5 Tips Mahir Bermain Piano Secara Otodidak

Orang yang mahir memainkan alat musik pasti dibangga-banggakan di banyak tempat. Ia dianggap sebagai orang yang brilian dan berbakat. Salah satu alat musik yang paling populer dan banyak dimainkan oleh berbagai musisi adalah piano.

Ketika kamu bisa bermain piano dengan mahir, kamu pasti bangga karena akan ada banyak orang yang ingin sepertimu. Jadi, siapa sih yang tidak mau pintar bermain piano?

Namun sayang, untuk bisa bermain piano, kita harus mengeluarkan berbagai usaha. Tidak hanya waktu untuk latihan, biaya untuk membeli perangkat piano pun diperlukan. Apalagi harga piano juga tidak murah. Belum lagi jika kamu ingin les piano. Biaya yang dikeluarkan tentu akan lebih mahal. Inilah beberapa alasan mengapa bermain piano tidak mudah bagi banyak orang.

Tapi jangan khawatir, jika kamu memiliki tekad yang besar untuk bermain piano, pasti kamu bisa mahir melakukannya. Sambil menabung untuk membeli perangkat piano sendiri, kamu bisa meminjam piano temanmu dulu. Nah, apakah les piano adalah satu-satunya cara untuk mahir memainkan alat musik ini? Tentu saja tidak! Kamu juga bisa mahir bermain piano secara otodidak lho!

Di sini kami membagikan beberapa tips agar kamu bisa mahir bermain piano secara otodidak. Cekidot!

Mulailah mengasah sensitivitas pendengaran

Belajar mengasah kemampuan telinga merupakan hal pertama yang wajib kamu lakukan untuk bisa bermain piano secara otodidak. Hal ini dikarenakan kamu butuh memiliki skill mengenali nada-nada yang nantinya akan kamu mainkan di perangkat piano. 

Piano memiliki 88 tuts dengan jenis suara yang autentik dan dihasilkan oleh adanya getaran senar. Setiap tuts menghasilkan nada-nada yang berbeda. Setiap nada tersebut harus kamu kenali.

Alat musik piano memang cukup rumit dimainkan karena banyaknya tuts yang ada. Jika masih kesulitan, di tahap awal kamu bisa menggunakan keyboard terlebih dahulu, terutama untuk bagian mengasah kemampuan pendengaran dan latihan kelincahan jari.

Di tahap awal ini, kamu juga wajib menonton berbagai tutorial piano yang sudah tersedia banyak di internet. Dengan cara demikian, kemampuan pendengaranmu akan semakin terasah, serta pengetahuanmu tentang dunia piano akan semakin banyak. Jangan ragu menanyakan temanmu yang mahir bermain piano jika kamu menemukan kesulitan!

Pelajari dasar-dasar bermain piano

Cari posisi yang tepat untuk mulai bermain piano. Letakkan jarimu di atas tuts piano dan mulailah mengenali nada-nada dasar pada tuts tersebut.

Dengarkan nada tersebut satu per satu dengan baik dan temukan perbedaannya. Banyak pemain piano yang menyarankan para pemula untuk bergumam saat berusaha menghafalkan nada. Cara ini akan mempermudahmu menyesuaikan pola nada yang sedang kamu mainkan. 

Kamu pasti sudah tahu bahwa pada perangkat piano terdapat tuts berwarna hitam dan putih. Di tahap awal bermain piano, coba abaikan dulu tuts berwarna hitam dan fokuslah pada nada-nada dasar di tuts putih. Mainkan nada yang mudah. Di internet juga sudah banyak disajikan kunci-kunci dasar beberapa lagu yang mudah dimainkan untuk pemain piano pemula.

Aturlah posisi duduk 

Posisi duduk sangat mempengaruhi berbagai permainan musik. Pastikan kamu duduk dengan posisi yang nyaman agar kamu bisa lebih fokus saat bermain piano. 

Dalam hal ini, ada beberapa jenis posisi duduk yang perlu kamu pelajari, yakni posisi tegak, posisi membungkuk, dan posisi di mana kamu menjauhkan tubuh dari piano. Cobalah ketiga posisi tersebut satu per satu, lalu duduklah sesuai posisi yang membuatmu nyaman.

Ingat, bermain piano harus rileks. Jika kamu tegang, kamu akan lebih cepat capek dan menyerah.

Perhatikan posisi tangan dan lengan

Selain posisi tubuh, posisi tangan juga perlu diperhatikan. Letakkan jarimu di atas tuts. Jangan terlalu rapat dan tegang. Lemaskan jari-jarimu dan mulailah latihan dengan beberapa chord piano. Untuk belajar memainkan melodi, kamu disarankan latihan dengan tangan kanan terlebih dahulu. Jika sudah mahir, barulah kamu disarankan menggunakan kedua tangan.

Hal krusial lainnya yang harus diperhatikan dalam bermain piano adalah posisi lengan. Tahukah kamu bahwa posisi lengan dapat mempengaruhi suara piano yang dihasilkan oleh permainanmu? 

Jangan mengeluarkan tenaga yang super ekstra saat menekan tuts piano, karena pada dasarnya, piano adalah alat musik yang memerlukan penekanan pada jari dan bukan pada pergelangan tangan. Jika titik berat permainanmu berada di lengan, maka tekniknya belum pas dan suara piano yang dihasilkan tidak akan sesuai ekspektasi.

Mulai belajar membaca not balok

Jika dulu di bangku sekolah kamu mempelajari not balok di mata pelajaran kesenian, kamu adalah orang yang beruntung. Hal ini dikarenakan kemampuan membaca not balok sangat diperlukan untuk mahir bermain piano. 

Memang belajar not balok tidak wajib dilakukan oleh para pemain piano pemula, namun akan lebih baik jika kamu mulai mempelajarinya. Jika kamu sudah memahami not balok, kamu akan lebih mudah mengerti susunan nada dan melodi musik yang akan kamu mainkan.

Bukan hanya itu, dengan mempelajari not balok, kamu akan lebih mudah mengerti soal susunan nada yang benar untuk menghasilkan melodi lagu atau musik yang tepat. Jika kamu sudah paham dengan not balok, kamu juga secara otomatis belajar soal scale pada sebuah nada yang terdiri dari beberapa tangga nada, yakni nada minor, mayor, kunci 7, dan lain-lain. Jadi, tidak ada salahnya kamu memahami not balok di tahap awal bermain piano.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mahir bermain piano secara otodidak. Kamu sudah siap menjadi expert di bidang ini? 

Related Articles

Leave a Reply