7 Tips Melakukan Pengiriman Barang Aman, Pelanggan Jadi Nyaman

Selama masa pandemi ini, banyak orang memutuskan untuk memulai bisnis online shop. Menjalankan bisnis apapun tentu membutuhkan kepercayaan dari pelanggan agar bisnis berjalan lancar.  

Salah satu hal yang dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis kita adalah proses pengiriman barang yang berjalan dengan lancar. Tidak heran banyak pelaku online shop yang khawatir dan bertanya-tanya apakah barang yang mereka kirimkan sampai ke tangan pelanggan dengan selamat atau tidak. 

Karena alasan-alasan tersebut, wajar jika proses pengiriman barang dianggap sebagai nyawa bisnis online. Berbagai jasa pengiriman barang seperti Pos Indonesia, Tiki, JNE, dan ekspedisi lainnya dianggap sebagai partner kerja yang paling dekat. Hal ini dikarenakan jasa pengiriman barang tersebut yang membantu para pebisnis online mengantarkan barang ke tangan konsumen. 

Namun sayang, proses pengiriman barang dalam bisnis online tidak selalu berjalan lancar. Tidak jarang pegiat online shop menerima komplain dari pelanggan karena barang yang diterima ternyata rusak, bahkan tidak sampai ke tangan pelanggan tersebut. Hal ini tentu sangat mempengaruhi kepercayaan dan kemajuan bisnis online.  

Nah, sebagai pemilik online shop, kamu tentu tidak mau masalah-masalah pengiriman barang menimpamu. Jadi, pelajarilah beberapa tips di bawah ini dalam melakukan pengiriman barang ke konsumen agar barang tersebut tetap aman dan sampai dengan tepat waktu! 

Gunakan jasa pengiriman barang yang kredibel 

Seperti dijelaskan sebelumnya, perusahaan ekspedisi atau jasa logistik merupakan partner terdekat bagi pegiat online shop. Jasa tersebut memiliki pengaruh besar tentang apakah barang yang kita kirim ke konsumen sampai dengan aman, tidak rusak, dan dengan tepat waktu ke tangan konsumen atau tidak. 

Oleh karena itu, kamu wajib memilih jasa logistik terpercaya sebagai partner kerjamu. Memang saat ini terdapat banyak pilihan jasa logistik yang menawarkan tarif pengiriman barang yang murah. Namun, demi menghindari komplain dari pelanggan yang tentu mempengaruhi kemajuan bisnismu, kamu tidak boleh langsung tergiur dengan biaya pengiriman yang murah.  

Lakukanlah riset singkat mengenai jasa pengiriman barang yang kamu pilih. Riset tersebut bisa dilihat dari website perusahaan, media sosial, dan berbagai testimoni pengguna jasa ekspedisi yang bersangkutan. Dengan cara ini, kamu akan tahu apakah perusahaan pengiriman barang tersebut bisa kamu andalkan atau tidak. 

Cari tahu standar tarif jasa pengiriman barang 

Setelah memilih beberapa jasa pengiriman barang terpercaya, kamu harus memastikan apakah jasa pengiriman barang yang kamu pilih memiliki standar tarif yang jelas atau tidak. Cek rincian tarif pengiriman yang disediakan oleh perusahaan. Ini bisa kamu lihat di website perusahaan, media sosial, atau dengan meminta langsung kepada customer service

Biasanya jasa ekspedisi menetapkan standar pengiriman barang berdasarkan berat dan/atau jarak pengiriman barang. Jika kamu sudah mengetahui tarif pengiriman barang dengan jelas, kami bisa segera menyiapkan ongkos kirim yang diperlukan. 

Perhatikan kecepatan pengiriman yang ditawarkan 

Kecepatan pengiriman barang juga sangat mempengaruhi kepercayaan pelanggan terhadap sebuah online shop. Biasanya pelanggan ingin barang yang dipesan cepat sampai ke tangannya. Maka, semakin cepat barang diterima, semakin puas pelanggan dengan layanan yang kita berikan. 

Pastikan jasa ekspedisi yang kamu pilih dapat memberikan durasi pengiriman yang jelas, serta dapat menjamin bahwa barang yang dikirim akan sampai ke tangan konsumen sesuai waktu yang telah ditentukan. 

Pilih jasa ekspedisi yang menjamin keamanan barang 

Bagi kamu yang menjalankan bisnis online shop yang menjual makanan, perhiasan, furnitur, atau barang-barang lain yang membutuhkan layanan khusus, kamu harus memastikan bahwa jasa ekspedisi yang kamu pilih menjamin keamanan pengiriman barang. Jangan sampai produkmu rusak dalam perjalanan! 

Fitur live tracing 

Gunakan jasa pengiriman barang yang menawarkan fitur live tracing. Dengan cara ini, kamu bisa tahu di mana barang yang kamu kirim berada. Jadi, jika konsumen bertanya tentang di mana produknya, kamu bisa memberikan informasi yang akurat.  

Beberapa jasa pengiriman barang bahkan menyediakan fitur live tracing yang bisa diakses oleh penerima barang. Jadi, proses pengiriman barang dalam bisnismu akan berjalan dengan lancar! 

Lihatlah apakah customer service-nya tanggap 

Pertimbangkan untuk memakai layanan logistik dengan customer service yang tanggap, sehingga jika kamu menemukan kesulitan atau mendapatkan masalah dalam proses pengiriman barang, kamu bisa segera minta bantuan kepada pihak customer service. Masalahmu pun akan lebih cepat teratasi! 

Perhatikan garansi yang diberikan 

Beberapa perusahaan logistik memberikan garansi kerusakan atau kehilangan. Pastikan kamu memilih jasa pengiriman barang yang memberikan garansi ini. Jangan sampai kamu menggunakan jasa logistik yang tidak peduli dengan barang yang rusak atau hilang saat proses pengiriman barang dilakukan! 

So, itulah beberapa tips yang bisa kamu, sebagai pegiat online shop, ikuti dalam proses pengiriman barang. Jika proses ini lancar, tentu konsumen akan puas dengan layananmu, sehingga besar kemungkinan ia akan membeli produk yang sama atau produk lain yang ada di tokomu. 

Nah, sambil melakukan packing barang sebelum dikirim ke konsumen melalui jasa logistik yang tepat, tidak ada salahnya kamu menikmati VELO. Produk ini merupakan kantong nikotin berukuran mini yang bisa kamu gunakan kapan pun dan di mana pun! Hal ini dikarenakan untuk menggunakan VELO, tidak ada proses pembakaran sehingga tidak ada bau juga! 

Kabar baik lainnya adalah VELO hadir dengan berbagai varian rasa yang bisa kamu pilih sesuai seleramu. Eitsss, tapi ingat, untuk menikmati nikotin dengan VELO, kamu harus pengguna produk nikotin yang sudah berusia 18 tahun ke atas ya, bukan perempuan hamil atau menyusui! 

Related Articles

Leave a Reply