8 Langkah Mudah Menghubungkan Efek Gitar Tunggal

Berbagai pemain gitar kelas dunia pasti menggunakan efek gitar untuk melengkapi penampilannya, baik di panggung maupun saat rekaman. Efek gitar sendiri merupakan alat untuk mengubah sinyal elektronik yang dihasilkan gitar listrik menjadi nada dan suara yang dihasilkan oleh gitar tersebut. 

Efek gitar bisa menghasilkan berbagai macam suara, seperti efek gema, efek distorsi, dan efek reverb.

Kamu mungkin bisa memainkan gitar dengan sangat mahir di rumah. Namun pernahkah kamu merasa saat permainan gitarmu direkam di studio atau dibawa ke atas panggung, kamu tidak puas karena suasana yang dibangun tidak sesuai ekspektasi, dan pesan musikmu terasa tidak tersampaikan dengan baik? Hal ini memang bisa saja terjadi.

Oleh karena itu, banyak gitaris terkenal yang memanfaatkan efek gitar untuk membuat suasana dan penampilan musiknya menjadi lebih hidup. Efek gitar ini sendiri dapat digunakan pada berbagai aliran musik, mulai dari dangdut, blues, heavy rock, funk, metal, dan lain sebagainya. Semua permainan gitar akan terdengar lebih menyenangkan dengan bantuan efek gitar.

Namun, sekalipun perangkat efek gitarmu sangat canggih, bukan berarti menghubungkannya efek gitar tersebut ke gitar adalah hal yang sepele dan dapat dilakukan asal-asalan. Karena jika pemasangannya tidak tepat, maka efek gitar tidak akan berfungsi secara maksimal. Lebih parahnya, bisa terjadi korsleting saat digunakan.

Nah, di bawah ini terdapat beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk menghubungkan efek gitar. Kali ini kita akan membahas cara menghubungkan efek gitar tunggal ya!  Cekidot!

Putus semua aliran listrik yang tersambung dengan efek gitar.

Agar saat menghubungkan efek gitar kamu tetap aman, hilangkan semua daya listrik yang tersambung ke efek gitar dengan mencabut kabel penghubung antara listrik dan efek gitar.

Selain untuk menghindari bahaya sengatan listrik, mencabut hubungan listrik dan efek gitar juga dilakukan untuk menghindari kerusakan pada komponen efek gitar yang akan kamu gunakan. Karena jika efek gitar masih tersambung dengan listrik, biasanya akan ada suara nyaring pada amplifier.

Sambungkan amplifier dengan efek gitar.

Periksalah kabel penghubung antara amplifier dan efek gitar. Pastikan kabel tersebut tidak longgar untuk memastikan bahwa kedua perangkat ini sudah terpasang dengan baik.

Beberapa efek gitar menggunakan baterai, namun ada juga yang menggunakan adaptor berdaya listrik 9-volt A / .

Efek gitar yang dipasang dengan baterai biasanya digunakan oleh pemain gitar profesional. Hal ini dikarenakan efek gitar baterai tidak memerlukan plug-in. 

Hubungkan gitar dengan jack input.

Efek gitar umumnya terdiri dari 2 jack, yakni jack input dan jack output. Biasanya kedua berada di sisi berlawanan. Hubungkanlah kabel jack gitarmu ke lubang input pada efek gitar yang ingin kamu gunakan.

Hubungkan kabel jack output dari efek gitarmu dengan input pada amplifier

Sekarang, kamu harus menyambungkan antara kabel jack efek gitar ke lubang input pada amplifier yang digunakan. Pastikan kabel jack output efek gitar ke input amplifier memiliki panjang yang sama.

Untuk menghubungkan efek gitar ke amplifier umumnya dibutuhkan kabel dengan panjang 5 meter saja.  Namun jika kamu membutuhkannya untuk penampilan di atas panggung yang cukup besar, panjang kabel jack tersebut bisa kamu tambahkan.

Nyalakan amplifier, lalu atur pengaturan sesuai kriteria yang diinginkan.

Jika semua kabel sudah terpasang dengan baik, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan setting pada amplifier agar sesuai dengan kriteria sound yang kamu inginkan. 

Dengan dan tanpa efek gitar, amplifier akan mengeluarkan suara yang berbeda. Jika kamu sudah melakukan setting pada amplifier dan ternyata tidak cocok, kamu bisa melakukan setting uang.

Sebelum menyalakan efek gitar, turunkan terlebih dahulu semua tombol yang ada.

Jika kelima langkah di atas sudah dilakukan, selanjutnya atur ulanglah efek gitar yang kamu gunakan dengan menurunkan semua tombol yang ada pada efek gitar tersebut. Hal ini sangat penting dilakukan agar tidak ada suara bising tiba-tiba ketika kamu mulai bermain gitar dengan efek gitar yang sudah terpasang. 

Lakukan pengaturan selanjutnya pada efek gitar yang digunakan.

Jika kamu ingin mulai mengaktifkan efek gitarmu, tekanlah pedal atau tombol on-off pada pedal efek gitar yang kamu pakai. Di sini, kamu harus tetap mengikuti serta merasakan nada, irama, dan suara yang dihasilkan oleh efek gitar tersebut. 

Secara perlahan, kamu dapat mengatur efek suara tersebut sambil memainkan gitar. Terus lakukan pengaturan pada efek pedal sampai suara yang dihasilkan sesuai dengan apa yang kamu inginkan. 

Jika kamu ingin mematikan fungsi efek gitar tersebut, tekan atau injaklah tombol on-off pada efek gitar. 

Di sini, kamu juga bisa melakukan setting pada amplifier jika ingin suara gitarmu memberikan nuansa yang berbeda dari sebelumnya. 

Agar tetap aman, pastikan semua kabel tercabut setelah semua perangkat selesai digunakan

Kita tahu bahwa berbagai perangkat listrik harus dicabut saat tidak digunakan. Selain untuk mempraktikkan gaya hidup hemat energi, mencabut hubungan daya listrik dengan berbagai perangkat listrik juga penting untuk menghindarkan kita dari bahaya sengatan listrik bahkan korsleting yang bisa menyebabkan kebakaran.

Hal yang sama juga berlaku untuk efek gitar. Setelah selesai digunakan, kamu wajib mencabut semua kabel yang menyambungkan perangkat efek gitarmu dengan arus listrik. Hal ini juga berguna dilakukan agar perangkat efek gitar tersebut bisa lebih tahan lama.

Itulah 8 langkah mudah menghubungkan efek gitar tunggal. Bagaimana? Kamu sudah siap menunjukkan penampilan gitar terbaikmu dengan bantuan efek gitar?

Related Articles

Leave a Reply