7 Film Tentang Survival yang Wajib Disimak

Salah satu genre film yang punya banyak kisah inspiratif adalah film tentang survival. Rasanya menarik sekali melihat seseorang berjuang dan berhasil lepas dari kematian atau kejadian mengerikan seperti bencana alam, serangan binatang buas, hingga terjebak di suatu tempat. 

Film-film ini selalu meninggalkan kesan yang membekas bagi penonton karena memperlihatkan kedalaman emosi manusia seperti ketakutan, kesedihan, amarah, cinta, dan kegembiraan. Nah, berikut ini ada 7 film survival yang sangat direkomendasikan untuk kamu tonton, setidaknya sekali seumur hidup!

1. Cast Away (2000)

film tentang survival
Source: HBO

Film ini memberikan gambaran pada penontonnya tentang bagaimana rasanya harus terdampar di sebuah pulau terpencil sendirian selama bertahun-tahun.

Chuck Noland, seorang pegawai FedEx merupakan korban pesawat jatuh yang terdampar di pulau tak berpenghuni dan terpaksa untuk belajar bertahan hidup sendirian.

Selama empat tahun, Chuck bertahan dan menjadikan gua sebagai rumahnya sampai akhirnya ia memutuskan untuk membangun rakit dan berlayar keluar pulau. Setelah beberapa waktu di lautan, ia berhasil diselamatkan oleh sebuah kapal kargo.

2. Open Water (2003)

film tentang survival
Source: MUBI

Kamu mungkin akan berpikir dua kali untuk liburan scuba diving setelah menonton film bertahan hidup yang sangat seram ini.

Berdasarkan kisah nyata dari tahun 1998, Open Water menceritakan tentang pasangan yang terdampar selama ekspedisi scuba setelah kelompok mereka secara tidak sengaja meninggalkan mereka.

Setelah sadar bahwa mereka hanya tinggal berdua dan tidak ada siapapun di sekitar, keterkejutan dengan cepat berubah menjadi kepanikan ketika mereka menyadari bahwa mereka berada di perairan yang dipenuhi hiu.

3. Into The Wild (2007)

film tentang survival
Source: Warning Magazine

Into the Wild, sebuah film survival dari kisah nyata Christopher McCandless ini akan membuatmu berdebar merasakan petualangan yang sesungguhnya. Seorang yang baru lulus kuliah memutuskan untuk meninggalkan kehidupannya yang “normal” dan memulai hidup baru di alam liar.

Ia merusak semua dokumen yang dapat mengidentifikasi identitasnya. Ia juga mendonasikan hartanya dan menolak untuk berkomunikasi dengan keluarga.  Hidupnya dimulai dengan berpindah dari satu tempat ke tempat lain dan melakukan apa saja untuk hidup.

Meskipun ia membenci peradaban dan memilih meninggalkannya, ia akhirnya menyadari bahwa alam bebas pun bukan tempat yang begitu “nyaman” untuk ditempati.

4. 127 Hours (2010)

film tentang survival
Source: The Bottom Line

127 Hours wajib masuk ke rekomendasi film tentang survival yang harus kamu tonton. Film ini menyajikan pengalaman bagaimana harus bertahan hidup setelah terjatuh di sela-sela tebing, lalu tertimpa batu seberat 360 kilogram.

Film ini didasarkan pada kisah nyata dari seorang petualang bernama Aron yang pergi mendaki sendirian ke Blue John Canyon, Utah. Dalam pendakiannya Ia terperosok ke dalam sela-sela tebing dan tertimpa batu sehingga tangannya terjepit selama 127 jam.

Dari film ini, kamu disuguhkan dengan situasi yang menyakitkan. Dan tentunya bisa membuat jantung kamu berdebar. Dibintangi oleh James Franco, film ini sukses masuk ke nominasi Oscar.

5. Life of Pi (2012)

Source: Kompasiana

Film ini berkisah tentang seorang anak laki-laki yang terdampar bersama seekor zebra, orangutan, hyena dan harimau Royal Bengal di sebuah sekoci setelah kapal yang ditumpanginya karam.

Menjadi hewan liar apa adanya, satu demi satu mereka mati. Yang tersisa adalah harimau Bengal, yang berhubungan dekat dengan Pi yang dinamainya Richard Parker. Setelah 227 hari yang melelahkan akhirnya mereka berhasil diselamatkan.

Film ini menyoroti pentingnya adaptasi dan penerimaan ketika berada dalam situasi yang mengerikan. Ini menunjukkan bahwa manusia dan binatang dapat hidup berdampingan.

6. Gravity (2013)

Source: Slap Happy Larry

Jika kamu mengira terdampar di luar angkasa di dalam kapal terdengar cukup menegangkan, bayangkan jatuh di luar angkasa tanpa kapal untuk kembali.

Film karya Alfonso Cuarón yang memenangkan Oscar ini dibintangi Sandra Bullock, sebagai seorang insinyur medis yang misi luar angkasa pertamanya berubah menjadi mengerikan setelah puing-puing luar angkasa menghancurkan pesawat ulang-aliknya dan menewaskan kru lainnya.

Film Gravity disambut dengan pujian terhadap arahan dan visualnya. Dianggap sebagai salah satu film terbaik tahun 2013, film ini dipilih oleh Institut Film Amerika dalam daftar Film Tahun Ini.

7. The Revenant (2015)

Source: youtube.com/20th Century Studios

Berlatar tahun 1823, The Revenant mengisahkan seorang pemburu bernama Hugh Glass yang nyaris mati diserang beruang grizzly.  Dalam kondisi terluka parah, Glass malah dikhianati oleh rombongannya. Ia harus bertahan hidup sendirian di tengah-tengah hutan musim salju dan bangkit untuk balas dendam atas apa yang diterimanya. 

Demikianlah 7 rekomendasi film tentang survival. Simak juga info menarik seputar survival dalam update artikel selanjutnya bersama VELO! Kalau kamu lagi di tempat yang gak boleh ngerokok, kamu tetep bisa kok merasakan sensasi nikotin tanpa asap dan bau yaitu dengan menggunakan VELO, kantong nikotin buat kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui. Cukup selipkan di antara bibir dan gusi atas, sensasinya bakal kerasa hingga setengah jam.

Henki Taher
For the last few years, Hengky living as a digital nomad and currently settled in Denpasar. As a writer, he is interested in a certain topic such as pseudoscience, culture, art, and lifestyle.

Related Articles

Leave a Reply