7 Tempat Wisata di Ubud Bali Saat Kamu Ingin Cari Ketenangan

Membahas tentang wisata di Bali memang tidak akan ada habisnya. Pulau kecil tersebut memiliki seribu macam keindahan yang selalu memikat hati. Salah satu daerah yang paling banyak dikunjungi wisatawan adalah Ubud. Berbagai jenis wisata disuguhkan di Ubud, Bali, terutama untukmu yang mencari ketenangan dari hiruk pikuk daerah pantai yang selalu ramai. 

Yuk simak apa aja destinasi menarik di kawasan Ubud yang bisa kamu kunjungi.

  1. Terasering Tegalalang
Sumber: raftingbali.net

Siapa sih yang nggak suka melihat luasnya hamparan sawah yang hijau menyegarkan? Di antara banyaknya tempat indah dan menenangkan yang ada di Ubud, Terasering Tegalalang termasuk yang wajib kamu kunjungi. Udara yang sejuk disertai hembusan angin di sini merupakan sesuatu yang sulit kamu temukan di wilayah perkotaan.

Kamu dapat menikmati pemandangan ini sambil menyantap makanan khas Bali di restoran setempat, sekedar berfoto, atau berjalan-jalan di desa sekitar.

  1. Pura Taman Saraswati
Sumber: raftingbali.net

Destinasi wisata di Ubud, Bali, selanjutnya adalah Pura Taman Saraswati yang hening dan misterius. Pura ini dibangun dengan arsitektur khas Bali dengan danau-danau buatan besar yang dipenuhi bunga teratai bermekaran. Kamu bisa mengeksplorasi candi di siang hari dan mampir ke Cafe Lotus untuk mencicipi hidangan lezat di sana.

Saat memasuki area candi, kamu wajib mengenakan sarung khas Bali yang disediakan. Setiap malam hari, Pura Taman Saraswati juga menggelar pertunjukan tarian tradisional khas Bali.

  1. Pura Gunung Kawi Sebatu
Sumber: balimagictour.com

Berikutnya ada Pura Gunung Kawi Sebatu, yaitu kompleks kuil kuno di Gianyar yang dibangun dengan membelah dan menggali permukaan bebatuan keras. Kamu akan disuguhi pemandangan Sungai Pakerisan yang suci, yang airnya juga mengaliri Pura Tirta Empul. Gunung Kawi adalah situs arkeologi yang paling terkenal di Bali.

Jika kamu ingin mengunjungi tempat ini, maka kamu harus mempersiapkan dirimu untuk menempuh jarak yang jauh. Kompleks kuil ini sangat luas karena juga meliputi bukit hijau, terasering sawah, dan area sungai.

  1. Goa Gajah
Sumber: tripadvisor.com

Satu lagi wisata arkeologi di Ubud Bali yang harus dikunjungi. Goa Gajah memiliki berbagai karya seni kuno yang sangat cantik. Goa sekaligus pura ini dibangun sebagai tempat suci untuk melakukan meditasi. Tidak heran di dalamnya terdapat kolam pemandian, curuk-curuk untuk meditasi, dan relief dinding.

  1. Bukit Campuhan
Sumber: tripadvisor.com

Tidak ada yang bisa menyamai sensasi berjalan di tengah kehijauan alam seperti yang akan kamu rasakan jika berjalan-jalan di Bukit Campuhan. Berbeda dengan eksplorasi terasering, kamu akan menemukan hamparan hutan dan alam liar yang sangat menggugah jiwa petualangmu. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang menjadikan Bukit Campuhan sebagai tempat yang dikunjungi setiap tahunnya.

  1. Bali Bird Park
Sumber: balibirdpark.com

Warna-warni burung tropikal yang sangat cerah dan mencolok tidak hanya ada di lukisan atau televisi saja, tetapi bisa kamu lihat di kehidupan nyata. Bali Bird Park menjadi salah satu destinasi wisata Ubud Bali yang paling disukai. Di sini kamu dapat melihat lebih dari 1000 ekor burung eksotis beserta fauna khas Indonesia lainnya seperti Komodo, kura-kura, penyu, buaya, hingga ular piton. 

  1. Pura Tirta Empul
Sumber: viator.com

Bagi masyarakat Bali yang beragama Hindu, Pura Tirta Empul adalah tempat yang sangat suci. Pura terletak di Desa Manukaya, dibangun di atas lahan yang sangat luas hingga memerlukan waktu 40 menit untuk menjelajah semuanya. Di area Jaba Tengah kompleks ini, terdapat sumber air mata suci yang mengalirkan air bening menyegarkan. Kamu bisa mencoba ritual “penyucian” dengan cara menundukkan kepala di bawah aliran deras air atau yang disebut “melukat”.


Saat mengunjungi tempat-tempat suci dan bersejarah, tentu ada larangan keras untuk merokok. VELO, kantong nikotin pertama di Indonesia yang ditujukan untuk kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui, yang bisa dinikmati kapan saja dan dimana saja, dapat menjadi solusi untuk menikmati sensasi nikotin tanpa mengganggu alam dan lingkungan. Hadir dalam 4 rasa unik untuk memberikan sensasi yang belum pernah ada sebelumnya.

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply