7 Hal Tentang Spaghetti Bolognese yang Kamu Perlu Tahu!

Siapa sih yang tidak kenal dengan spaghetti bolognese? Meskipun spaghetti bisa diolah menjadi berbagai macam jenis masakan, perpaduan saus bolognese yang merah menyala memang begitu menggugah selera. Bukan hanya di Indonesia, spaghetti bolognese juga sangat terkenal di seluruh dunia!

Tapi ngomong-ngomong, kamu sudah tahu belum kalau spaghetti bolognese bukan berasal dari kota Bologna? Masih banyak hal unik dan menarik tentang spaghetti bolognese yang kamu perlu tahu. Yuk, simak melalui artikel berikut ini!

  1. Orang Italia tidak menyebutnya sebagai spaghetti bolognese 

Ciri khas dari spaghetti bolognese adalah saus bolognese yang disajikan bersama dengan spaghetti yang kenyal untuk menambah kenikmatan rasanya. Namun orang Itali menyebutnya dengan nama berbeda. Saus bolognese yang terkenal itu disebut dengan ragù di negara asalnya.

Ragù dikenal sebagai bolognese oleh seluruh penduduk dunia karena pada Perang Dunia II, tentara Amerika yang sedang melintasi kota Bologna menyantap saus yang lezat ini. Mereka kemudian memasak saus ini sendiri setelah kembali ke negara asalnya dan menyebutnya bolognese atau saus yang berasal dari kota Bologna. [please put the source in the foot note]

  1. Bukan berasal dari Bologna!

Melihat fakta di atas, jelas kamu mengira saus bolognese berasal dari kota Bologna. Bahkan penduduk asli Italia pun juga berpikir demikian. Padahal, saus ini sesungguhnya berasal dari kota Imola. Di kota inilah pertama kali tertulis dalam sejarah, yaitu ragù yang disajikan bersama dengan saus bolognese. Imola sendiri merupakan kota kecil yang ada di provinsi Bologna. [please put the source in the foot note]

  1. Saus bolognese tidak disajikan bersama spaghetti

Mau tahu salah satu fakta menarik soal pasta? Ada lebih dari 600 jenis pasta di dunia, salah satunya adalah spaghetti. Di Italia, saus bolognese disajikan dengan pasta jenis lain yaitu tagliatelle. Jika kamu mencari hidangan ini di restoran Italia, namanya akan tertulis sebagai tagliatelle al ragù

Berbeda dengan spaghetti yang bentuknya bulat dan padat, tagliatelle berbentuk pipih. Chef asli Italia menilai bahwa daging yang ada dalam saus bolognese bisa menempel lebih baik pada pasta yang bentuknya pipih dan lebar, tidak seperti spaghetti yang bulat dan kecil. Namun pasta mana saja yang digunakan, rasanya tetap nikmat kok!

  1. Mengandung 2 jenis daging yang berbeda

Resep asli spaghetti bolognese asal Italia menggunakan 2 daging berbeda untuk sausnya, yaitu daging sapi dan daging babi giling. Kedua daging ini menciptakan rasa ragù yang otentik dan sempurna. 

  1. Topping keju adalah syarat mutlak

Apa yang menjadi syarat mutlak spaghetti bolognese dengan rasa asli Italia? Tentu saja adalah taburan keju di atasnya. Spaghetti bolognese tidak akan lengkap tanpa adanya topping keju ini. Orang Italia tidak menggunakan sembarang keju, namun keju taburan yang dipilih harus jenis keju Parmigiano. 

  1. Biasanya dimasak dengan wine

Salah satu bahan yang menghasilkan kekayaan rasa spaghetti bolognese adalah campuran wine. Chef di luar Italia biasanya menggunakan red wine dalam jumlah banyak. Tetapi white wine juga bisa memberikan kenikmatan rasa yang sama lho. Hanya saja, white wine membuat tekstur spaghetti menjadi lebih kering.


Beberapa orang suka menutup santapan mereka dengan nikotin untuk kembali membangkitkan semangat. Kalau kamu termasuk salah satunya, kini saatnya kamu mencoba cara baru menikmati sensasi nikotin dengan VELO. Rasakan sensasi kantong nikotin yang ditujukan untuk kamu yang sudah 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui, yang bisa dinikmati tanpa asap, kapan saja dan dimana saja!

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply