6 Peralatan Survival Militer Dasar yang Paling Dibutuhkan

Kondisi survival atau keharusan untuk bertahan hidup hingga menemukan bantuan selalu berbeda-beda tergantung keadaan dan kondisi lingkungan yang dihadapi. Namun, ada beberapa peralatan survival militer paling mendasar yang akan sangat berguna untuk menghadapi segala macam kondisi.

Jika kamu senang melakukan aktivitas mountaineering atau bushcraft, peralatan ini sebaiknya jangan sampai absen dari kelengkapan survival kit yang kamu punya. Berikut 5 peralatan survival militer dasar yang paling berguna dalam berbagai kondisi:

1. Pisau Survival

peralatan survival militer
Source: Flickr

Pisau survival didesain secara khusus untuk membantu kita menyelesaikan berbagai macam pekerjaan. Mulai dari memotong tali, mengumpulkan kayu bakar, meraut kayu, memasak, hingga alat pertahanan diri. Namun, pisau survival standar militer dirancang lebih tactical agar bisa melakukan lebih dari itu.

Pilihan terbaiknya adalah Swiss Army Knife, pisau multifungsi berukuran compact yang sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur. Tidak hanya sekedar pisau biasa yang bisa dilipat dengan mudah, Swiss Army Knife sudah dilengkapi dengan gunting, obeng kecil, jam, bilah bergerigi, kaca pembesar, serta pembuka botol.

2. Fire Starter

peralatan survival militer
Source: Clever Wander

Fire starter dapat menyalakan api melalui percikan api yang mengenai serutan logam yang ditaburkan di atas kayu atau kertas. Cara menggunakannya pun cukup sederhana. Kita hanya memerlukan batang logam (rod) untuk dikikis, kemudian memercikkan bunga api dari striker.

Meskipun korek api atau lighter lebih mudah untuk digunakan, benda ini akan kehilangan fungsinya dalam kondisi basah. Beda dengan fire starter yang selalu bisa diandalkan walaupun sempat terbenam air. Peralatan survival militer ini sangat direkomendasikan untuk dibawa kemanapun dan kapanpun.

3. Emergency Blanket

peralatan survival militer
Source: Pet Pro Supply Co.

Tersesat di pegunungan atau hutan yang dingin dengan pakaian yang basah membuat kamu berhadapan dengan risiko hipotermia. Hipotermia merupakan penyebab paling umum pada survivor yang meninggal saat tersesat.

Selimut Termal atau dikenal juga dengan Emergency Blanket adalah salah satu alat yang direkomendasikan untuk kamu bawa dalam perjalanan. Emergency blanket akan menginsulasi suhu tubuh agar panasnya tidak keluar dari selimut ketika digunakan, sehingga mampu menjaga tubuh tetap hangat dan mencegah hipotermia.

Insiden yang mengakibatkan kematian di gunung tak jarang terkait dengan hipotermia. Maka dari itu, peralatan selimut termal atau emergency blanket ini sangat penting untuk kamu miliki dan pastikan kamu bawa bersama kamu. Saat ini, keberadaannya mudah ditemukan dan bisa dibeli online.

4. Sedotan Filter Air

Source: Lazada

Air adalah kebutuhan utama yang manusia tidak bisa hidup tanpa minum air lebih dari 3 hari. Maka mencari sumber air ketika tersesat merupakan suatu hal yang wajib dilakukan agar tidak mengalami dehidrasi.

Seringkali sumber air terdekat yang ditemukan tidak ideal untuk diminum langsung. Karena itu peralatan filter air yang praktis dan ringan sangat dibutuhkan. Dengan sedotan filter air, kamu bahkan bisa meminum air yang terdapat pada lumpur atau kubangan. Itulah sebabnya alat ini menjadi salah satu peralatan survival militer yang paling dibutuhkan.

5. Ransum Tinggi Kalori

Source: IDN Times

Sebagai antisipasi keadaan darurat, ada baiknya kamu juga menyiapkan cadangan makanan khusus untuk survival atau sering dikenal dengan istilah ransum tinggi kalori.

Ransum memiliki bobot yang ringan, tahan lama dalam penyimpanan, dan yang terutama memiliki kalori tinggi untuk memberikan energi cukup ketika harus survival. Satu keping biskuit ransum bisa memberimu tenaga hingga 6-8 jam!

6. P3K

Source: Warrior Publications – WordPress.com

Perlengkapan P3K sebenarnya merupakan peralatan wajib dan standar untuk traveling jenis apa pun. Namun perlengkapan ini kerap sekali terlupa untuk dibawa, bahkan tidak sedikit orang yang enggan untuk membawa perlengkapan P3K. Padahal pada saat kondisi darurat, yang pertama kali dibutuhkan adalah peralatan P3K.

Demikianlah 6 peralatan survival militer yang paling berguna dalam berbagai kondisi. Simak juga info menarik lainnya dalam update artikel selanjutnya bersama VELO!

Tidak ada salahnya kamu mencoba inovasi baru dengan menggunakan VELO, produk nikotin bagi kamu yang merupakan pengguna produk nikotin yang sudah berusia 18 tahun atau lebih, bukan perempuan hamil atau menyusui, sebagai alternatif dan cara praktis dalam merasakan sensasi nikotin! Sisipkan satu kantong nikotin di sela gusi dan mulut bagian atas, lalu rasakan sensasi kenikmatannya selama 20 sampai 30 menit.

Tanpa asap dan tanpa bau, sehingga tidak akan mengganggu kenyamanan orang di sekitar. VELO juga tersedia dalam berbagai macam rasa pilihan yang layak dicoba!

Hengky
For the last few years, Hengky living as a digital nomad and currently settled in Denpasar. As a writer, he is interested in a certain topic such as pseudoscience, culture, art, and lifestyle.

Related Articles

Leave a Reply