6 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mendapat Penghasilan Tambahan

Meskipun sudah memiliki penghasilan tetap, setiap orang, di manapun ia tinggal, pasti ingin memiliki penghasilan tambahan. Hal ini dikarenakan tingginya biaya hidup dan banyaknya kebutuhan hidup yang harus dipenuhi, apalagi bagi mereka yang sudah memiliki rumah tangga sendiri.

Karena ada pekerjaan tetap, terkadang melakukan kerja paruh waktu (part-time job) di bawah perusahaan atau bisnis orang lain adalah hal yang cukup sulit dilakukan. Karena meskipun paruh waktu, perusahaan yang mempekerjakan kamu pasti tetap menuntutmu untuk mendedikasinya beberapa jam waktumu untuk ke kantor. Oleh karena itu, banyak orang yang berpikiran untuk mencari cara lain selain kerja paruh waktu untuk mendapatkan penghasilan tambahan

Sebenarnya sekarang ini kesempatan untuk memiliki penghasilan tambahan sudah sangat terbuka lebar. Yang kamu butuhkan adalah skill dan koneksi internet yang bagus.

Bahkan banyak pekerjaan-pekerjaan yang menghasilkan pundi-pundi  uang yang dapat dilakukan dengan mudah, bahkan hanya dengan rebahan saja. 

Jadi apa saja sih kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan? Yuk, simak artikel berikut ini!

Menjadi pekerja lepas dengan menawarkan skill

Bekerja lepas atau freelancing tentu saja berbeda dengan bekerja paruh waktu. Jika kamu bekerja paruh waktu, kamu masih harus mengikuti aturan-aturan berupa jumlah jam kerja harian, mingguan, atau bulanan, yang disediakan oleh kantor. Jika kebetulan kamu adalah pekerja full-timer di kantor lain, bekerja paruh waktu akan sulit bagimu.

Sebagai gantinya, kamu bisa bekerja freelance. Dengan menjadi freelancer untuk mendapatkan penghasilan tambahan, kamu tidak perlu mengikuti jam kantor. Tugasmu hanya mengerjakan pekerjaan yang diberikan dan menyelesaikannya sebelum deadline yang telah disepakati.

Jika kamu memiliki kemampuan menulis, kamu bisa menawarkan diri untuk bekerja secara freelance sebagai penulis konten untuk website atau blog orang lain, membuat konten media sosial, membuat copywriting untuk berbagai online shop atau perusahaan lain. Jika kamu mahir dalam desain grafis, fotografi, menulis lagu, kamu pun dapat menawarkan jasamu tersebut kepada pihak-pihak yang membutuhkannya. 

Bagaimana? Kamu tertarik menjadi seorang freelancer?

Membuka online shop

Di masa-masa pandemi seperti saat ini, banyak orang memutuskan untuk melakukan belanja online. Tingginya permintaan terhadap berbagai barang online membuat orang-orang mulai membangun toko online untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Dengan membuka bisnis toko online, kamu bisa mendapatkan pundi-pundi Rupiah sambil tetap mengerjakan pekerjaan kantormu. Hal ini dikarenakan berjualan online dapat dilakukan melalui HP dan internet, tanpa harus buka lapak di tempat-tempat tertentu.

Coba perhatikan produk apa yang populer dan memiliki permintaan yang tinggi di pasar. Misalnya baju, putuskanlah baju seperti apa yang ingin kamu jual. Jangan lupa lakukan promosi di media sosial.

Membuka kursus online

Selama pandemi, sebagian besar pelajar dan mahasiswa melakukan aktivitas belajar di rumah. Jika sebelumnya mereka mengikuti beberapa kursus di luar sekolah, mereka memutuskan untuk berhenti demi keamanan diri sendiri.

Hal ini tentu sangat bisa kamu manfaatkan. Buatlah website-mu sendiri. Buat jadwal-jadwal kursus yang tersedia dan bisa dilayani. 

Nantinya orang-orang akan mendaftar melalui website tersebut dan menyesuaikan dengan jadwal yang tersedia. Tentunya kamu pun bisa mengatur sendiri jadwal kosongmu.

Kursus online yang kamu tawarkan pun bisa bermacam-macam, tergantung keahlian yang kamu miliki. Kamu bisa membuka kursus bahasa asing, kursus mata pelajaran sekolah, kursus vokal, kursus merajut, dan sebagainya.

Menjual footage foto atau video

Kamu hobi fotografi atau videografi dan punya banyak koleksi footage foto dan video yang keren? Nah, boleh banget tuh dimanfaatin untuk mendapat penghasilan tambahan.

Carilah berbagai situs di internet yang memungkinkanmu untuk dapat menjual stok footage foto dan video yang kamu miliki. Nantinya ketika ada orang yang ingin menggunakan foto atau videomu, ia diwajibkan untuk membayar terlebih dahulu.

Menjual berbagai produk kerajinan tangan

Saat kamu memiliki waktu luang di luar jam kerja, apa yang kamu lakukan? Merajut? Menjahit? Atau membuat kerajinan tangan lainnya?

Jika iya, kemana semua kerajinan tangan tersebut kamu buat? Disimpan di rumah sampa berdebu?

Nah, daripada seperti itu, lebih baik kamu manfaatkan hobi membuat kerajinan tangan ini untuk menghasilkan penghasilan tambahan.

Juallah hasil kerajinan tanganmu di berbagai e-commerce dan media sosial. Sekarang kamu bisa melakukan hobimu dan mendapatkan penghasilan tambahan sekaligus. Gimana? Kamu tertarik dengan cara yang satu ini?

Investasi di bidang properti

Jika kamu baca judulnya, hal ini mungkin terlihat sangat berat. Tapi jika kamu sudah punya tabungan yang cukup, kenapa tidak?

Kamu bisa beli rumah di area kampus atau perkantoran, lalu sewakan rumah tersebut kepada orang lain atau jadikan kos-kosan. Jika kamu sudah punya rumah untuk disewakan, kamu pun bisa mendapatkan penghasilan tambahan tanpa effort yang tinggi.

Atau pilihan lain, jika kebetulan kamu sudah punya rumah dan di rumah tersebut ada kamar kosong, tidak ada salahnya menyewakan kamar tersebut demi penghasilan tambahan, lho! Bagaimana menurutmu?

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Lumayan banget kan untuk menambah tabungan dan uang saku.

Sambil memilih-milih cara mana yang akan kamu gunakan untuk mendapat penghasilan tambahan, nikmatin VELO yuk!

VELO adalah produk kantong nikotin pertama di Indonesia yang dikhususkan untuk kamu yang berusia 18 tahun ke atas. Soal rasa, kamu tidak perlu ragu, karena VELO terdiri dari varian rasa yang bisa pilih di website-nya langsung! 

Related Articles

Leave a Reply