7 Alat Musik Petik Selain Gitar yang Memiliki Ciri Khas Unik

Alat musik petik adalah instrumen musik yang memiliki senar atau dawai dan dipetik menggunakan jari untuk menghasilkan bunyi. Selain gitar, masih ada banyak sekali alat musik petik entah itu instrumen tradisional atau modern.

Semua jenis alat musik petik menggunakan senar atau dawai untuk menghasilkan bunyi. Perbedaan panjang atau pendeknya dawai pada alat musik inilah yang berpengaruh terhadap tinggi rendahnya nada yang dihasilkan.

Sedangkan pengertian alat musik petik adalah suatu alat musik yang dapat mengeluarkan bunyi atau suara ketika digetarkan atau dipetik pada bagian senar atau dawainya. Berikut 7 alat musik selain gitar:

1. Sasando

Alat Musik Petik Selain Gitar
Image source: Harmoni.or.id

Sasando adalah salah satu jenis alat musik petik tradisional asli Indonesia yang berasal dari daerah Nusa Tenggara Timur, yaitu pulau Rote. Menurut sejarah, sasando sudah dimainkan oleh masyarakat pulau Rote sejak abad ke-7 Masehi.

Alat musik Sasando ini terbuat dari bambu yang dibentuk melengkung panjang. Terdapat dua tipe sasando yaitu jenis dobel dan engkel. Hingga saat ini sudah ada sasando dalam bentuk elektrik.

2. Kecapi

Image source: Wikimedia Commons

Alat musik kecapi adalah salah satu jenis alat musik petik yang pertama kali ditemukan di daerah Sunda Jawa Barat. Kecapi memiliki jumlah dawai yang bermacam, mulai dari 15-20 dawai sesuai dengan ukuran dan jenis kecapi. 

Berdasar bentuk kecapi, terdapat dua jenis kecapi yaitu Parahu dan Siter. Kedua jenis kecapi tersebut menggunakan dawai yang diikat pada bagian kanan kotak untuk mengontrol nada lagu.

Sedangkan berdasarkan fungsinya, terdapat dua jenis kecapi yaitu Indung dan Rincik. Jenis kecapi Rincik memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding dengan jenis Indung.

3. Sampek

Image source: Rajinlah.id

Alat musik sampek merupakan salah satu alat musik yang berasal dari suku Dayak yang dimainkan dengan cara dipetik.

Sampek terbuat dari bahan kayu kapur dan ulin. Senar sampek awalnya terbuat dari pohon enau. Namun, sekarang senar sampek terbuat dari kawat kecil. Terdapat 3 hingga 6 senar pada setiap sampek.

Sampek digunakan oleh suku Dayak untuk mengiringi prosesi acara adat dan mengiringi acara tarian tradisional.

4. Banjo

alat musik petik selain gitar
Image source: acclaim-music.com

Alat musik banjo merupakan jenis alat musik petik yang berasal dari Amerika. Munculnya alat musik banjo di Amerika terjadi ketika masa-masa perbudakan kulit hitam di sana. 

Sebagian budak kulit hitam membuat suatu instrumen dan kemudian mengembangkannya menjadi sebuah alat musik dengan bunyi yang khas.

Banjo sering digunakan pada pertunjukan musik seperti bluegrass, folk, country, dan irish tradisional.

5. Harpa

alat musik petik selain gitar
Image source: ANTARA Foto

Alat musik harpa termasuk ke dalam alat musik petik tertua di dunia. Terdapat tiga bagian dalam harpa yaitu meliputi sound board, neck, dan string. Jumlah dawai dalam harpa bervariasi sebanyak 22 hingga 47 buah. Berdasarkan catatan sejarah, pada tahun 1500 SM dawai harpa dibuat dari rambut atau serat tanaman yang dikaitkan pada kedua sisinya.

6. Sitar

alat musik petik selain gitar
Image source: Sunreed.com

Jenis alat musik petik yang satu ini memang kurang terkenal di Indonesia. Namun, saat ini juga banyak yang memainkannya. Alat musik petik yang satu ini berasal dari Asia selatan.

Karena berasal dari daerah Asia Selatan, alat musik ini paling sering digunakan untuk mengiringi pertunjukan tarian India dan juga dikolaborasikan dengan menggunakan instrumen dari musik klasik Hindustan.

Dalam alat musik petik ini, menggunakan dawa yang berjumlah 7 buah. Dawai Sitar, terdiri dari dua jenis yaitu dawai simpatetik dan dawai biasa. Nah, untuk menghasilkan nada yang unik, alat musik ini terdapat  ruang resonansi ground.

7. Gambus

alat musik petik selain gitar
Image source: Dosenpendidikan.com

Alat musik gambus merupakan jenis alat musik petik selain gitar yang berasal dari wilayah Timur Tengah. Pada masa persebaran Islam yang dibawa bangsa Timur Tengah, gambus menyebar sampai ke seluruh masyarakat Melayu.

Bentuk dari gambus menyerupai gitar, tetapi gambus mempunyai bentuk yang menyerupai labu dibagi dua. Berdasarkan fungsinya, gambus sering digunakan sebagai pengiring tarian zapin dan pengiring musik islami.

Alat musik petik selain gitar tersebut memiliki karakteristik suara yang unik, jika kamu ingin mempelajarinya, kamu bisa mengikuti berbagai tutorial yang sudah tersedia banyak di internet.

Ikuti terus update informasi dan tips menarik lainnya bersama VELO, kantong nikotin bebas tembakau pertama di Indonesia yang praktis dan simple!

VELO tersedia dalam aneka varian rasa unik seperti Berry Frost, Tropical Mix, Polar Mint, dan Ruby Berry. Kantong nikotin ini ditujukan bagi pengguna nikotin berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang hamil atau menyusui.

VELO akan menemani keseruan aktivitasmu kapan saja dan dimana saja tanpa khawatir mengganggu kenyamanan orang di sekitar, karena kantong nikotin ini sepenuhnya bebas asap!

Hengky
For the last few years, Hengky living as a digital nomad and currently settled in Denpasar. As a writer, he is interested in a certain topic such as pseudoscience, culture, art, and lifestyle.

Related Articles

Leave a Reply