7 Wisata Kuliner Bali yang Wajib Kamu Cicipi Kelezatannya

Wisata kuliner Bali adalah aktivitas yang sangat menarik untuk dicoba ketika berkunjung ke Pulau Dewata. Sebagai wilayah yang kental dengan budaya dan nilai-nilai tradisional, kuliner khas Bali menjadi hal yang sayang dilewatkan oleh para wisatawan. Apa aja sih makanan khas Bali yang wajib dicoba? Ini dia daftarnya untukmu.

  1. Tum
Sumber: kooliner.com

Sudah pernah dengan yang namanya Tum? Sebagian dari kamu mungkin masih asing, namun Tum adalah sajian yang wajib dicoba saat kamu berwisata kuliner di Bali. tum sendiri adalah sejenis pepes yang dibungkung dengan daun pisang, berisi campuran daging ayam atau sapi yang dimasak dengan aneka bumbu seperti bawang merah, bawang putih, jahe, serai, dan cabe, serta santan. 

  1. Sate Lilit
Sumber: thehoneycombers.com

Sate Lilit sebagai makanan khas Bali sudah terkenal di seluruh Indonesia, bahkan di dunia. Berbeda dengan sate yang dijual di daerah lain, daging sate pada Sate Lilit sudah dicincang dan dihaluskan. Daging lembut ini kemudian dililitkan ke batang daun serai. Penggunaan daun serai ternyata mampu menambah citarasa khas pada sate lilit. Jenis daging yang sering digunakan adalah daging ayam, daging babi, atau daging ikan tenggiri.

  1. Ayam atau Bebek Betutu
Sumber: thehoneycombers.com

Ke Bali tidak akan lengkap tanpa mencicipi lezatnya ayam dan bebek betutu. Makanan ini sering disajikan sebagai main course atau menu utama yang disantap bersama nasi. Satu ekor ayam atau bebek utuh diisi dengan perpaduan rempah khas Indonesia agar meresap ke dagingnya. Untuk memastikan kekayaan rasa makanan, diperlukan waktu hingga 8 jam proses memasak betutu. 

  1. Nasi Tepeng
Sumber: ksmtour.com

Makanan berikutnya yang wajib dicoba saat kamu berwisata kuliner di Bali adalah Nasi Tepeng. Ini adalah makanan khas Gianyar yang menyajikan nasi super lembek menyerupai bubur dilengkapi dengan kacang merah, nangka muda, kacang panjang, terong, dan parutan kelapa. Sebutir telur dan daging ayam suwir ditambahkan di atasnya sebagai lauk yang semakin menambah kelezatan Nasi Tepeng.

  1. Lawar
Sumber: thehoneycombers.com

Berikutnya ada Lawar, sejenis tumisan daging cincang dan sayur yang dimasak menggunakan rempah-rempah khas Bali yang punya rasa khas dan nikmat. Turis mancanegara sering menyebut Lawar sebagai salad khas Bali. Daging yang digunakan untuk membuat Lawar adalah babi. Jadi kamu yang tidak makan babi harus berhati-hati ya.

Lawar paling nikmat disantap dengan sepiring nasi panas yang masih mengepul. Agar semakin terasa kenikmatannya, santap Lawar bersama dengan Sate Lilit.

  1. Bubur Mengguh
Sumber: ksmtour.com

Makanan lain dalam wisata kuliner Bali yang cukup unik adalah Bubur Mengguh yang berasal dari Buleleng. Bubur Mengguh adalah santapan yang sangat penting di Bali karena wajib disajikan dalam semua upacara tradisional. Bubur ini disajikan bersama dengan kuah yang berisi berbagai macam rempah, ayam suwir, kacang sangrai, dan seledri. Bubur Mengguh sendiri sering disajikan bersama dengan seporsi urap (sayur rebus dengan sambal kelapa) dan paling nikmat disantap di pagi hari saat musim hujan.

  1. Nasi Jinggo
Sumber: idntimes.com

Nasi Jinggo bisa dibilang sebagai nasi kucing versi Bali. satu porsi nasi yang dibungkus dengan daun pisang besarnya tidak lebih dari sekepalan tangan orang dewasa. Namun karena porsinya yang kecil justru gampang bikin ketagihan dan ingin nambah lagi.

Lauk yang disajikan dalam Nasi Jinggo terbilang sederhana yaitu daging ayam suwir, mie goreng, dan tempe goreng. Yang menjadi ciri khas dari Nasi Jinggo adalah sambal khas Bali yang super pedas.


Bagi sebagian orang, menyantap makanan lezat kurang nikmati tanpa dilanjutkan dengan merokok. Namun merokok di tempat umum akan mengundang reaksi negatif dari sekitar karena mereka merasa tidak nyaman. Kini cara baru menikmati sensasi nikotin bisa dicoba dengan VELO, kantong nikotin pertama di Indonesia, yang ditujukan untuk kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui. Hanya dengan menyelipkan kantong di antara gusi dan mulut bagian atas, rasakan sensasi nikotin selama 20 sampai 30 menit berikutnya.

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply