7 Cara Mudah Meningkatkan Motivasi Belajar

Motivasi belajar membuat seseorang lebih bersemangat dalam mempelajari segala sesuatu. Setiap orang pasti memiliki motivasi di dalam hidupnya untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dengan belajar kita bisa mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru. Tapi, bagaimana jika motivasi untuk belajar menjadi tidak ada dalam diri? Sebetulnya ada beberapa langkah untuk meningkatkan motivasi dalam hal belajar, berikut ulasan selengkapnya.

Cara Mudah Meningkatkan Motivasi Belajar

1. Gunakan metode belajar yang tepat 

Source: Tirachard Kumtanom/pexels

Motivasi belajar yang menurun bisa jadi karena kita merasa bosan atau tak bisa menyerap informasi dari pembelajaran tersebut. Cara mudah yang pertama untuk meningkatkan keinginan belajar adalah dengan menggunakan metode belajar yang tepat. Ini bertujuan agar dapat menghilangkan rasa bosan, ketika mempelajari sesuatu.

Ketika kita mulai merasa bosan dengan materi pelajaran, bagaimana isinya bisa kita pahami? Karenanya, menggunakan  metode belajar yang tepat juga perlu diperhatikan. Misalnya saja dengan belajar langsung ke lapangan agar bisa memahami materi yang dipelajari.

2. Lebih aktif di kelas

Cara selanjutnya untuk meningkatkan motivasi belajar adalah dengan lebih aktif saat di kelas. Proses pembelajaran yang lebih aktif akan mendorong seorang siswa untuk terus mau mempelajari sebuah materi maupun memecahkan permasalahan.  

Misalnya dengan memberikan beberapa pertanyaan yang berorientasi HOTS. Dimana siswa yang mau dan berani menjawab, akan memperoleh reward terlepas dari hasilnya benar atau salah.

3. Memaksimalkan penggunaan media pendukung

Source: Julia M Cameron/pexels

Untuk meningkatkan motivasi dalam belajar, penggunaan media pendukung juga perlu diperhatikan. Dengan media pembelajaran yang mendukung, seorang pelajar akan mampu memahami materi yang diajarkan dengan lebih baik. Misalnya saja melalui visualisasi materi yang sesuai. Dengan begitu, tahap pembelajaran akan berjalan lebih gampang.

4. Mengasah kemampuan dengan persaingan

Motivasi belajar dengan persaingan
Source: Charlotte Mau/pexels

Persaingan atau kompetisi yang terjadi dalam sesi pembelajaran, ternyata dapat menumbuhkan motivasi dalam belajar. Dengan adanya kompetisi, setiap siswa akan termotivasi untuk membuktikan diri jadi yang terbaik. Agar bisa menjadi yang terbaik, tentu harus belajar dengan maksimal, bukan?

5. Lakukan evaluasi berkala

Motivasi belajar
Source: Charlotte Mau/pexels

Evaluasi menjadi salah satu cara agar bisa mengukur kompetensi diri setelah mempelajari sesuatu. Dengan begitu, baru bisa diketahui apakah metode pembelajaran yang digunakan sudah tepat atau belum. Jika hasil yang diperoleh menunjukkan hasil yang bagus, dapat disimpulkan jika motivasi belajar yang dimiliki cukup besar.

6. Mendapatkan motivasi langsung

Motivasi belajar
Source: Daria Shevtsova/pexels

Cara yang lain untuk meningkatkan motivasi belajar adalah dengan mendapatkan motivasi secara langsung. Misalnya dengan membaca kisah-kisah inspiratif dari orang-orang sukses. Bagaimana, perjalanan hidup mereka hingga menjadi orang sukses bisa memberikan motivasi tersendiri untuk belajar.

7. Puji diri sendiri

Source: Andrea Piacquadio/pexels

Pujian juga bisa menjadi motivasi bagi orang  lain untuk bisa menjadi lebih  baik lagi. Kata-kata yang berisi pujian bukan sekedar kata-kata tapi bisa memberikan vibe positif secara verbal. Dengan pujian, kita akan lebih menghargai diri sendiri atas upaya yang dilakukan dalam belajar. Sehingga kita termotivasi untuk belajar lebih giat lagi di masa mendatang. 

Jadi jangan pelit untuk memberikan pujian untuk diri sendiri. Pujian juga bisa diganti dengan reward atau hadiah untuk memberi apresiasi dari hasil yang sudah didapatkan. Misalnya dengan memanjakan diri nonton film terbaru, makan di resto favorit dan lain sebagainya.

Nah, itulah tujuh cara mudah meningkatkan motivasi belajar yang mungkin sedikit menurun. Siapa sih yang tak pernah mengalami naik-turun motivasi dalam hidupnya? Tapi jauh lebih penting untuk tetap bisa bangkit lagi dan melakukan yang lebih baik. 

Temukan ragam informasi menarik dan inspiratif lainnya bareng VELO! Produk kantong nikotin bebas tembakau yang praktis dan mudah digunakan. Tersedia dalam kemasan sachet dan kaleng, VELO bisa dibawa kemana-mana. Produk ini hanya direkomendasikan untuk pengguna produk nikotin dewasa diatas 18 tahun, bukan wanita hamil atau ibu menyusui.

Related Articles

Leave a Reply