5 Manfaat aktivitas fisik yang perlu kamu ketahui

Kesehatan merupakan aset yang paling penting di dalam hidup kita. Saat kamu memiliki tubuh yang sehat, kamu akan lebih mudah melakukan berbagai aktivitas fisik. Sebaliknya, jika tubuhmu sakit, semua aktivitas sehari-hari pun akan terganggu.

Berbagai cara selalu kita lakukan untuk menjaga kesehatan, mulai dari menjaga pola makan, mengatur pola tidur, mengonsumsi vitamin, dan melakukan berbagai aktivitas fisik. Sekarang mari kita bicarakan soal aktivitas fisik!

Apa sih aktivitas fisik itu?

Aktivitas fisik merupakan segala pergerakan anggota tubuh yang menggunakan tenaga. Dalam kehidupan sehari-hari, kamu pasti tidak luput dari berbagai aktivitas fisik, seperti berjalan kaki, menyapu lantai rumah, mencuci pakaian, naik dan turun tangga, dan sebagainya. Semua golongan aktivitas fisik di atas masuk ke dalam kategori aktivitas fisik ringan.

Sementara itu, ada pula aktivitas fisik yang merupakan jenis olahraga, seperti yoga, angkat beban, jogging, renang, senam, push up, sepak bola, dan berbagai jenis olahraga lainnya. 

Meskipun terkadang melakukan aktivitas fisik itu cukup melelahkan, namun banyak orang yang rela melakukannya secara rutin demi menjaga kesehatan. 

Nah, secara spesifik, apa saja sih manfaat aktivitas fisik yang berkaitan dengan kesehatan? Yuk, baca artikel ini sampai selesai!

Membuat berat badan lebih terkontrol

Salah satu manfaat aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur adalah mengontrol berat badan. Coba perhatikan orang-orang yang ingin mengurangi berat badan, mereka pasti kerap melakukan aktivitas fisik, bukan?

Hal ini sudah terbukti bahwa aktivitas fisik teratur dapat mengontrol berat badan manusia. Meskipun kamu tidak bertujuan untuk mengurangi berat badan, kamu sebaiknya tetap melakukan aktivitas fisik agar berat badanmu menjadi lebih stabil.

Berkurangnya berat badan setelah melakukan aktivitas fisik yang teratur disebabkan karena aktivitas fisik mampu membakar kalori. Semakin tinggi intensitas aktivitas fisik yang kamu lakukan, maka semakin banyak kalori yang dibakar oleh tubuhmu.

Memperbaiki suasana hati

Manfaat aktivitas fisik lain yang tidak kalah penting adalah dapat meningkatkan mood dan menghindarkan kamu dari stres.

Saat kamu sedang bad mood, pergilah keluar dan berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit. Kamu akan merasakan mood-mu menjadi lebih baik dan stres-mu berkurang.  

Hal ini dikarenakan aktivitas fisik dapat merangsang produksi berbagai bahan kimia di otak kita yang membuat kita menjadi lebih tenang dan rileks.

Meningkatkan kualitas tidur

Melakukan berbagai aktivitas fisik secara teratur juga bermanfaat untuk memperbaiki kualitas tidurmu lho! Jika kamu sulit tidur di malam hari, cobalah jogging di pagi atau sore hari, dijamin kualitas tidurmu akan menjadi lebih baik. 

Namun, jangan melakukan aktivitas fisik pada larut malam ya, karena ini justru akan membuatmu menjadi lebih sulit tidur.

Memperlancar kinerja sistem reproduksi

Bagi perempuan, misalnya, apakah kamu pernah mengalami telat datang bulan dalam jangka waktu yang lama? Salah satu hal ini mungkin dipicu karena stres dan keletihan.

Untuk mengurangi stres dan kelelahan, kamu bisa melakukan olahraga yang ringan. Ini adalah salah satu cara terbaik agar kinerja sistem reproduksimu kembali membaik, karena selain berguna untuk kesehatan fisik, manfaat aktivitas fisik adalah untuk meningkatkan kesehatan psikis dan mental kita.

Mengurangi risiko banyak penyakit kronis

Jika kamu melakukan aktivitas fisik secara teratur, maka produksi kolesterol HDL (kolesterol baik) dalam tubuhmu akan meningkat. Aktivitas fisik juga dapat menurunkan kadar trigliserida yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Jika sudah demikian, kamu pun sudah mengurangi risiko terkena berbagai penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, kanker, stroke, depresi, dan sebagainya.

Itulah beberapa manfaat aktivitas fisik yang wajib kamu ketahui. Jangan lupa olahraga ya!

Related Articles

Leave a Reply