7+ Manfaat Ajaib Parkour untuk Kesehatan

Kamu sudah pernah mendengar tentang parkour? Parkour memang sudah menjadi olahraga yang tidak asing lagi bagi banyak orang. 

Nah, bagi kamu yang belum pernah dengar, parkour adalah olahraga asal Perancis di mana terdapat aktivitas melompat, memanjat, dan bergelantung pada medan yang berbeda-beda, seperti tembok, pagar, atap rumah, bahkan gedung-gedung tinggi. 

Parkour kerap didefinisikan sebagai olahraga berpindah tempat yang mengutamakan keindahan gerakan dan keahlian menyeimbangkan tubuh. 

Olahraga yang dipopulerkan oleh David Belle ini memang tergolong ekstrim. Walaupun demikian, parkour tetap menjadi olahraga favorit banyak anak muda di Indonesia. Tapi tentu saja untuk melakukan dan mahir dalam olahraga ini diperlukan teknik-teknik khusus dan latihan yang serius. Karena jika tidak, kamu akan membahayakan dirimu. 

Tidak hanya terlihat keren saat melakukan parkour, olahraga yang satu ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Yuk, cari tahu apa saja manfaat parkour yang bisa kamu rasakan!  

Meningkatkan keterampilan tubuh 

Dalam olahraga parkour, kamu dituntut mengedepankan keindahan dan keterampilan gerakan dengan membuat variasi gerakan yang berhubungan dengan kecepatan, reaksi, koordinasi, keseimbangan, kelincahan, dan kekuatan. Dengan terbiasa melakukan variasi-variasi gerakan tersebut, otomatis keterampilan tubuhmu akan meningkat. 

Melatih dan membentuk tubuh 

Seperti dijelaskan sebelumnya, olahraga parkour meliputi aktivitas berlari, melompat, memanjat, bergelantungan, bahkan melintasi berbagai rintangan. Aktivitas-aktivitas demikian pada dasarnya telah mencakup kebugaran tubuh total dan tentu memerlukan kinerja otot yang besar.  

Nah, jika kamu melakukan olahraga parkour secara rutin, ketahanan dan kekuatan tubuhmu akan terlatih. Bukan hanya itu, otot-otot kamu pun akan terbentuk. Keren kan! 

Membuatmu lebih kreatif 

Parkour bukan hanya sekedar olahraga biasa, ia juga merupakan sebuah seni, karena dalam parkour, keindahan gerakan menjadi salah satu hal yang paling diutamakan. 

Dengan melakukan olahraga parkour, kamu pun akan melatih daya pikirmu untuk mampu berpikir lebih cepat soal bagaimana langkah kaki yang tepat untuk dapat melewati rintangan di depanmu dengan mulus. Semua rintangan yang akan kamu hadapi dalam parkour tidak memiliki pola yang jelas. Karena itulah kreativitasmu di sini menjadi terlatih.  

Artinya, kamu pun akan melatih kemampuan naluariah yang tentu bisa kamu pakai untuk kehidupan sehari-hari–selain saat melakukan olahraga parkour. 

Melatih kekuatan jantung 

Orang yang melakukan olahraga parkour memang dituntut untuk bergerak secara aktif. Berbagai gerakan, terutama melompat secara konstan, akan meningkatkan stamina tubuhmu. Dengan demikian, ketahanan jantungmu pun akan terlatih dan suplai oksigen ke dalam tubuhmu pun akan meningkat. 

Meningkatkan kekuatan inti tubuh 

Gerakan-gerakan yang dibuat dalam parkour seperti memutar, membungkuk, dan sebagainya, akan meningkatkan kekuatan inti tubuh yang merupakan pusat dari seluruh tubuhmu. Dengan membangun kekuatan pada inti tubuh, kamu pun akan terhindar dari cedera punggung bawah. Keren banget kan kalau kamu bisa parkour? 

Melatih kekuatan tulang 

Sama seperti berbagai jenis olahraga yang dilakukan untuk tujuan penguatan tulang, olahraga parkour pun dapat membantumu mendapatkan tulang yang lebih kuat. Hal ini dikarenakan dalam olahraga parkour, kamu dituntut melakukan gerakan pada semua bagian tubuh, termasuk bagian tubuh bawah dan bagian tubuh atas. Dengan demikian, kekuatan tulangmu pun akan terbangun.  

Menaikkan tingkat percaya diri 

Orang-orang yang jago olahraga memang akan terlihat sangat keren. Mereka yang melakukan olahraga parkour pun sama.  

Dengan mahir melakukan olahraga yang satu ini, kamu tidak hanya semakin percaya diri karena kamu memiliki bakat yang sangat cemerlang.  

Kamu juga akan percaya diri untuk menghadapi berbagai rintangan fisik yang ada di depan matamu. Kamu akan dapat memprediksi medan rintangan bahkan mengukur tingkat kesulitan medan tersebut karena telah sering berlatih. 

Menghindarkan kamu menjadi seseorang yang antisosial 

Siapa sangka olahraga parkour bisa meningkatkan kesehatan mental dengan mengurangi kecenderungan seseorang untuk berperilaku antisosial? 

Menurut hasil dari sebuah studi yang pernah dilakukan di Westminster tentang pembinaan parkour, tingkat kejahatan remaja yang berusia antara 8-19 tahun mengalami penurunan pesat hingga 69% setelah mereka melakukan olahraga parkour secara rutin. 

Hal ini dikarenakan parkour membuat para pemainnya menjadi lebih fokus mengeluarkan energi dan waktu mereka untuk menghadapi tantangan fisik yang disediakan dalam parkour. 

Parkour adalah olahraga yang dapat dilakukan oleh semua orang 

Kamu mau sehat namun bosan dengan olahraga jogging, yoga, dan sebagainya? Itu artinya kamu bisa mencoba olahraga yang lebih ekstrim seperti parkour.  

Jangan khawatir, olahraga yang satu ini bisa dilakukan oleh semua orang kok!  

Jangan langsung membayangkan parkour dengan gerakan flip karena tentu saja gerakan ini memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Kamu bisa mulai gerakan parkour dengan berlari cepat dan melompat dari satu tempat ke tempat lain. 

Bukan hanya dapat dilakukan oleh semua orang, olahraga parkour juga bisa dilakukan dimanapun. Namun ingat, jangan sampai aktivitasmu mengganggu orang lain ya! 

So, itu dia beberapa manfaat olahraga parkour yang bisa kamu rasakan. Bagaimana? Sekarang kamu tertarik untuk mulai melatih olahraga yang satu ini? Nah, kalau kamu sudah siap, kamu harus mulai belajar dengan melakukan gerakan-gerakan kecil terlebih dahulu ya! Jangan lupa belajarlah pada orang-orang yang sudah profesional di bidang parkour. 

Sambil belajar parkour, tidak ada salahnya kamu cobain VELO. VELO adalah kantong nikotin yang praktis dan bisa dibawa ke mana pun untuk dijadikan teman santai. Namun ingat, untuk menggunakan VELO, kamu harus berusia minimal 18 tahun, pengguna produk nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui ya!  

Related Articles

Leave a Reply