7 Manfaat Berkemah di Alam Bebas yang Bisa Kamu Dapatkan

Banyak orang pergi berkemah di alam bebas karena mereka lelah dengan kehidupan kota yang bising dan padat. Berkemah hanya salah satu dari sekian banyak aktivitas outdoor yang bisa kamu lakukan. Nah, ngomong-ngomong apa aja sih manfaat berkemah di alam bebas yang bisa kita dapatkan?

Simak yuk di artikel berikut ini!

1. Suplai udara bersih

Berada di tengah-tengah pohon menjamin suplai udara bersih yang tidak terbatas untuk kamu hirup. Hal ini yang tidak bisa ditemukan di perkotaan. Dengan banyaknya oksigen yang masuk, tubuh bisa berfungsi dengan lebih baik. Tidak hanya itu, berkemah juga bisa memperbaiki tekanan darah, menyehatkan sistem pencernaan, dan meningkatkan sistem imun tubuh.

2. Bersosialisasi dengan orang tersayang

Lagi-lagi karena alasan kesibukan, kita kehilangan banyak waktu berharga bersama keluarga, sahabat, atau pasangan. Berkemah bisa dijadikan momen berkumpul dan memperbaiki hubungan. Percaya atau tidak, menjalin hubungan yang bahagia dengan orang tersayang bisa memperpanjang umur seseorang lho.

3. Suasana hati jadi lebih baik

Sering berkemah membuat kamu akan merasa lebih bahagia. Ini bukan tanpa alasan lho. Paparan sinar matahari dan udara bersih dapat menyeimbangkan kadar melatonin di otak. Melatonin adalah zat kimia yang membuatmu cepat merasa lelah dan memicu depresi. Coba deh, rasakan sendiri kalau mood-mu pasti akan membaik selama berkemah.

Bukan hanya berkemah lho yang bisa memperbaiki suasana hati. VELO juga bisa. VELO adalah produk kantong nikotin pertama di Indonesia yang hanya boleh dikonsumsi oleh yang sudah berusia 18 tahun ke atas, dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui. Tidak menghasilkan asap, jadi kamu nggak perlu khawatir bikin polusi dan menambah sampah saat berkemah!

4. Mengurangi stress

Stress bisa berdampak sangat negatif untuk kesehatan. Cara untuk mengurangi stress adalah dengan pergi ke tempat-tempat yang tenang dan melakukan kegiatan menyenangkan seperti berkemah. Rendahnya tingkat stress seseorang berkaitan erat dengan peningkatan kadar oksigen dalam tubuh, tingginya tingkat serotonin, dan menjaga keseimbangan melatonin seperti yang dibahas di atas tadi. Selain itu, suasana hati juga jadi lebih baik jika kita tidak dibebani oleh target seperti saat sedang belajar atau bekerja.

5. Olahraga untuk tubuh

Manfaat berkemah yang paling nyata adalah kita banyak melakukan aktivitas fisik. Saat Anda berjalan menuju lokasi perkemahan, mendirikan tenda, hingga berjalan-jalan di sekitar lokasi perkemahan, itu sama dengan latihan kardiovaskular yang membantu menyehatkan paru-paru dan jantung.  

6. Tidur nyenyak di malam hari

Setelah lelah melakukan aktivitas fisik seharian, kamu pasti akan cepat tertidur di malam hari. Tidur yang nyenyak membawa banyak manfaat kesehatan seperti mengurangi inflamasi, meningkatkan sistem kardiovaskular, dan membuat kamu tetap fokus. Agar kamu bisa mendapatkan tidur yang benar-benar nyaman, pastikan kamu membawa peralatan tidur memadai ya!

7. Makanan sehat dari alam

Supaya sensasi berkemah semakin terasa, coba deh cari makanan langsung di dekat lokasi perkemahan. Misalnya dengan cara memancing di sungai atau danau terdekat. Dijamin kamu akan mendapatkan makanan yang sehat dan segar, juga kaya akan protein. Ikan yang kamu dapatkan dari memancing tidak mengandung bahan pengawet berbahaya, sehingga nutrisinya pun jauh lebih kaya!

Itu dia berbagai manfaat berkemah yang bisa kamu dapatkan. Daripada hanya mengurung diri seharian di rumah saat akhir pekan, sekali-kali tengok keindahan alam dengan cara berkemah yuk! Kalo tidak suka keramaian, berkemah seorang diri juga sedang lagi tren kok saat ini!

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply