7 Marketing Mix yang Menguntungkan Untuk Bisnis

Dalam berbisnis, strategi pemasaran yang tepat harus diterapkan. Salah satunya adalah marketing mix atau yang juga disebut sebagai bauran pemasaran. Ini merupakan sebuah strategi yang memadukan beberapa unsur untuk menjual produk-produk kepada para pelanggan.

Kamu yang sedang menggeluti dunia entrepreneur wajib mempelajari dan menerapkan marketing mix. Yuk, simak unsur marketing mix yang terdiri dari 7P berikut ini.

1. Product

Product adalah barang atau jasa yang dijual oleh perusahaan kepada konsumen. Agar mereka berminat membeli barang atau menggunakan jasa bisnismu, kamu harus tahu apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pelanggan.

Tidak masalah jika kamu ingin membuat produk yang unik dan belum ada sebelumnya, namun pastikan bahwa produk yang kamu buat dibutuhkan dan bermanfaat bagi orang lain.

2. Price

Harga merupakan uang yang harus dikeluarkan oleh pelangganmu untuk bisa mendapatkan barang atau menggunakan jasa yang kamu jual. Harga juga dapat dikatakan sebagai pengorbanan yang dikeluarkan oleh pelanggan untuk mendapatkan manfaat dari produk Anda.

Tugasmu adalah memastikan bahwa pengorbanan yang diberikan pelanggan setara dengan apa yang mereka dapatkan.

3. Place

Lokasi bisnis sangat berpengaruh pada penjualanmu. Semakin strategis lokasi Anda, maka semakin besar pula keuntungan yang bisa didapatkan. Misalnya, jika Anda memiliki lokasi di tengah keramaian dan mudah dijangkau oleh pelanggan, maka lebih mudah Anda melakukan penjualan.

4. Promotion

Promosi adalah poin penting dalam marketing mix. Promosi yang dilakukan untuk memperkenalkan dan menjual produk harus bertujuan untuk meningkatkan pelanggan, menginformasikan produk baru dan peningkatan produk lama, serta mendorong pelanggan untuk mau membeli produk yang dijual.

5. People

Apapun strategi pemasaran yang kamu terapkan untuk bisnismu, sukses atau tidaknya tergantung pada siapa yang menjalankan strategi tersebut. Itulah mengapa sangat penting untuk menemukan sumber daya yang berkompeten untuk membantumu dalam mengelola bisnis.

Dalam hal ini, sikap atau attitude adalah hal yang harus diutamakan. Karena tujuan utama pemasaran adalah menjual produk, maka kamu harus mencari orang-orang yang memiliki sopan santun dan tutur kata yang baik agar pelanggan mau membeli produkmu.

6. Process

Proses adalah serangkaian tahapan bagaimana sebuah perusahaan melayani pelanggan mulai dari pemesanan hingga produk yang dibeli sampai ke tangan mereka. Agar kredibilitas bisnismu baik, kamu harus bisa memberikan pelayanan yang cepat dan tepat. Misalnya seperti restoran self service yang memungkinkan pelanggan memilih dan mengambil sendiri makanan yang mereka inginkan, sehingga mereka merasa jauh lebih nyaman.

7. Physical Evidence

Tampilan fisik erat kaitannya dengan tampilan bisnismu yang bisa dilihat oleh pelanggan. Misalnya jika kamu menjual produk, maka kemasan produk jadi hal yang sangat penting. Banyak pelanggan yang membeli suatu produk hanya karena tertarik pada kemasannya lho.

Berbeda lagi jika yang kamu jual adalah jasa. Investasikan dana untuk mempercantik interior kantor sehingga pelanggan bisa merasa yakin untuk menggunakan jasamu.

Sebaliknya, jika kamu tidak bisa menghadirkan penampilan yang meyakinkan, maka pelanggan pasti akan mempertanyakan kualitas barang dan jasa yang kamu jual.

Salah satu kunci dalam keberhasilan bisnis adalah berani untuk menjadi yang pertama dan berbeda. Seperti VELO yang membuat terobosan baru sebagai produk nikotin pertama di Indonesia.

VELO menghadirkan alternatif baru menikmati nikotin yang lebih nyaman, tanpa asap, dan tidak mengganggu orang lain. Tapi yang harus diingat, VELO hanya boleh digunakan oleh pengguna produk nikotin yang sudah berusia 18 tahun ke atas, bukan perempuan hamil atau menyusui.

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply