5 Motivasi Kerja Secara Umum, Kamu Punya yang Mana?

Setiap pekerja tentu memiliki beragam motivasi kerja yang berbeda. Motivasi ini yang membuat seseorang menjadi lebih giat, tekun, hingga tak mudah menyerah ketika berada dalam situasi yang tidak menyenangkan saat bekerja. 

Sebagai seorang pekerja, baik bekerja secara profesional, di instansi pemerintahan, entrepreneur dan lain sebagainya, kita harus memiliki motivasi yang kuat dalam diri sendiri.  Agar, pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik dan hasilnya maksimal. Berikut motivasi yang umum dimiliki seorang pekerja, antara lain. 

Motivasi kerja yang Harus Dimiliki

1. Motivasi untuk mencapai target finansial

Source: Shisuka/freepik

Motivasi kerja yang pertama pastinya untuk mendapatkan penghasilan. Dengan penghasilan tersebut seseorang mampu memenuhi targetnya secara finansial. Tak peduli apa jenis pekerjaan yang dijalankan. 

Apakah seorang karyawan perusahaan, pegawai negeri sipil, atau buruh kontrak, penghasilan pasti menjadi satu motivasi yang mendorong untuk bekerja. Dengan penghasilan yang cukup bahkan lebih seseorang akan merasa target finansialnya terpenuhi.

2. Goal dalam karir

Motivasi kerja
Source: Senivpetro/freepik

Motivasi kerja selanjutnya yang umum dimiliki seorang pekerja adalah mencapai goal dalam hal karier. Seseorang dengan motivasi semacam ini biasanya akan bekerja dengan baik, bahkan melebihi deskripsi pekerjaannya. Sebab, dia mengincar posisi yang jauh lebih tinggi dari posisinya saat ini.

Untuk mencapai goalnya tadi, biasanya mereka akan lebih tertarik untuk meningkatkan skill yang bisa mendukung karirnya. Misalnya saja, soal komunikasi, pengelolaan waktu, anggaran, hingga leadership. Dengan motivasi ini, kamu jadi lebih memiliki jiwa untuk bersaing agar sampai di tujuan karir yang didambakan.

3. Menghasilkan karya terbaik

Motivasi kerja
Source: pch.vector/freepik

Selain mendapatkan penghasilan dan memiliki karir dengan posisi yang bagus, motivasi kerja yang umum dimiliki seorang pekerja adalah berkarya.

Pekerja dengan motivasi jenis ini adalah seseorang yang memang bekerja di bidang yang disukai. Misalnya seorang arsitek yang akan menghasilkan rancangan terbaiknya untuk klien. Bukan karena memang sudah dibayar, tetapi dia ingin memberikan hasil yang maksimal demi kepuasannya sendiri.

4. Mendapatkan pengalaman kerja

Source: Katemangostar/freepik

Bagi seorang fresh graduate, mencari pekerjaan pasti  agak lebih sulit karena belum memiliki pengalaman kerja. Nah, ketika mereka sudah mendapatkan pekerjaan, biasanya mereka akan lebih termotivasi dalam bekerja. Selain gaji atau penghasilan tentunya, pengalaman saat bekerja dalam dunia profesional pasti menjadi salah satu motivasi kerja.

Bagaimana seseorang yang baru mengenal dunia kerja dan ingin berkarir, pasti memiliki motivasi yang lebih. Karena mereka tahu bagaimana sulitnya mencari pekerjaan ketika belum mengantongi pengalaman. Sehingga, pada saat bekerja mereka pun mulai menggunakan kesempatan tersebut untuk bekerja dan mempelajari dunia kerja sesungguhnya.

5. Motivasi kerja sebagai salah satu bentuk ibadah 

Motivasi ini biasanya dimiliki oleh seseorang dengan tingkat pemahaman spiritual yang cukup dalam. Bagi mereka, pekerjaan menjadi salah satu jalan untuk menjalankan ibadah. Karena bisa menafkahi keluarga serta memberikan manfaat terhadap orang lain.

Dengan motivasi seperti ini, mereka akan sangat menjaga pekerjaannya dan profesionalitasnya. Sehingga, mereka akan selalu termotivasi untuk bekerja dengan maksimal, dengan cara-cara yang positif. 

Lantas, bagaimana dengan karir? Mereka juga memperhatikan soal karir, tetapi tidak  begitu ‘ngoyo’ untuk mencapainya. Sehingga tidak mau bekerja dalam situasi yang tidak sehat dengan rekan kerja yang lainnya. Misalkan saja seorang pengusaha, mereka juga tidak terlalu mau mengusik kompetitornya. Mereka hanya bekerja maksimal dan mempercayai jika hal baik juga akan menghasilkan mendapatkan hal yang baik pula.

Setiap orang yang bekerja tentu punya motivasi kerja yang bermacam-macam. Dan kita seharusnya menghargai motivasi orang lain, karena setiap orang memiliki pandangan yang berbeda-beda. Kalau kamu motivasi kerjanya apa?

Ketika merasa penat dan lelah saat bekerja, kamu bisa mencoba VELO. Produk nikotin bebas tembakau ini punya varian rasa unik dan seru, cocok banget buat menemani kamu saat bekerja atau ketemu klien. VELO ditujukan untuk kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui, yang bisa dinikmati kapan saja dan dimana saja.

Jadi, no worries, deh! Selipkan aja di antara gusi dan bibir bagian atas, lalu biarkan sensasinya menemani kamu dalam pekerjaan!

Related Articles

Leave a Reply