5 Tokoh Musik Jazz yang Berpengaruh di Dunia

Musik jazz lahir di Amerika Serikat dan sangat dipengaruhi dengan aliran musik blues, cakewalks, spiritual dan ragtime. Umumnya musisi atau band jazz menggunakan alat musik jazz berupa saxophone, piano, gitar, dan trombone. Musik jazz semakin berkembang dengan karya-karya tokoh musik jazz berikut yang sudah diakui di dunia sehingga musik jazz tetap eksis hingga saat ini. 

Di Indonesia beberapa tokoh musik jazz yang berpengaruh dalam perkembangan musik jazz seperti Indra Lesmana dan Daniel Sahuleka menjadi musisi muda yang meramaikan belantika musik jazz di Indonesia. Jika kamu adalah penggemar musik jazz, wajib banget nih mengatahui 5 tokoh musik jazz serta karya mereka yang berpengaruh di dunia. 

1.     Matthew Sayersz 

Matthew Sayersz merupakan tokoh musik jazz yang lahir di Bandung, Jawa Barat. Ia memulai berkarir lewat ajang pencarian bakat tahun 2006. Mulai dari situ, Matthew mulai mendapat tawaran bernyanyi dan berkolaborasi dengan beberapa musisi lainnya diantaranya Dharmawan’s Project dan Barry Likumahuwa Project. 

Selain vokalnya yang unik, Matthew juga berkesempatan untuk mengisi acara musik jazz mancanegara seperti Bangkok Jazz Festival, Taichung Jazz Festival, Floriade 2012. Salah satu karya musik jazznya yang terkenal adalah Make You Happy dari album Kuat tahun 2014. 

2.     Andre Dinuth 

Sebelum berkarir di musik jazz, Andre Dinuth sudah membekali diri dengan pendidikan musik. Sebelum akhirnya ia menjadi professional, dan telah mendalami ilmu tentang alat musik jazz salah satunya gitar klasik. Hasilnya, Dinuth pun langsung mendapatkan banyak tawaran berkolaborasi, salah satunya datang dari musisi jazz senior Addie MS dan Titi DJ. 

Kini project Andre Dinuth bahkan meluas hingga mancanegara dengan kolaborasinya dengan musisi dari Malaysia hingga Eropa. Jika kamu ingin mendengar salah satu karya Andre Dinuth, kamu bisa mendengarkan full album Here with You yang rilis tahun 2016! 

3.     Mocca 

Tokoh musik jazz Indonesia yang diakui dunia ternyata nggak cuma datang dari solois saja lho! Salah satunya band Mocca yang dibentuk tahun 1997 dengan mengusung genre jazz dan bossanova ala musik retro tahun 1970 an. 

Mocca juga kerap kali tampil di luar negeri, salah satu negara yang sudah disinggahi Mocca adalah Thailand, Singapura, dan Korea Selatan. Mocca juga berkolaborasi dengan grup duo asal Swedia yaitu Club 8. Lagu Mocca memang lebih banyak dibawakan dalam bahasa inggris, sehingga easy listening bagi para pendengar musik jazz di mancanegara. Hits populer Mocca adalah I Remember  (1999). 

4.     Louis Armstrong 

Louis Amstrong merupakan tokoh musik jazz kelahiran New Orleans. Ia merupakan seorang penyanyi, composer, sekaligus solois terompet music jazz yang memiliki julukan satchel mouth atau dalam arti mulut yang lebar. Beliau merupakan tokoh yang paling berpengaruh dalam musik jazz di dunia karena terkenal sebagai inventif  terompet. 

5.     John Coltrane 

John William Coltrane adalah seorang komponis berkebangsaan Amerika Serikat. Ia merupakan pemain saksofon yang ahli. John Coltrane pertama kali memiliki saksofon tahun 1943 yang diberikan oleh ibunya. Kemudian ia mulai bermain alat musik jazz secara profesional pada tahun 1945. Selama masa karirnya Coltrane berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Saint John William Coltrane khusus Pulitzer Prize. John Coltrane meninggal pada tanggal 17 Juli 1967 di Huntington, California Utara, Amerika Serikat. 

Selain informasi tentang tokoh musik jazz, buat kamu yang menyukai sensasi nikotin. VELO, si kantong nikotin bebas tembakau bisa jadi pilihan nih buat kamu yang nggak mau ribet. Ambil 1 kantong VELO, letakkan di antara bibir dan gusi atas, rasakan sensasinya. VELO hanya diperuntukkan bagi pengguna produk nikotin berusia 18 tahun ke atas, bukan perempuan hamil atau menyusui. 

Elya
Seorang penulis blog yang sudah berkecimpung sejak tahun 2014 sampai sekarang.

Related Articles

Leave a Reply