7 Cara Memilih Tenda Gunung Sesuai Kebutuhan

Jika kamu suka beraktivitas di alam terbuka, punya tenda gunung adalah wajib hukumnya, meski namanya adalah tenda gunung, tenda ini bisa digunakan untuk berkemah di pantai atau daerah lainnya lho.

Supaya tidak salah pilih, yuk simak dulu cara memilih tenda gunung yang sesuai dengan kebutuhan.

1. Bahan tahan air dan udara

Hal pertama yang harus dicek adalah jenis bahan pembuat tenda. Kamu harus memastikan kalau tenda bisa menahan air dan udara dengan baik. Ini sangat penting saat kamu berada di alam bebas lho. Bahan terbaik yang dikenal memiliki kemampuan menahan air dan udara adalah nilon.

2. Sesuaikan ukuran tenda

Tenda gunung hadir dalam berbagai macam ukuran. Mulai dari tenda untuk 2 orang, 4 orang, hingga 8 orang. Bawa tenda yang ukurannya sesuai dengan jumlah peserta kemah. Tenda yang terlalu kecil akan terasa tidak nyaman untuk beristirahat, namun tenda yang ukurannya terlalu besar juga kurang praktis dan bisa-bisa sulit dipasang dengan sedikitnya jumlah orang yang ada.

3. Cek ketersediaan flysheet

Apa sih flysheet itu? Flysheet adalah lapisan penutup tambahan di luar tenda yang bisa memberikan perlindungan lebih terhadap cuaca. Di malam hari, flysheet membantu tenda terasa lebih hangat dan nyaman. Flysheet yang bagus adalah yang menutup hampir seluruh permukaan tenda. Jika flysheet hanya menutup sebagian tenda saja, maka akan lebih mudah terbang jika tiupan angin sedang kencang-kencangnya.

4. Seal pada jahitan

Kualitas jahitan adalah aspek penting saat memilih tenda gunung. Selain jahitannya harus rapi, bagus, dan rapat, sebaiknya jahitan juga dilengkapi seal tape untuk mencegah masuknya air hujan lewat lubang jahitan.

Seal tape juga berfungsi mencegah angin dingin masuk ke dalam tenda. Nah, jika kamu tetap merasa kedinginan di malam hari, cegah keinginan untuk merokok agar tidak mencemari alam ya. Sebagai gantinya, kamu bisa menikmati VELO, kantong nikotin tanpa asap yang bisa memberikan sensasi kehangatan. Cara penggunaannya sangat praktis, tinggal selipkan saja satu kantong kecil VELO di antara sela gusi dan mulut bagian atas. Sensasinya mampu bertahan selama 15-20 menit lho!

5. Pilih tenda dengan model lantai bathtub

Mungkin terasa aneh didengar ya, tenda yang lantainya model bathtub? Yang dimaksud dengan model bathtub di sini adalah lantai tenda menyentuh tanah, tapi keempat ujungnya terangkat beberapa sentimeter dari tanah. Bentuknya pun mirip dengan kantong, sehingga disebut bathtub. Tujuannya agar air tidak bisa masuk dari bawah tenda dan mencegah masuknya serangga dan hewan lain yang hidup di dalam tanah.

6. Berat tenda saat dilipat juga penting

Berat tenda saat dilipat jadi hal selanjutnya yang harus diperhatikan. Jangan sampai kamu membeli tenda yang terlalu berat dan akhirnya menyulitkan kamu sendiri saat membawanya. Banyak lho tenda gunung yang ringan namun terbuat dari bahan yang kuat. Ketika akan membeli tenda, coba angkat tenda ke punggung agar kamu bisa memperhitungkan bebannya jika nanti ditambah dengan tas ransel atau tas carrier.

7. Utamakan warna cerah

Memilih warna tenda ternyata juga sangat penting lho. Jangan memilih warna-warna gelap yang menyatu dengan alam, kecuali kamu memang sedang ingin berinteraksi dengan hewan liar atau melakukan penelitian alam. Utamakan untuk memilih tenda dengan warna cerah seperti kuning, oranye, hijau, atau merah agar mudah ditemukan oleh pendaki lain.

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply