7 Alat Podcast yang Wajib Dimiliki Pemula

Melihat popularitas podcast yang meroket di Indonesia, banyak podcaster baru yang menawarkan banyak topik menarik. Siapa saja bisa membuat podcast, termasuk kamu. Namun, tentunya kamu membutuhkan alat podcast yang mumpuni agar bisa menghasilkan siaran berkualitas untuk para penggemar.

Apa saja alat yang harus dipersiapkan jika kamu ingin menjadi podcaster? Temukan jawabannya di artikel berikut ini!

1. Mikrofon

Fungsi utama mikrofon jelas untuk merekam semua suara dalam podcast. Tetapi setiap mikrofon akan menghasilkan suara yang berbeda, tergantung kualitasnya. Semakin baik kualitas mikrofon yang kamu pakai, maka semakin jernih pula suara yang dihasilkan.

Ada 2 jenis mikrofon yang bisa digunakan, yaitu mikrofon USB yang bisa dihubungkan langsung ke komputer dan mikrofon analog yang harus dihubungkan ke konektor XLR untuk dikonversi.

Dilihat dari segi harga, mikrofon USB lebih murah dibandingkan dengan mikrofon analog. Namun kualitas suara yang dihasilkan jauh lebih baik.

2. XLR Portable Recorder

Alat ini sangat penting jika kamu memutuskan untuk menggunakan mikrofon analog. XLR portable recorder bekerja mengkonversi audio analog menjadi digital. Tidak hanya itu, alat ini juga bisa menangkap suara dari beberapa mikrofon sekaligus, jadi cocok untuk podcast yang dibawakan oleh lebih dari 1 penyiar.

Semua suara yang masuk akan tersimpan secara otomatis dalam kartu memori yang bisa dimasukkan ke dalam slot memory card di komputer untuk proses pengeditan.

3. Audio Interface

Jika kamu merasa penggunaan XLR recorder cukup ribet karena harus memindah-mindahkan file rekaman, kamu bisa pakai Audio Interface. Sama seperti XLR, alat ini bisa menangkap suara dari beberapa mikrofon analog secara bersamaan, namun langsung terrhubung dengan komputer. Kamu tidak perlu memindahkan file dari kartu memori.

4. Pop Filter

Sebenarnya, tidak punya alat ini pun tidak masalah. Namun karena harganya relatif murah dan bisa membantu menyaring suara agar lebih jernih, kenapa tidak? Alat ini mencegah masuknya suara-suara yang mengganggu saat kamu sedang berbicara.

5. Headphone

Sebelum kamu mengunggah podcast untuk publik, kamu harus mendengarkan hasilnya terlebih dahulu. Gunakan headphone untuk mendengarkannya. Headphone juga sangat membantu ketika kamu siaran dengan beberapa orang atau mengundang tamu untuk hadir dan berbicara di saluran podcast milikmu.

Namun sebisa mungkin jangan gunakan headphone yang dilengkapi dengan mikrofon, karena biasanya kualitas yang dihasilkan tidak terlalu baik.

6. Komputer

Dalam podcast, fungsi utama komputer atau laptop adalah untuk mengedit rekaman. Tidak seperti mengedit video atau gambar, mengedit rekaman tidak membutuhkan spesifikasi yang terlalu tinggi. Yang terpenting komputer mampu mendukung kinerja aplikasi editing podcast.

7. Digital Audio Workstation

Digital Audio Workstation (DAW) adalah aplikasi yang kamu butuhkan untuk mengedit podcast agar hasilnya lebih sempurna. Tentu saja aplikasi ini tidak gratis. Kamu harus membayar biaya berlanggan setiap tahunnya.

Reason atau Pro Tools yang merupakan DAW profesional membanderol harga mulai 300 USD untuk subskripsi.

Itu dia berbagai macam alat podcast yang wajib dimiliki oleh pemula. Saat kamu sedang merekam podcast, tentunya kamu tidak bisa melakukan aktivitas seperti merokok yang jelas dapat mengganggu penggemar.

Namun jika kamu membutuhkan asupan nikotin untuk tetap fokus dan bersemangat, ada VELO yang siap menggantikannya. VELO sebagai kantong nikotin pertama di Indonesia menawarkan inovasi mengkonsumsi nikotin tanpa asap, kapan saja dan dimana saja, bahkan di tengah-tengah kesibukanmu yang padat!

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply