7+ Inspirasi Desain Coffee Shop yang Bisa Kamu Pertimbangkan Sebelum Memulai Bisnis

Sejak dulu hingga sekarang, kopi kerap menjadi teman terbaik yang menemani waktu-waktu santai orang Indonesia. Jika dulu minum kopi cukup di rumah saja, beberapa tahu terakhir trend minum kopi di coffee shop pun naik daun.

Jika kamu mengunjungi berbagai coffee shop di kotamu, kamu mungkin jarang menemukan coffee shop yang sepi. Biasanya pengunjungnya pasti rame, apalagi di siang hingga sore hari.

Hal ini dikarenakan banyak orang menghabiskan waktu produktifnya di coffee shop. Mahasiswa, misalnya. Mereka sering janjian di coffee shop untuk mengerjakan tugas bersama teman lain. Bahkan banyak pekerja kantoran dan pebisnis yang janjian meeting di coffee shop. 

Selain bisa menyelesaikan berbagai pekerjaan sambil ngopi dan menikmati menu-menu lain di coffee shop, coffee shop juga cenderung memberikan nuansa santai. Jadi pekerjaan yang tadinya bikin stress menjadi sedikit lebih ringan. Hal ini pula yang menjadi alasan mengapa banyak orang nongkrong dan melakukan me time di coffee shop.

Jadi ya begitulah, terkadang orang ke coffee shop hanya mencari vibe-nya saja, bukan untuk menikmati kopinya. Bahkan tidak jarang orang nongkrong di coffee shop padahal ia tidak menyukai kopi.

Nah, peluang inilah yang dilihat oleh para pebisnis yang membangun coffee shop. Karena sudah banyak saingan, tentu mereka dituntut membuat coffee shop dengan konsep yang berbeda dari coffee shop lainnya. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan membuat desain bangunan yang nyaman dan menarik.

Bagi kamu yang ingin membuka usaha bisnis coffee shop, yuk cari tahu inspirasi desain coffee shop yang keren di bawah ini!

Coffee shop bernuansa hijau segar

Siapa sih yang gak suka pemandangan hijau? Selain menyegarkan mata, pemandangan hijau juga bisa membuat kita merasa lebih rileks.

Bayangkan pelanggan datang ke coffee shop untuk bersantai, lalu ia menemukan pemandangan hijau di dalam coffee shop-mu. Ia pasti akan merasa lebih tenang, dan tentu akan kembali lagi di lain waktu!

Kamu bisa menambahkan berbagai jenis tanaman hias hijau di dalam ruang coffee shop milikmu. Berikan pot-pot kayu agar semua terlihat rapi.

Coffee shop bergaya industrial

Kamu bisa mendesain coffee shop-mu secara minimalis dengan gaya industrial. Gaya coffee shop seperti ini akan membuat barista menjadi pusat perhatian. Tempatkan sebatang pohon di tengah kafe di mana para barista bekerja. Bagian tengah coffee shop ini sekaligus akan menjadi green area yang menarik.

Coffee shop bergaya street side

Tidak sedikit orang yang menikmati ngopi di pinggir jalan. Agar lebih modern, mari kita bawa konsep ini ke dalam desai coffee shop.

Kamu bisa membuat coffee shop indoor dengan bagian dinding kaca yang cukup besar untuk pelanggan dapat melihat ke jalan. Berikan pula partisi tembok bata ekspos agar sinar matahari yang panas tidak terlalu mengganggu pelanggan.

Homey coffee shop

Kamu menginginkan konsep desain coffee shop di mana pelanggan merasa seperti ia sedang berada di rumah sendiri? Cobalah konsep sederhana homey coffee shop.

Konsep ini dibuat naked, tidak banyak cat yang dibutuhkan. Selain itu homey coffee shop bisa dibangun dengan perabotan yang didominasi dari bahan kayu dengan finishing yang kasar. 

Agar lebih manis, kamu bisa membuat picture window di bagian latar belakangnya.

Desain coffee shop untuk lahan sempit

Kamu punya lahan untuk coffee shop namun cukup sempit? Jangan khawatir, semua ada solusinya!

Kamu bisa membuat coffee shop sederhana dengan menyusun furnitur kayu minimalis secara rapi. Di sini kamu tidak perlu memoles struktur beton dan dindingnya. Dinding bata pun tetap akan keren!

Nah, agar coffee shop-mu terlihat lebih lapang, buatlah konsep langit-langit bangunan yang lebih tinggi. Keren kan? 

Coffee shop bergaya tropis

Bagi kamu yang tinggal di Jakarta atau kota-kota besar lainnya di Indonesia, coffee shop dengan desain yang tidak riuh mungkin adalah konsep coffee shop idamanmu. Oleh karena itu, coffee shop bergaya tropis adalah pilihan konsep desain yang sangat tepat.

Buatlah desain coffee shop dengan nuansa terbuka, di mana perabotannya didominasi oleh perabotan kayu dengan aksen tanaman-tanaman hijau. Tentu di sini kamu bisa menambahkan terarium besar dan kecil agar coffee shop-mu terlihat cantik dan menyegarkan.

Coffee shop dengan konsep vintage

Ketika berbicara tentang konsep desain coffee shop, konsep vintage rasanya sulit untuk dilupakan.

Konsep vintage sendiri bisa dibilang merupakan favorit banyak orang, terutama anak muda zaman sekarang. Orang-orang berpikir bahwa konsep ini menandakan konsep yang hits dan kekinian.

Desainlah coffee shopmu sesederhana mungkin. Gunakan perabotan-perabotan kayu atau perabotan lain bergaya vintage. Tambahkan lukisan-lukisan atau hiasan-hiasan kayu di dinding. Kamu juga bisa menambahkan berbagai pajangan vintage seperti sepeda tua, vinyl, radio tua, dan sebagainya.

Coffee shop dengan desain tematik

Banyak coffee shop yang sukses menjadi populer karena mengangkat tema-tema tertentu, seperti tema media sosial, buku, superhero, animals dan sebagainya.

Kamu pun bisa membangun coffee shop dengan konsep tematik. Tentukanlah target pasarmu terlebih dahulu, lalu cari tahu tema-tema apa saja yang relate dengan target pasar tersebut. 

Selanjutnya, desainlah coffee shop-mu sesuai tema yang diusung. Desainnya bisa dilihat dari warna cat, penggunaan perabotan, dan sebagainya. Keren kan?

Itulah beberapa konsep desain coffee shop yang keren dan bisa kamu terapkan. Konsep mana yang jadi favoritmu?

Related Articles

Leave a Reply