7 Hal Mengejutkan yang Terjadi Saat Bulan Purnama

Bulan purnama adalah sebuah fenomena magis yang banyak digambarkan sebagai momen yang istimewa di banyak cerita mitos dan legenda. Salah satu yang terkenal mungkin adalah mitos manusia serigala yang akan menunjukkan wujud aslinya saat bulan purnama tiba.

Banyak orang tidak percaya dengan hal itu. Namun memang ada beberapa hal menarik yang terjadi selama bulan purnama berlangsung lho. Simak beberapa fenomena yang menarik ini.

1. Kura-kura laut akan bertelur

Bulan purnama menjadi saat yang ditunggu-tunggu oleh kura-kura laut. Beberapa spesies dari hewan ini menunggu ombak yang sangat ekstrim ketika bulan purnama untuk pergi ke pesisir pantai dan bertelur di sana. Arus ombak yang kencang ini bisa membawa mereka menuju pesisir dengan lebih mudah, karena di sanalah tempat yang paling aman untuk menyembunyikan telur-telur mereka.

2. Lebih banyak bayi yang dilahirkan

Meskipun belum ada studi ilmiah yang membuktikan hal ini, namun beberapa rumah sakit di dunia mencatat bahwa angka kelahiran bayi meningkat di saat bulan purnama. Hmm, apakah gaya gravitasi bulan yang semakin membesar turut mempengaruhi hal ini?

3. Kualitas tidur terganggu

Di antara banyaknya fenomena unik yang terjadi saat bulan purnama, hal yang satu ini harus menjadi perhatian khusus. Saat malam bulan purnama, manusia cenderung membutuhkan waktu lebih lama untuk tertidur dibandingkan dengan fase bulan lainnya.

Penyebabnya ternyata adalah menurunnya aktivitas otak yang bertanggung jawab untuk membuat kita tidur nyenyak. Hasilnya, waktu tidur pun relatif berkurang ketika bulan purnama terjadi.

4. Burung lebih mudah berkomunikasi

Perilaku hewan ketika bulan purnama memang sangat unik dan bervariasi. Misalnya seperti elang burung hantu, salah satu spesies dari burung hantu. Biasanya, hewan ini menggunakan bulu putih pada leher untuk berkomunikasi dengan burung lain di malam hari.

Namun saat bulan purnama terjadi, aktivitas komunikasi mereka meningkat karena cahaya bulan membuat mereka lebih mudah saling melihat satu sama lain.

5. Suasana hati terganggu

Gaya gravitasi bulan menjadi lebih besar saat bulan purnama terjadi, dan dampaknya bukan hanya pada arus ombak saja. Suasana hati kita juga ikut terpengaruh oleh gravitasi bulan.

Terutama ketika bulan purnama, suasana hati menjadi lebih tidak stabil. Mereka yang memiliki gangguan suasana hati menjadi jauh lebih sensitif ketika bulan purnama terjadi.

6. Peluang terjadinya hujan dan badai lebih besar

Di beberapa negara, bulan purnama mengindikasikan adanya hujan lebat dan mungkin badai yang akan segera datang. Satu hari setelah bulan purnama, peluang terjadinya hujan dan badai di beberapa wilayah juga semakin meningkat.

7. Predator mengurangi aktivitasnya

Berbeda dengan burung hantu yang semakin aktif saat bulan purnama, hewan-hewan predator atau pemangsa justru banyak mengurangi aktivitasnya. Penyebabnya tidak lain karena hewan yang menjadi mangsa mereka juga bersembunyi di malam bulan purnama.

Mungkin hal ini terkait dengan mitos manusia serigala yang selama ini berkembang di kalangan masyarakat ya?

Nggak nyangka ya begitu banyak hal tidak terduga yang bisa terjadi di bulan purnama. Seperti halnya bulan, manusia pun juga tidak berhenti menciptakan inovasi yang kadang mengejutkan.

Salah satunya seperti VELO, inovasi baru berupa kantong nikotin pertama di Indonesia. Dengan VELO, kamu bisa menikmati nikotin kapan saja dan dimana saja. Karena tidak menghasilkan asap, kamu tidak perlu khawatir akan mengganggu kenyamanan orang sekitar.

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply