Bisnis Sukses dengan 5 Metode Analisis Peluang Usaha, Apa Saja?

Jika saat ini kamu sedang mulai menjalankan bisnis, ada baiknya jika kamu terlebih dahulu mempersiapkannya dengan melakukan analisis peluang bisnis. Contohnya seperti memunculkan ide baru, meningkatkan kepercayaan diri dalam perkembangan bisnis kedepannya, melakukan efisiensi produksi, sampai mengambil keputusan bisnis. 

Bisa dikatakan bahwa analisis peluang bisnis merupakan salah satu elemen kunci keberhasilan bisnis selain modal. Karena dalam menjalankan bisnis diperlukan perencanaan yang matang sampai bisa mengambil keputusan bisnis. Berikut ini kami akan membahas secara lengkap cara analisis peluang bisnis yang bisa dijadikan pedoman bagi kamu yang akan menjalankan bisnis. 

Apa Itu Analisis Peluang Bisnis/Usaha? 

Secara umum, analisis peluang usaha dapat diartikan sebagai sebuah kegiatan perencanaan, prediksi, melakukan riset, hingga proses evaluasi dalam suatu bisnis, baik yang sudah dijalankan maupun yang akan baru berjalan. 

Tujuan Analisis Peluang Usaha 

Analisis peluang usaha dibuat dengan tujuan untuk menguatkan bisnis, karena dengan analisis yang tepat, diharapkan bisnis kamu bisa lebih siap untuk terjun langsung ke dalam situasi persaingan pasar. 

Berikut ini merupakan tujuan analisis peluang usaha, diantaranya: 

1.   Mengetahui Potensi Laba dan Rugi 

2.   Menyusun Teknik Pemasaran yang Tepat 

3.   Menilik Kondisi Persaingan 

4.   Mengetahui Produk atau Jasa yang Banyak Dibutuhkan 

5.   Meminimalisir Kerugian 

6.   Validasi Bisnis Layak Dijalankan 

Metode Analisis Peluang Usaha 

1.      Metode SWOT Untuk Menentukan Peluang 

SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threats) merupakan metode analisis yang digunakan untuk kepentingan sebuah usaha atau bisnis. Analisis SWOT ini dijalankan untuk mengetahui faktor eksternal yang terdiri dari Opportunity dan Threats, serta faktor internal yang terdiri dari Strength dan Weakness. 

Bagi pengusaha, sangat penting untuk melakukan analisis SWOT karena tujuannya agar bisa mengukur kelemahan, kekuatan, dan peluang yang ada dalam menjalankan bisnis. Salah satu manfaat utama dari analisa SWOT ini adalah dapat meningkatkan rasa percaya diri pengusaha dan tidak asal dalam mengambil keputusan bisnis. tujuannya adalah agar setiap keputusan bisa lebih terukur dan optimal. 

2.      Metode Analisis 5W + 1 H 

Seperti halnya menyusun artikel yang menggunakan teknik 5W + 1 H untuk membantu dalam menganalisis suatu informasi. Begitu juga teknik 5W + 1 H menjadi analisis untuk peluang bisnis. Bagi kamu yang belum mengetahui tentang teknik analisis usaha 5W + 1 H. 5W + 1 H terdiri dari what, where, when, why, serta who. Sementara untuk 1H adalah singkatan dari kata How atau bagaimana. 

Sebelum memulai usaha, kamu bisa menyusun berbagai list pertanyaan dengan konten 5W + 1 H, kemudian kamu bisa menjawab pertanyaan satu per satu sesuai dengan kondisi bisnis saat ini. Metode analisis ini diharapkan dapat membantu kamu dalam memahami potensi bisnis yang ada. 

3.      Menyiapkan Business Plan 

Banyak dari mereka yang gagal menjadi pengusaha sukses karena tidak memiliki perencanaan usaha yang matang. Untuk itu, syarat wajibnya adalah dengan menyiapkan business plan, caranya sendiri bisa dilakukan dengan cara melihat struktur modal dan tantangan yang akan dialami perusahaan kedepannya. 

4.      Tahap Perencanaan Pelaksanaan 

Jika analisis dianggap layak, tahap selanjutnya yaitu perencanaan pelaksanaan dengan memulai menjadwalkan persiapan pelaksanaan usaha, dengan mendapatkan komitmen pihak-pihak yang terlibat seperti investor, manajemen, kreditor, pemerintah, serta masyarakat. 

Dalam tahapan pelaksanaan ini, terdapat dua tahap, diantaranya : 

·         Tahap pelaksanaan usaha atau bisnis 

Pada tahap ini akan muncul risiko dan hambatan, seperti terjadi adanya perubahan pada kondisi lingkungan yang diasumsikan di awal sehingga memerlukan penyesuaian. Hal tersebut tidak apa jika ingin melakukan perbaikan atau revisi terhadap perencanaan awal. 

·         Tahap evaluasi terhadap perencanaan dibandingkan dengan kenyataan 

Dalam studi kelayakan ini kemungkinan besar apabila terdapat alternatif lain yang bisa dievaluasi dan ditentukan cara yang terbaik untuk diteruskan dengan pertimbangan manajemen. 

5.      Studi Kelayakan Usaha 

Banyak manfaat yang bisa diambil dari studi kelayakan bisnis, diantaranya adalah sebagai pedoman dalam merintis bisnis baru. Memfilter jenis usaha yang paling menguntungkan, mengembangkan usaha yang sudah ada atau yang akan mulai. 

Intinya studi kelayakan usaha dibuat sebagai proses analisis yang dilakukan dalam rangka mencapai keuntungan yang maksimal pada waktu yang tidak ditentukan. Metode analisa peluang usaha ini begitu populer di kalangan pengusaha yang terjun ke bisnisnya karena mampu mewujudkan tujuan bisnis mereka. 

Pengertian Studi Kelayakan Usaha Menurut Para Ahli 

Menurut Kasmir & Jakfar (2012 : 7), ”Studi kelayakan bisnis yaitu suatu aktivitas yang mempelajari tentang sebuah usaha yang akan dijalankan, dengan tujuan untuk memutuskan layak atau tidak layak usaha tersebut untuk dijalankan.” 

Menurut Umar H (2007 : 5), “Studi kelayakan bisnis dapat diartikan sebagai sebuah perencanaan bisnis yang tidak hanya menganalisis layak atau tidaknya sebuah usaha dijalankan, namun juga mengatur aktivitas operasional bisnis secara keseluruhan untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.” 

Analisis usaha sangat penting dilakukan apabila kamu ingin lebih optimal dalam menghasilkan keuntungan dari bisnis yang kamu jalankan. Sementara itu, sebuah analisa yang baik akan mempengaruhi semua aspek, mulai dari aspek internal hingga eksternal yang bisa dipertanggungjawabkan. 

Untuk melakukan analisis peluang usaha, diperlukan beberapa langkah yang akan kami bahasa berikut ini. Jadi, usahakan untuk membaca pembahasan berikut ini dan mengimplementasikan pada usaha yang akan kamu bangun ya! 

Itulah 5 metode analisis usaha yang dapat digunakan untuk menguji kelayakan usaha. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk para pengusaha baru atau pemula. 

Elya
Seorang penulis blog yang sudah berkecimpung sejak tahun 2014 sampai sekarang.

Related Articles

Leave a Reply