5 Usaha Kreatif yang Lagi Trend di Masa Kini

Saat ini banyak usaha kreatif yang bermacam-macam, apalagi dengan kemajuan teknologi sekarang yang memudahkan para pengusaha muda dalam mengembangkan usaha kreatifnya. Menjalani usaha ini tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, justru keuntungan bisa di dapatkan juga lumayan besar. Namun, sebelum membahas lebih lanjut, mari mengenal tentang analisis peluang usaha kreatif yang cocok bagi anak muda seperti kamu. Berikut adalah beberapa jenis usaha kreatif yang bisa kamu pilih : 

1.      Membuat Kerajinan Tangan 

Ide usaha kreatif yang pertama adalah membuat kerajinan tangan sederhana. Usaha ini sangat cocok bagi anak muda yang detail dan telaten. Keuntungan yang didapatkan juga cukup lumayan, pasalnya harga per kerajinan tangan sangat mahal. Apalagi jika kamu sangat kreatif dalam memilih desain yang cantik, artistik, dan mewah. 

2.      Jual Produk Secara Online 

Nah, usaha kreatif yang kedua adalah di bidang online shop. Seperti yang kita ketahui, bahwa saat ini semua bisa dilakukan secara online, tak terkecuali berbelanja. Modal yang dibutuhkan dalam menjalankan online shop juga tidak terlalu banyak. Kamu bisa menghemat dengan bekerja dari rumah dan tidak mendirikan toko atau kios yang membutuhkan biaya lebih. 

3.      Menjadi Penulis Artikel Situs 

Usaha kreatif lainnya adalah dengan menjadi penulis artikel di situs-situs. Menjadi penulis merupakan analisis peluang usaha yang bagus karena tidak memerlukan modal sama sekali, yang dibutuhkan hanya kemampuan menulis saja. Jika kamu menekuni bidang kepenulisan ini, kamu bisa menghasilkan profit yang sangat besar, apalagi jika kamu sudah berpengalaman mengisi tulisan di website ternama. 

4.      Menjadi Youtuber 

Untuk menjadi YouTuber kamu hanya cukup membuat video yang berkualitas dan menguploadnya ke YouTube. Namun, pastikan konten video yang kamu buat adalah konten video yang bermanfaat. 

5.      Menjadi Dropship 

Dropship adalah usaha kreatif yang menguntungkan, karena kamu sama sekali tidak mengeluarkan modal. Kamu cukup membantu untuk memasarkan produk orang lain. Untuk sukses di bisnis dropship ini, kamu harus bisa mempromosikan tiap produk dengan cara-cara yang kreatif, sehingga pelanggan tertarik untuk membeli produk yang kamu tawarkan. 

2 Hal Yang Dibutuhkan Ketika Membuka Usaha, Apa Saja? 

Nah, setelah mengetahui 5 usaha kreatif yang cocok bagi anak muda seperti kamu. Mana yang lebih dibutuhkan seseorang yang akan membuka usaha antara modal atau kreativitas? Mari simak penjelasannya berikut ini. 

Jawabannya adalah kreativitas, karena tanpa adanya kreativitas kita tidak bisa menjalankan usaha dengan lancar walaupun di awal kita sudah memiliki modal dalam membangun usaha tersebut. Usaha tersebut tidak akan menjadi apa-apa jika kita tidak memiliki kreativitas dalam mengembangkan usaha. 

Contohnya saja, kita bekerja sama dengan orang lain dan orang tersebut menanamkan modalnya di dalam usaha kita. Untuk itu, kita wajib mempromosikan produk orang lain dengan kreativitas yang kita punya dengan berani berbeda. 

Sementara modal menjadi urutan kedua, karena bagaimanapun jika kreativitas telah kita miliki untuk mengembangkan usaha kita nanti, tanpa modal , kreativitas pun akan sulit diterapkan. Tapi dengan kreativitas, modal pun bisa diperoleh. 

Sudah menjadi fakta di lapangan, bahwa usaha-usaha yang memiliki kreativitas tinggi akan lebih bertahan dibandingkan dengan usaha yang hanya mengutamakan kekuatan modal saja. Karena modal tersebut bisa habis untuk hal-hal yang tidak produktif. 

Jika dihitung-hitung sebuah kreativitas itu lebih besar nilainya dari sebuah modal. Buktinya dengan kreativitas banyak anak milenial sekarang ini yang bisa menghasilkan pendapatan hingga ratusan juta rupiah dengan hanya bermodalkan kreativitas.  

Elya
Seorang penulis blog yang sudah berkecimpung sejak tahun 2014 sampai sekarang.

Related Articles

Leave a Reply