7 Cara Menjaga Perasaan Orang Lain Tanpa Merugikan Diri Sendiri

Ingin selalu menjaga perasaan orang lain adalah kebaikan yang sangat luar biasa. Namun menjadi terlalu baik akan membuatmu cenderung mengabaikan kepentingan dan kebahagiaan dirimu sendiri. Akhirnya, justru tidak ada yang mempedulikan kebahagiaanmu.

Bagaimana kamu tetap bisa menjaga perasaan orang lain tanpa menyebabkan dirimu sendiri merugi? Simak tips-nya berikut ini.

1. Beri batasan yang jelas pada dirimu

Jangan berlebihan dalam berbuat baik pada orang lain. Hal tersebut akan membuatmu mengabaikan kebutuhanmu sendiri. Lama kelamaan kamu pun bisa kehilangan identitas dirimu sendiri. Tegaskan pada dirimu bahwa kamu tidak akan mengorbankan diri sendiri demi orang lain. Ingat bahwa kamu masih seorang individu yang juga punya banyak kebutuhan.

2. Luangkan waktu untuk membahagiakan diri

Percaya atau tidak, saat kamu berusaha keras menjaga orang lain, ini bisa membuat dirimu stress. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membahagiakan dirimu sendiri. Luangkan waktu untuk mengejar kebahagiaan dirimu sendiri.

Misalnya dengan menonton tayangan favorit atau mendengarkan musik. Sesekali matikan handphone-mu untuk memastikan tidak ada seorang pun yang bisa menghubungimu.

3. Jangan ragu untuk meminta bantuan

Ketika kamu selalu berusaha menjaga perasaan seseorang, kadang kamu tidak sadar bahwa dirimu sendiri membutuhkan bantuan. Ini karena kamu terbiasa berperan sebagai seseorang yang bisa diandalkan.

Jangan ragu untuk meminta bantuan pada siapapun. Bisa sahabat, orang tua, anggota keluarga, atau siapa saja. Meminta bantuan orang lain bukan berarti kamu adalah orang yang lemah.

4. Tetapkan batasan emosional

Menjaga perasaan orang lain artinya kamu berusaha agar mereka tidak tersinggung. Kamu akan mendengarkan mereka dengan baik dan tidak jarang kamu pun ikut terbawa perasaan. Saat mereka bersedih, kamu pun turut merasakan kesedihan tersebut

Tetapkan batasan emosional agar apa yang dirasakan orang lain tidak mempengaruhi dirimu juga. Kamu boleh merasa simpati pada mereka, namun tidak perlu ikut larut dalam kesedihannya.

5. Lebih sering untuk mengatakan “tidak”

Berkata “tidak” dan menolak orang lain adalah salah satu cara untuk menjaga dirimu sendiri. Karena kamu punya kepedulian tinggi, kamu akan merasa tidak nyaman berkata tidak. Padahal inilah caramu membatasi dirimu sendiri.

Kamu tidak harus mengiyakan dan menuruti apapun perkataan orang lain hanya karena ingin menyenangkan mereka. Bahkan ada saat dimana kamu harus menolak orang yang kamu sayangi.

6. Pahami apa yang bisa dan tidak bisa kamu kendalikan

Di dunia ini, ada hal-hal yang bisa kamu kendalikan dan tidak bisa kamu kendalikan. Fokuslah pada segala hal yang bisa kamu kendalikan seperti tindakan dan perasaanmu. Jangan terlalu mempedulikan apa yang dirasakan dan dikatakan oleh orang lain, karena kamu tidak akan pernah bisa mengubahnya.

7. Kenali tanda-tanda saat dirimu mulai lelah

Di saat kamu menjaga orang lain agar tetap senang, lambat laun dirimu pun akan merasa lelah. Kenali tanda-tanda yang dikirimkan tubuhmu. Misalnya saat kamu sering merasa pusing, sering berpikir negatif, hingga sering merasa sedih dan cemas. Saat semua itu muncul, maka itulah saat kamu harus berhenti.

Menjaga perasaan orang lain itu penting, namun yang tidak kalah penting adalah kebahagiaan dirimu sendiri. Terkadang hal-hal kecil saja bisa membuatmu merasa bahagia.

Di sela-sela waktumu, VELO memungkinkan kamu untuk selalu bisa merasakan sensasi nikotin kapan saja dan di mana saja karena produk ini tidak menimbulkan asap seperti rokok konvensional. VELO hanya diperuntukkan bagi pengguna produk nikotin yang sudah berusia 18 tahun ke atas, bukan perempuan hamil atau menyusui.

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply