7 Tips Menghilangkan Guilty Feeling Dalam Dirimu

Selama hidup, kamu pasti pernah menyesali satu ada dua hal yang terjadi. Hal ini akan meninggalkan guilty feeling atau rasa bersalah yang sangat mendalam di dirimu. Padahal ada sesuatu yang bisa kamu kendalikan dan tidak bisa kamu kendalikan.

Tanpa kamu sadari, kamu pernah melukai perasaan orang lain tanpa sengaja. Hal itu membuatmu sangat menyesal hingga kamu berharap bisa mengulang waktu dan mengubah semuanya. Melakukan kesalahan adalah hal yang wajar, jadi jangan terlalu menyesalinya.

Simak tips berikut ini agar kamu bisa menghilangkan guilty feeling dalam dirimu.

1. Sebutkan hal yang kamu sesali

Jangan menghindari rasa bersalah, namun sebutkan atau tuliskan segala hal yang membuatmu menyesal. Luangkan sedikit waktu untuk dirimu sendiri dan terimalah semua penyesalan tersebut.

Kamu bisa menggunakan satu buku jurnal untuk menuliskan semua hal yang kamu sesali. Jangan ragu dan takut untuk mengakui semuanya, karena ini akan menjadi langkah awal untuk menghilangkan penyesalan tersebut.

2. Temukan penyebabnya

Tahukah kamu darimana semua penyesalan tersebut berasal? Merasa bersalah adalah hal yang wajar ketika kamu menyadari telah berbuat kesalahan. Misalnya, sumber penyesalanmu adalah memutuskan hubungan dengan mantan pacar yang sampai saat ini masih peduli padamu atau karena kamu memiliki pekerjaan yang lebih baik dari sahabatmu.

Tuliskan semua penyebab tersebut bersama dengan penyesalan yang kamu rasakan.

3. Meminta maaf dan memperbaiki keadaan

Permintaan maaf yang tulus pada orang bersangkutan bisa membantumu lepas dari rasa bersalah. Dengan bersikap demikian kamu menunjukkan penyesalan pada orang yang sudah kamu lukai.

Mungkin kamu tidak akan segera dimaafkan dan rasa percaya yang sudah hancur tidak bisa dikembalikan. Namun dengan meminta maaf, setidaknya kamu sudah melakukan hal yang tepat untuk menghilangkan perasaan tersebut dari dalam dirimu.

4. Belajar dari masa lalu

Kamu tidak bisa memperbaiki semua keadaan dan segala sesuatu yang sudah berlalu. Beberapa kesalahan yang kamu lakukan mungkin membuatmu kehilangan orang yang kamu cintai atau sahabatmu yang paling dekat.

Pandanglah kesalahan tersebut dari sisi positif: apa pelajaran yang bisa kamu ambil dan bagaimana caranya agar kamu tidak mengulangi kesalahan yang sama di masa depan? Perasaan bersalah juga bisa menjadi cara untukmu berkembang dan berubah menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya.

5. Sering-seringlah bersyukur

Rasa bersalah juga bisa muncul ketika kamu sedang membutuhkan orang lain karena kamu sedang menghadapi masalah besar. Kamu merasa merepotkan mereka dan tidak akhirnya cenderung menolak bantuan.

Ganti rasa bersalah dengan rasa syukur karena kamu masih punya orang-orang terdekat yang peduli padamu. Jika mereka yang sedang membutuhkan bantuan, kamu pasti tidak ragu untuk segera datang pada mereka bukan?

6. Berhenti berkata negatif tentang dirimu

Perasaan bersalah adalah hal yang negatif. Cara untuk mengalahkannya adalah dengan mengganti semua pikiran negatif tersebut dengan hal positif. Kamu tidak bisa mengubah apa yang sudah terjadi, jadi hal terbaik yang bisa kamu lakukan saat ini mengambil pelajaran berharga dari semua rasa bersalah tersebut.

7. Rasa bersalah bisa memberikan pengaruh positif

Mengakui rasa bersalah bisa menjadi solusi atas semua masalahmu selama ini. Misal, kamu ingin menghabiskan banyak waktu dengan keluargamu namun selalu muncul penghalang. Kamu bisa menghilangkan semua halangan ini sedikit demi sedikit dan menyelesaikan masalah yang kamu miliki.

Mulai sekarang, hilangkan guilty feeling dalam dirimu dan fokuslah untuk memberi kebahagiaan kecil dalam dirimu. Di sela-sela waktumu, bagi kamu yang merupakan pengguna produk nikotin berusia 18 tahun ke atas, bukan perempuan hamil atau menyusui, VELO menawarkan alternatif menikmati sensasi nikotin dengan cara baru, tanpa asap dan tanpa menyebabkan polusi.

Kamu bisa menikmati varian rasa VELO kapan saja dan di mana saja, bahkan di sela-sela kamu menjalankan aktivitas.

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply