5 Teknik Latihan Parkour untuk Pemula

Setiap jenis atau cabang olahraga pasti memiliki teknik-teknik latihan tersendiri, termasuk parkour. Apalagi parkour merupakan jenis olahraga yang cukup ekstrim karena menuntut adanya kekuatan dan ketahanan tubuh yang tinggi dari pemainnya.

Jika saat olahraga kamu tidak menerapkan teknik-teknik yang benar, hal ini akan sangat membahayakan. Kamu bisa saja cidera atau mengalami hal-hal lain yang tidak diinginkan. Apalagi dalam parkour yang merupakan olahraga halang rintang yang menuntutmu melompat dan memanjat arena-arena dengan ketinggian tertentu. Teknik latihan parkour pasti sangat diperlukan!

Nah, sebelum kamu mendalami parkour dan melakukan aksi-aksi halang rintang yang super duper rumit seperti yang tampilkan di berbagai film layar lebar, sebaiknya kamu mempelajari teknik dasar latihan parkour terlebih dahulu. Untuk memulainya tidak susah kok, ikuti saja teknik dan cara latihan parkour di bawah ini!

Latihan parkour dengan lompat ke atas dan ke bawah

Untuk mulai latihan parkour, teknik pertama yang dapat kamu pelajari adalah teknik melompat ke atas dan ke bawah. Jangan khawatir, latihan parkour dasar ini sangat mudah kok! Semua orang pasti bisa melakukannya.

Di sini, kamu hanya perlu melakukan lompatan sederhana, yakni melompat dengan kedua kakimu sebagai tumpuannya dengan meletakkan sebuah benda di depan kakimu untuk dilompati. Lakukanlah gerakan melompat secara berulang-ulang, mulai dari lompat dari bawah ke atas benda tadi, kemudian lompat dari atas ke bawah, begitu seterusnya.

Dengan latihan melompat, fleksibilitas dan kekuatan kakimu akan terlatih. Kamu harus melakukan latihan parkour yang satu ini hingga mahir baru masuk ke latihan berikutnya ya!

Wall Climb

Jika sudah mahir melompat hingga lihai, latihan parkour selanjutnya adalah wall climb atau memanjat tembok.

Teknik latihan parkour yang satu ini juga merupakan teknik dasar dalam parkour yang akan melatih tubuh bagian atasmu agar lebih kuat.

Sebelum melakukan wall climb, sebaiknya kamu memulai latihan pull up terlebih dahulu, karena semakin terlatih kamu mengangkat badan sendiri, semakin mudah kamu menguasai teknik wall climb.

Dalam olahraga parkour, teknik latihan wall climb merupakan teknik yang sangat penting terutama jika arena rintanganmu adalah tembok atau gedung tinggi.

Vaulting

Setelah mahir wall climbing, latihan parkour selanjutnya adalah vaulting. Dalam latihan ini, kamu akan mulai dihadapkan dengan gerakan-gerakan rumit. 

Teknik yang kamu lakukan di sini adalah melatih gerakan tangan dan kaki dengan sinkronisasi dan timing yang tepat agar kamu dapat melewati arena halang rintang dengan cara melompat.

Jika sudah mahir melakukan vaulting, biasanya kamu sudah bisa melompati benda-benda besar, contohnya meja taman.

Swinging Through

Sesuai namanya teknik dasar latihan parkour yang satu ini dilakukan dengan cara bergelantungan melewati rintangan yang ada. Saat latihan Swinging Through, kamu harus melakukan berbagai gabungan teknik latihan, mulai dari berlari, melompat hingga mencapai tiang atau pegangan lain yang tersedia, lalu bergelantungan dan mengayunkan badan agar bisa bergerak melewati halang rintang.

Dengan melakukan teknik latihan parkour yang satu ini, keseimbangan tubuhmu pun akan semakin terlatih.

Ingat, jika kamu melakukan latihan parkour Swinging Through, pendaratan yang dilakukan setelah bergelantungan harus dibantu oleh kedua kaki agar kamu tidak mengalami cedera. Karena tingkat kesulitannya yang semakin tinggi, pada tahap latihan ini kamu harus lebih banyak berlatih.

Cat Leap

Latihan parkour yang satu ini merupakan kombinasi antara latihan melompat dan memanjat. Sama seperti kucing, dalam gerakan Cat Leap kamu dituntut dapat berpindah dari satu tembok ke tembok lainnya dengan melompat lalu langsung memanjat tembok. Oleh karena itu, keseimbangan tubuh sangat diperlukan di sini.

Sebagai awalan, pilihlah tembok yang tidak terlalu tinggi. Jika sudah mulai mahir, carilah tembok yang lebih tinggi

Demikian beberapa teknik dasar latihan parkour yang dapat kamu lakukan sendiri. Bagaimana? Mudah kan? Sembari latihan, nikmatin VELO yuk, cara seru nikmatin nikotin dimanapun dan kapanpun!

Related Articles

Leave a Reply