan alamat rumah.

Sedangkan, untuk bagian kiri bisa berwarna putih yang berisi tentang riwayat pendidikan, pengalaman pekerjaan, skill atau kompetensi, bahasa yang dikuasai, hingga hobi yang kamu miliki juga bisa dicantumkan juga.

5.     Desain satu lembar CV dengan nuansa warna abu-abu

Biar lebih mudah dilirik para HRD, kamu bisa juga lho membuat desain satu lembar CV dengan nuansa warna abu-abu. Jadi, CV kamu tidak terlihat biasa-biasa saja sehingga peluang untuk keterima pun juga lebih besar.

Dalam CV ini kamu tetap harus memasukan riwayat penting dalam hidup kamu, seperti riwayat pendidikan beserta tahun lulus, pengalaman kerja sebelumnya, organisasi yang pernah kamu miliki, hingga deretan piagam atau sertifikat yang pernah kamu miliki biar semakin lengkap.

6.     CV dua lembar dengan pemilihan warna yang soft

Buat kamu yang memiliki banyak kompetensi hingga riwayat pendidikan yang panjang, bisa nih pilih desain curriculum vitae dua lembar yang satu ini. Biar gak terlihat monoton, kamu bisa memainkan warna-warna soft di setiap bagiannya, seperti kombinasi warna putih dan abu-abu, cream kecoklatan, atau yang lainnya.

Di bagian lembar pertama, kamu bisa memasukan identitas diri seperti foto, nama lengkap, tanggal lahir, alamat rumah, no.handphone, email, dan website jika punya. Diikuti dengan riwayat pendidikan yang telah kamu tempuh beserta tahunnya.

Sedangkan untuk lembar kedua, kamu bisa melanjutkan dengan pengalaman kerja, kompetensi, bahasa yang kamu kuasai, hingga keikutsertaan kamu dalam sebuah organisasi. Wah, bisa jadi poin plus nih buat kamu yang punya banyak pengalaman dalam dunia kerja.

7.     CV dengan desain minimalis, cocok nih buat para penulis sekaligus desainer

Berbeda dari kebanyakan CV pada umumnya yang banyak memainkan warna hingga bercerita tentang pengalaman kerja dan riwayat pendidikan. Desain curriculum vitae minimalis ini justru tidak memperlihatkan hal itu. Semua bisa dibuat lebih simple dan tidak banyak basa-basi.

Intinya, kamu bisa lebih to the point dalam memperkenalkan siapa dirimu. Cocok banget nih buat kamu yang ingin melamar sebagai penulis, desainer, fotografer, jurnalis, atau yang lainnya.

8.     Bisa dicoba nih, CV kreatif dengan desain infografis

Kalau kamu pengen lebih kreatif lagi, bisa nih buat CV dengan desain infografis atau grafik. Namun, yang perlu diperhatikan kamu harus pandai menempatkan bagian per bagian biar lebih mudah dibaca dan dipahami .

Semua bisa kamu masukan dengan detail lebih lengkap, seperti skill, kemampuan bahasa, kemampuan di bidang IT, dan lain-lain.

9.     CV mu akan terlihat minimalis lagi dengan desain B&W

Black and White bisa nih kamu gunakan untuk desain curriculum vitae yang lebih minimalis namun tetap kreatif. Kamu bisa menambahkan gambar-gambar untuk menunjukan setiap bagian, seperti gambar rumah untuk alamat, gambar phone untuk nomor handphone, hingga gambar untuk menunjukan skill yang kamu miliki.

Itulah contoh desain CV lamaran kerja kreatif yang bisa kamu jadikan inspirasi. Jadi, gimana nih, sudah kepikiran mau buat CV dengan model seperti apa? 

Elya
Seorang penulis blog yang sudah berkecimpung sejak tahun 2014 sampai sekarang.

Related Articles

Leave a Reply