5 Tipe Kawasan Wisata Malang yang Bisa Kamu Jelajahi, Tertarik?

Kawasan wisata Malang, salah satu spot wisata paling recommended di Indonesia. Sumber: Malang TImes

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara di dunia yang kaya akan wisatanya. Mulai dari Sabang sampai merauke, berbagai jenis wisata dapat ditemukan. Tidak heran banyak wisatawan mancanegara yang menghabiskan waktu liburan panjang di negara kita.

Selain kawasan wisata di Bali, Danau Toba di Sumatera Utara, atau Raja Ampat di Papua, salah satu daerah di Indonesia yang kerap dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun internasional, adalah kawasan wisata Malang.

Kota Malang sendiri merupakan kota terbesar kedua di Provinsi Jawa Timur. Hawa di kota ini terasa sejuk karena ia terletak di kawasan dataran tinggi seluas kurang lebih 145 km persegi. Kota ini sendiri memiliki ketinggian 440-667 meter di atas permukaan laut.

Meskipun saat ini Malang memiliki jumlah penduduk yang cukup tinggi karena banyaknya orang dari luar kota memilih tinggal di sana, namun kekayaan wisatanya termasuk berbagai kekhasan kota, baik di bidang sejarah, budaya, maupun adat istiadat, masih sangat terjaga.

Kota ini dikenal sebagai sebuah kawasan yang aman dan nyaman.

Jadi, kenapa harus ragu pergi mengunjungi wisata-wisata Malang? Kota ini menyajikan banyak jenis wisata loh. Yuk, cek artikel di bawah ini!

Wisata Alam

Siapa yang tidak tahu bahwa Malang kerap disebut-sebut sebagai salah satu daerah di Indonesia yang kaya akan wisata alam? Hal ini tentu sudah menjadi rahasia umum. Hawa di daerah ini saja sudah sangat sejuk, tentu wisata alamnya pun pasti beragam.

Secara geografis, kota Malang dikelilingi oleh dataran tinggi dan dilalui oleh salah satu sungai terpanjang di Indonesia, yaitu Sungai Brantas.

Jika kamu memutuskan untuk berkunjung ke daerah Jawa Timur, jangan lupa mampir ke berbagai kawasan wisata alam di Kota Malang, seperti mulai dari wisata air terjun, wisata gunung, kawasan goa, wisata tubing, dan sebagainya.

Salah satu yang paling terkenal adalah sebuah pemandian alam yang terdapat di kaki Gunung Arjuna. Pemandian ini disebut Pemandian Kalireco. Tempat ini merupakan sumber mata air, sehingga tidak heran air di sana terasa sejuk dan sangat jernih.

Wisata Edukasi

Bukan hanya Kota Yogyakarta loh yang dikenal sebagai kota pelajar, kota Malang juga dikenal sebagai kota edukatif. Hal ini dikarenakan di Kota Malang terdapat banyak perguruan tinggi terbaik di Indonesia, seperti Universitas Negeri Malang, Universitas Brawijaya, Politeknik Negeri Malang, dan perguruan tinggi lainnya, baik negeri maupun swasta.

Selain perguruan tinggi, wisata Malang juga diwarnai dengan wisata edukasi, seperti Eco Green Park, dimana wisatawan bisa belajar tentang pengelolaan kekayaan alam sebagai energi PLTA dan PLTU dengan cara yang menyenangkan. Bukan hanya itu, masih terdapat tempat-tempat wisata edukasi yang bisa kamu temukan di Malang.

Wisata Budaya

Jika dilihat dari sisi budaya, kota Malang sendiri dikategorikan ke dalam budaya Arek, yakni budaya tinggi solidaritas. Tidak heran Kota Malang dikenal sebagai wilayah yang aman dan nyaman.

Di kota ini, kamu dapat menemukan berbagai wisata budaya. Bahkan untuk melestarikan cagar budaya yang ada pun masyarakat kerap mengadakan berbagai acara, salah satunya yakni Festival Malang Tempo Doeloe. Acara ini digelar setiap tahun dan menampilkan unsur-unsur budaya yang ada di Malang pada masa lampau.

Bukan hanya itu, Malang juga menyajikan wisata-wisata berupa kampung budaya. Salah satunya adalah Kampung Budaya Polowijen. Kawasan ini dijadikan sebagai kampung budaya karena ia menyimpang berbagai situs warisan budaya, seperti Sumur Windu dan Topeng Malangan.

Wisata Sejarah

Bukan hanya kaya dengan budaya, Kota Malang juga kaya akan wisata sejarah. Bahkan kota ini dikenal sebagai wilayah di Indonesia yang menjadi saksi berbagai peristiwa sejarah. Itulah sebabnya di Malang terdapat monumen dan tugu peringatan yang melambangkan perjuangan masyarakat melawan penjajah hingga berbagai pencapaian yang diperoleh Malang di masa lampau.

Jika berkunjung ke kota ini, sebaiknya kamu tidak melewatkan petualangan sejarah yang disajikan sebagai bagian dari wisata Malang. Salah satunya yang bisa kamu kunjungi adalah bangunan tua Klenteng Eng An Kiong. Tempat ini merupakan pusat hidup masyarakat Tionghoa di Malang pada masa lalu. Hingga kini, Klenteng Eng An Kiong masih berfungsi sebagai tempat ibadah.

Selain itu, ada juga Museum Brawijaya, Candi Jawar Ombo, dan berbagai lokasi sejarah lainnya yang bisa kamu kunjungi.

Wisata Kuliner

Jangan salah, Kota Malang juga tidak ketinggalan dengan wisata kulinernya, lho! Kuliner yang beragam di kota ini disajikan dengan harga yang tidak harus membuatmu menguras isi dompet. Mungkin harga makanan yang terjangkau juga dikarenakan Kota Malang terdiri dari puluhan ribu mahasiswa yang datang dari luar kota untuk menggali ilmu.

Untuk menemukan tempat makan yang enak di Malang juga sangat mudah karena jumlahnya yang banyak dan tersebar di seluruh sudut kota. Kamu bisa mengunjungi warung-warung makan di Malang yang sudah ada sejak tahun 1930-an seperti Toko Oen dan Gerai Putu Lanang Celaket. Bahkan warung makan yang sudah ada sejak awal tahun 1900-an, yakni Warung Tahu Telur Lonceng, yang hingga saat ini masih ramai didatangi para wisatawan yang berburu kuliner lezat.

Nah itu dia 5 jenis kawasan wisata Malang yang bisa kamu eksplorasi. Bagaimana, tertarik pergi ke sana? Pasti tertarik!

Namun ingat, hampir di semua kawasan wisata Malang terdapat himbauan untuk tidak merokok. Untung ada VELO, kantong nikotin buat kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui, jadi kamu bisa menikmati sensasi nikotin dengan berbagai varian di mana aja dan kapan aja!. Kalau kamu lagi di tempat yang gak boleh ngerokok, kamu tetep bisa kok merasakan sensasi nikotin tanpa asap dan bau!

Related Articles

Leave a Reply