7 Motor Retro Pabrikan di Indonesia Mulai 20 Jutaan Aja!

Motor retro tengah ramai mendominasi tren custom bike Indonesia sejak beberapa tahun belakangan. Hal ini turut mendorong sejumlah brand otomotif meluncurkan unit-unit motor pabrikan bergaya retro klasik.

Soal harga, tentunya sudah disesuaikan dengan daya beli masyarakat. Bahkan, beberapa di antaranya ada yang dibanderol dengan harga 20 jutaan saja.

Berikut ini VELO akan membagikan rekomendasi motor retro pabrikan seharga Rp20 jutaan dengan kapasitas mesin sekitar 250cc. Apa saja pilihannya? Simak di bawah ini:

1. Kawasaki W175TR

motor retro
Source: Motomazine.com

Kawasaki W175TR hadir dengan konsep scrambler yang sangat kental. Kuda besi ini memiliki tampilan pelek jari-jari, tangki ramping, kaki jenjang, spakbor tinggi, dan knalpot menukik ke atas.

Soal mesin, motor retro ini sudah dilengkapi konfigurasi satu silinder, SOHC, dan berkapasitas 177 cc. Jantung mekanis itu dipadankan sistem penyemprotan bahan bakar karburator dan transmisi 5-percepatan manual.

Kesan klasiknya kian dipertegas lewat fitur-fitur lawas seperti lampu bohlam, lampu sen oranye klasik, dan panel instrumen analog tanpa indikator bahan bakar. Harganya dibanderol mulai dari Rp29.9 juta (OTR Jakarta).

2. Benelli Motobi 152

Benelli Motobi 152 adalah motor retro termurah di Indonesia saat ini. Kapasitas mesinnya cuma 149cc dan dibanderol seharga Rp20 jutaan.

Benelli Motobi152 mengusung konsep cafe racer yang sangat khas dengan nuansa retro style. Lihat saja penggunaan stang jepit, jok single seater, dan pelek jari-jari.

Desain ini membuat pengendara harus mencondongkan badan ke depan, layaknya mengendarai motor balap. Soal fitur, motor retro ini punya suspensi belakang jenis tabung. Tidak ketinggalan untuk panel instrumen pakai kombinasi analog dan digital.

3. Kawasaki W175 Cafe

motor retro
Source: BMSPEED7.COM

Jika menginginkan motor retro cafe racer yang lebih bertenaga, kamu bisa pilih Kawasaki W175 Cafe. Motor klasik ini dibekali kapasitas mesin sebesar 177 cc.

Ciri khas Kawasaki W175 Cafe terletak pada tangki bensin yang lebih lebar, ada juga visor di atas lampu depan, dengan jok yang dibuat lebih membulat di belakang. Sementara untuk fitur-fitur lainnya tidak jauh berbeda dengan Kawasaki W175TR.

4. Benelli Motobi 200 EFI

motor retro
Source: Benelli

Motor retro berikutnya adalah Benelli Motobi 200 EFI. Kuda besi ini mengusung konsep cruiser dengan setang tinggi, pijakan kaki agak ke depan, dan jok rendah. Cocok sekali untuk touring jarak jauh.

Soal mesin, Benelli Motobi 200 EFI berkapasitas 197 cc dan dilengkapi konfigurasi satu silinder. Motor cruiser ini dijual seharga Rp31 jutaan.

5. Yamaha XSR 155, Motor Retro Murah dengan Fitur Modern

Source: OLX News

Soal penampilan, Yamaha XSR 155 sangat kental dengan aura retro-nya. Lihat saja lampu depan, lampu belakang, speedometer bulat klasik, serta jok dengan pola jahitan horizontal.

Uniknya,Yamaha XSR 155 justru dilengkapi dengan fitur-fitur modern, terutama pencahayaan LED dan panel instrumen digitalnya. Mesinnya sendiri berkapasitas 155 cc dengan teknologi pendingin cairan, dan katup variabel (VVA).

6. Viar Vintech 200

Source: Iwanbanaran.com

Motor retro selanjutnya ada Viar Vintech 200 yang dijual Rp22 jutaan. Kuda besi ini istimewa karena kapsitas mesinnya cukup tinggi, yaitu 198.8 cc. Hanya saja belum dilengkapi pendingin cairan dan masih menggunakan karburator.

Ban yang dipakai Viar Vintech 200 juga cukup lebar. Ukuran depan 90/90-17 inci dan belakang 120/80-17 inci. Ban besar membuat berkendara lebih nyaman, terlebih saat melewati jalan bergelombang.

7. Kawasaki W175, Motor Retro Murah yang Jadi Pionir di Indonesia

Source: BMSPEED7.COM

Sebagai pionir motor retro murah yang berasal dari pabrikan Jepang, Kawasaki W175 patut diapresiasi. Sejak muncul pertama kali di Tanah Air pada akhir 2017, brand lainnya turut berkecimpung di kelas ini.

Kawasaki W175 punya spesifikasi yang mirip W175 Cafe. Bedanya, gaya klasik murni ditawarkan tanpa aksesori berlebihan. Harga Kawasaki W175 dijual mulai Rp30 jutaan.

Bagaimana? Tertarik untuk beli salah satu unit motor retro di atas? Jangan lupa ikuti terus update artikel selanjutnya yang tidak kalah menarik seputar mode retro bersama VELO! Kantong nikotin bebas tembakau pertama di Indonesia yang bisa dinikmati kapan saja, tanpa asap, dan tanpa ribet!

Tersedia dalam aneka varian rasa unik seperti Berry Frost, Tropic Mix, Polar Mint, dan Ruby Berry. Produk nikotin ini dikhususkan untuk pengguna berusia 18 tahun ke atas, tidak sedang hamil atau menyusui, dan bisa menyebabkan kecanduan.

Hengky
For the last few years, Hengky living as a digital nomad and currently settled in Denpasar. As a writer, he is interested in a certain topic such as pseudoscience, culture, art, and lifestyle.

Related Articles

Leave a Reply