5 Pesona Lembah Baliem yang Jarang Terekspos

Pesona alam Papua memang begitu menarik untuk dibahas. Selain alamnya yang masih sangat terjaga, Papua juga menjadi tempat tujuan para wisatawan lokal maupun interlokal. Pesona alam yang begitu indah seakan menjadi daya pikat tersendiri bagi daerah di ujung timur Indonesia ini. Salah satunya Lembah Baliem, lembah di Indonesia dengan pemandangan terindah.

Pernah dengar tentang lembah yang satu ini?

Lembah Baliem merupakan sebuah desa tempat bermukimnya Suku Dani yang berada di ketinggian 1.600 Mdpl di Pegunungan Jayawijaya, Papua. Desa ini bisa dibilang cukup dikenal karena menjadi ‘gerbang’ wisatawan dunia. Lewat adat istiadat yang masih dijunjung tinggi, keramahan penduduk, serta kebiasaan hidup Suku Dani yang masih mempertahankan warisan leluhur menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Kawasan ini awalnya ditemukan sekitar tahun 1938 oleh seorang ekspedisi dan menjadi cerita yang mengejutkan hingga detik ini. Dalam perjalanannya, ia tanpa sengaja menemukan sebuah lembah yang didalamnya dihuni orang-orang suku pedalaman. Sejak itulah, perlahan kawasan ini mulai diperhatikan dan menjadi salah satu objek wisata andalan di Papua.

Bukan hanya itu saja, dibalik eksotisnya lembah ini ternyata menyimpan pesona yang tak kalah luar biasa. Penasaran dengan pesona yang dimiliki lembah Baliem? Yuk, simak sekarang!

1.     Air Terjun Napua

Tidak jauh dari lokasi lembah, terdapat sebuah air terjun yang bernama Napua. Air terjun ini berjarak sekitar 10 km dari Kota Wamena. Jika ditempuh dengan transportasi darat mungkin hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit saja. Pemandangan air terjun disini masih sangat alami dan bersih.

2.     Telaga Biru Maima

Tempat yang diyakini penduduk setempat sebagai lokasi asal-usul pertama manusia di Papua ini juga menjadi objek wisata yang tak kalah mempesona. Jarak dari Kota Wamena sekitar 16 km dan hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk sampai disana. Meski berada di pelosok Papua, namun telaga ini masih sangat terjaga kelestariannya.

3.     Pasir Putih Aikima

Pernah mendengar pasir putih tanpa lautan? Mungkin terdengar adeh ya, namun ini benar-benar ada di Papua. Pasir putih ini berada di atas bukit Lembah Baliem. Dulunya pasir putih disini merupakan sebuah danau dengan air yang sangat hijau. Namun lama-kelamaan danau tersebut kering dan menjadi hamparan pasir berwarna putih. Tempat ini bisa menjadi tujuan wisatawan karena lokasinya yang tak jauh dari Kota Wamena.

4.     Gua Kontilola

Selain pasir putih di atas bukit, ada juga Gua Kontilola yang terletak di Desa Musaima. Goa ini berjarak sekitar 25 km dari Kota Wamena. Yang unik dari gua ini adanya tiang penyangga yang berasal dari batuan alam dengan bentuk stalaktit yang sangat unik.

5.     Danau Habema

Danau Habema bisa dikatakan sebagai satu-satunya danau terbesar yang ada di Pegunungan Tengah Jayawijaya. Meski jalan menuju lokasi tidak terlalu mulus, namun pesona danau ini sangat sayang untuk dilewatkan. Jika berkunjung ke danau ini kamu akan merasakan berada di negeri atas awan dengan pemandangan danau yang indah dan sangat cantik.

Selain terkenal dengan Festival Lembah Baliem, ternyata dibalik itu semua masih tersimpan pesona-pesona lain yang tak kalah menarik. Dan bisa menjadi tujuan wisata kamu berikutnya. Selain itu, buat kamu penggemar nikotin, ada cara baru untuk merasakan sensasi nikotin yang berbeda dari biasanya. VELO adalah produk nikotin bagi kamu yang merupakan pengguna produk nikotin yang sudah berusia 18 tahun atau lebih, bukan perempuan hamil atau menyusui, sebagai alternatif dan cara praktis dalam merasakan sensasi nikotin!

Sangat praktis dan tanpa mengganggu aktivitas. Cukup ambil 1 kantong VELO, letakkan di antara gusi dan gigi atas, rasakan sensasinya 20 – 30 menit.

Elya
Seorang penulis blog yang sudah berkecimpung sejak tahun 2014 sampai sekarang.

Related Articles

Leave a Reply