7 Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

Bersepeda menjadi salah satu rutinitas yang paling populer belakangan ini. Bukan sekedar kegiatan berolahraga saja, bersepeda kini menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern. Tapi tahukah kamu apa saja yang bisa kamu dapatkan dari kegiatan tersebut?

Bersepeda merupakan cara untuk menjaga kesehatan tubuh yang mudah dan menyenangkan. Hanya dengan bersepeda selama 20 menit per hari, kamu bisa merasakan perbedaan yang signifikan pada tubuhmu. Tidak sempat bersepeda rutin setiap hari? Tidak masalah! Kamu bisa melakukannya di akhir pekan kok!

Supaya makin semangat mengayuh pedal, yuk simak 7 manfaat bersepeda berikut ini!

  1. Menguatkan Otot Tubuh

Banyak orang menganggap bersepeda bukan olahraga berat. Hal ini memang benar. Namun bukan berarti bersepeda tidak membantu memperkuat otot-otot tubuh lho. Ketika mengayuh sepeda, otot tubuh bagian bawah, lengan, dan bahu akan berkontraksi untuk menopang berat badan sehingga kamu tetap seimbang.

Seiring berjalannya waktu, kamu akan merasakan otot tubuhmu semakin kuat. Tetapi jika kamu masih pemula alias tidak sering bersepeda sebelumnya, maka besar kemungkinan kamu akan merasa kelelahan.

  1. Membuat Tubuh Lebih Kuat

Tidak hanya otot tubuh yang semakin kuat, tubuhmu juga. Rutin bersepeda akan meningkatkan kekuatan tubuh secara keseluruhan. Seperti yang dijelaskan di atas, bukan hanya otot kaki saja yang bekerja saat kamu bersepeda. Tetapi otot tubuh bagian atas juga.

Organ-organ yang ada di dalam tubuh juga ikut menguat. Terutama jantung dan paru-paru turut bekerja ketika kamu bersepeda.

  1. Menurunkan Berat Badan

Bersepeda bisa jadi cara menurunkan berat badan yang ringan dan menyenangkan. Ada banyak macam olahraga yang bisa kamu pilih agar tubuh lebih langsing, namun bersepeda jelas punya banyak bonus yang menggoda. Misalnya, kamu bisa pergi ke tempat-tempat yang pemandangannya indah dan bersepeda bersama orang-orang tersayang. Nah, jadi tunggu apa lagi? Yuk, semangat diet lagi dengan bersepeda!

  1. Menghilangkan Stress

Selain sebagai olahraga, bersepeda juga hobi yang menyenangkan bagi banyak orang. Menikmati pemandangan sekitar dari atas sepeda memiliki fungsi rekreasi yang bisa menyegarkan pikiran lho. Oleh karena itu, saat memilih lokasi bersepeda sebaiknya kamu pergi ke tempat-tempat yang masih asri pemandangan alamnya. Hal ini membuat kamu kembali berenergi dan kamu pun akan semakin semangat dalam beraktivitas.

  1. Mencegah Munculnya Penyakit Kardiovaskular

Jantung menjadi organ terpenting dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, segala penyakit yang berhubungan dengan jantung atau penyakit kardiovaskular harus dicegah dan dihindari. Kurang olahraga terbukti meningkatkan resiko penyakit kardiovaskular.

Oleh karena itu, bersepeda kerap menjadi pilihan untuk menjaga jantung tetap sehat. Karena olahraga ini sifatnya ringan, maka bisa dilakukan oleh siapa saja dari segala usia. Setidaknya 1 atau 2 kali dalam seminggu, luangkan waktu untuk bersepeda. Apalagi bagi orang-orang paruh baya atau lansia yang kesehatannya cenderung menurun.

  1. Menurunkan Resiko Kanker dan Diabetes

Kanker dan diabetes adalah 2 penyakit berbahaya yang dapat menyerang siapa saja. Salah satu manfaat bersepeda rutin yang bisa kamu dapatkan adalah penurunan terkena resiko kedua penyakit tersebut. Bersepeda minimal 30 menit sehari dapat meningkatkan kebugaran tubuh dan meminimalisir resiko kanker kolorektal dan kanker paru-paru.

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat bersepeda ternyata juga bisa dirasakan oleh otak. Bersepeda terbukti mampu meminimalisir penurunan daya pikir dan resiko demensia. Cukup hanya dengan berolahraga 45 sampai 60 menit sehari, kamu sudah bisa merasakan manfaat ini.
Selain bersepeda, menjaga kesehatan tubuh juga bisa dilakukan dengan tidak merokok. VELO, kantong nikotin yang ditujukan untuk kamu yang sudah 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui, menghadirkan alternatif solusi menikmati nikotin yang lebih praktis dan nyaman. Hanya dengan satu kantong mungil saja yang diselipkan di antara bibir dan gusi atas, sensasi nikotin dapat dinikmati selama 20 sampai 30 menit.

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply