7 Tips Bersepeda Agar Tidak Cepat Lelah dan Tetap Semangat

Selain menyenangkan, tidak bisa dipungkiri bahwa bersepeda juga kegiatan yang melelahkan. Banyak orang yang ingin bersepeda jarak jauh, namun di tengah perjalanan mereka justru merasa lelah dan tidak bisa lanjut bersepeda. Buat kamu yang ingin bersepeda, berikut ada beberapa tips bersepeda agar tidak cepat lelah.

  1. Pastikan Tubuh Berada Dalam Kondisi Fit

Agar kuat bersepeda jarak jauh, kondisi tubuh yang fit tentu menjadi syarat utama. Jika tubuhmu berada dalam kondisi prima, maka kamu tidak akan cepat merasa lelah ketika mengayuh sepeda. Oleh karena itu, ada baiknya kamu melakukan pemanasan sebelum bersepeda. Boleh juga lho ditambah dengan mengkonsumsi suplemen untuk meningkatkan kondisi tubuh.

  1. Atur Gigi Sepeda Dengan Tepat

Tips berikutnya adalah pengaturan gigi sepeda yang tepat. Saat kamu menggunakan gigi yang benar, maka kamu bisa menghemat energi dan mempertahankan kekuatan selama bersepeda. 

Gunakan gigi yang paling tinggi di jalanan lurus, lalu ubah menjadi gigi 1 saat kamu berada di tanjakan supaya kayuhan tetap stabil dan kamu tidak merasa kesulitan saat melintasi jalanan yang naik.

  1. Ubah Posisi Badan Selama Perjalanan

Tips bersepeda agar tidak cepat lelah berikutnya adalah mengubah posisi tubuh dari waktu ke waktu. Jangan bersikap statis alias selalu kaku selama dalam perjalanan. Ini akan membuat tubuhmu lebih cepat lelah dan pegal. Untuk menghindari hal ini, kamu harus mengubah posisi badan sesering mungkin. Dengan demikian, kamu memberikan kesempatan ototmu untuk lebih rileks. Satu trik penting yang bisa kamu gunakan adalah tundukkan tubuh ketika trek menanjak, lalu tegakkan tubuh di jalanan menurun.

  1. Belajar Teknik Pernapasan yang Benar

Pernahkah kamu terengah-engah saat bersepeda? Hal ini sangat lazim dialami oleh banyak orang, namun bisa dihindari kalau kamu tahu bagaimana caranya. Teknik pernapasan yang baik saat bersepeda bisa dipelajari lho. Pastikan kamu bisa mengatur napas selama mengayuh sepeda untuk mengurangi rasa lelah yang berlebihan.

Agar pernapasan tidak terganggu, hindari kegiatan seperti merokok selama perjalanan atau saat beristirahat. VELO sebagai kantong nikotin pertama di Indonesia buat kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui, memberikan cara berbeda menikmati nikotin yang lebih praktis dan aman. Hanya dengan menyelipkan satu kantong saja di antara gusi dan mulut bagian atas, nikotin dapat dinikmati kapan saja tanpa khawatir mengganggu jalannya aktivitas.

  1. Jangan Lupa Bawa Minum

Bersepeda membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat. Ini artinya cairan di dalam tubuh berkurang dan kamu rawan mengalami dehidrasi. Pada gilirannya, dehidrasi membuat kamu merasa cepat lelah. Cegah hal ini dengan rutin minum setiap 30 menit atau 1 jam sekali. Minum memberikan tenaga tambahan pada tubuh dan mencegah tubuh dari dehidrasi. Oleh karena itu, jangan lupa bawa minum sendiri ketika bersepeda ya!

  1. Boleh Istirahat, Tapi Jangan Terlalu Lama

Kalau kamu memang ingin bersepeda jarak jauh, boleh saja kamu beristirahat di tengah perjalanan. Namun yang harus diperhatikan adalah waktu istirahatnya. Terlalu lama beristirahat tidak akan membuat rasa lelahmu hilang. Yang ada kamu justru akan merasa semakin lelah dari sebelumnya.

Penyebabnya adalah otot yang awalnya sudah lentur kembali kaku karena kamu istirahat terlalu lama dan kamu menjadi malas untuk kembali mengayuh sepeda. Waktu istirahat yang ideal adalah 5-10 menit saja.

  1. Hindari Membawa Terlalu Banyak Barang

Hal terakhir ini juga tidak kalah penting. Jika kamu memang memiliki niat untuk bersepeda, bawa barang seperlunya seperti handphone dan sejumlah uang. Jangan membawa terlalu banyak barang yang tidak perlu, apalagi sampai membawa tas.
Simpan barang-barang berharga yang kamu bawa ke dalam case khusus yang digantungkan di setir atau belakang sadel sepeda. Jika kamu nekat membawa banyak barang, ini akan menambah bebanmu selama bersepeda dan kamu akan menjadi lebih mudah lelah.

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply