6 Cara Menjadi Barista Buat Kamu yang Tertarik Kerja di Coffee Shop

Karir menjadi barista sangat menarik, terutama bagi anak-anak muda masa kini. Pekerjaan utama barista memang berada di belakang bar untuk menyajikan minuman yang dipesan pelanggan. Siapa saja bisa menjadi barista, namun perjalanan yang harus ditempuh cukup panjang.

Bagaimana cara menjadi barista yang bekerja di coffee shop?

1. Cari tahu serba serbi tentang kopi

Pengetahuan dasar tentang kopi adalah hal yang paling penting sebelum kamu memutuskan menjalani kursus sebagai barista. Cari tahu dan pelajari segala sesuatu tentang kopi. Termasuk jenis kopi, pemrosesan biji kopi, hingga nama-nama minuman kopi.

Kamu juga harus memahami karakteristik biji kopi, tingkat roasting yang pas untuk sajian tertentu, hingga bagaimana cara menyimpan biji kopi yang benar untuk menjaga citarasanya tetap asli.

2. Kenali alat-alat pembuat kopi

Ada banyak alat yang digunakan barista untuk membuat kopi, mulai dari alat manual hingga mesin canggih yang sudah otomatis. Masing-masing barista punya alat favorit masing-masing yang lebih mereka sukai untuk menyajikan kopi. Kamu harus memahami jenis-jenis alat ini, bagaimana cara menggunakannya, dan bagaimana cara pembersihannya. 

Meski kamu belum bisa menggunakannya secara langsung, hal ini akan sangat membantumu jika suatu saat nanti kamu memutuskan untuk mengikuti sekolah barista profesional. 

3. Menonton tutorial video

Kecanggihan teknologi memudahkan kamu dalam berbagai hal, termasuk saat ingin mempelajari sesuatu. Mau belajar skill dasar menjadi barista? Tinggal cari saja video tutorialnya. Di sana kamu bisa menemukan apapun yang ingin kamu cari.

Mulai dari bagaimana cara menyeduh kopi yang benar, bagaimana menggunakan alat-alat pembuat kopi, serta bagaimana cara membersihkan alat tersebut. Cari sebanyak mungkin video tentang kopi di YouTube dan kalau bisa, pelajari juga beberapa yang bisa kamu lakukan tanpa perlu alat-alat yang canggih.

4. Latihan membuat kopi dan latte art sendiri

Jadi, kamu sudah cukup menonton video tutorial? Coba praktekkan yang paling sederhana dulu dengan membuat kopi dan latte art sendiri. Ada kok yang bisa kamu bikin secara manual. Meskipun hanya sekedar coba-coba, ini bisa jadi ukuran untuk kemampuanmu. Setelah itu, berikan kopi yang sudah kamu buat untuk orang terdekatmu dan minta komentar mereka ya!

5. Mengikuti pelatihan menjadi barista

Ini dia “jalan ninja” untuk menjadi barista profesional. Tentu saja kamu harus mengikuti pelatihan barista dan mendapatkan sertifikat. Inilah yang nanti bisa kamu gunakan untuk melamar pekerjaan di coffee shop. Ada banyak pelatihan yang bisa kamu ikuti, mulai dari pelatihan lokal hingga internasional. Semua itu bisa disesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Tidak jarang ada yang sampai ke luar negeri hanya untuk mengikuti pelatihan menjadi barista lho!

Mana saja yang kamu pilih, kamu harus menjalaninya dengan sepenuh hati agar tidak menjadi sia-sia nantinya ya!

6. Magang di coffee shop

Jika kamu masih belum percaya diri untuk menjadi barista profesional, kamu bisa mulai dengan magang dulu. Dari situ kamu bisa belajar bagaimana cara menjadi barista handal dan menghadapi pelanggan.

Salah satu aturan tidak tertulis yang harus ditaati barista adalah tidak merokok di dalam coffee shop. Oleh karena itu, saat kamu merasa kehilangan fokus dan kurang bersemangat karena belum mengkonsumsi nikotin, kini ada VELO yang bisa jadi andalanmu.

VELO adalah kantong nikotin tanpa asap yang bisa kamu nikmati kapan saja dan dimana saja, termasuk saat sedang bekerja! VELO sebagai produk kantong nikotin pertama di Indonesia yang ditujukan untuk kamu yang sudah 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui, menawarkan cara baru menikmati nikotin yang lebih praktis, kapan saja dan di mana saja. Tidak menimbulkan asap sehingga kamu tidak perlu khawatir akan mengganggu kenyamanan orang di sekitar. Bahkan di sela-sela aktivitasmu yang padat, kamu tetap bisa bebas menikmati kantong nikotin ini.

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply