5 Makna Tersembunyi di Balik Bulan Sabit yang Kamu Harus Tahu

Bulan memiliki siklus metamorfosis atau perubahan bentuk yang berlangsung selama 1 bulan. Dalam 29 hari, bulan akan berubah bentuk, mulai dari bulan sabit hingga bulan purnama atau full moon. Di antara semua bentuk bulan yang ada, bulan sabit banyak dianggap sebagai bentuk yang paling indah dan romantis.

Tapi apa kamu tahu bahwa bulan sabit memiliki makna tersembunyi? Ini dia makna-makna menarik di balik bulan sabit.

1. Melambangkan dewi Selene dari mitologi Yunani

Dalam mitologi Yunani yang terkenal itu, bulan adalah simbol dari Selene, dewi feminin yang menjadi simbol dari kesuburan dan regenerasi. Di masa lampau, setiap wanita yang ingin hamil dan memiliki anak harus melakukan permohonan pada dewi Selena. Menurut kepercayaan, dewi Selene dapat memberikan berkah kesuburan dan memberikan kehidupan baru di dunia.

Sementara dalam mitologi Roma, bulan sabit dikaitkan erat dengan dewi Diana yang dikenal sebagai perawan suci karena lahir dari alam, sehingga mengandung makna kesucian dan kesuburan.

2. Sebagai simbol perubahan

Bulan sabit menandakan dimulainya fase baru bulan dan dimulainya siklus bulan dari awal lagi. Tidak heran, bulan dijadikan simbol sebagai perubahan di masa lalu. Konon, revolusi industri dimulai saat bulan sabit terlihat di langit, demikian juga dengan para wanita yang mulai meninggalkan peran tradisional mereka dan mulai masuk ke dunia kerja.

Peristiwa tersebut menjadi awal pemberdayaan dan kesetaraan wanita di dunia yang membuat kaum hawa semakin bertekad untuk memperjuangkan hak-hak mereka.

3. Pesan untuk orang tersayang

Bulan sabit juga mengandung makna yang romantis di baliknya. Biasanya perhiasan dengan simbol bulan sabit diberikan oleh pasangan atau kekasih sebagai tanda cinta. Ada pesan tersembunyi lho di balik lambang tersebut. Makna dari bulan sabit adalah “Di manapun kita berada, aku akan selalu dekat karena kita memandang bulan yang sama.”

4. Awal yang baru

Bulan sabit adalah fase yang terjadi setelah adanya bulan purnama. Dalam perjalanan siklus fase bulan selama 29 hari, bulan purnama menjadi fase sempurna dimana bulan terlihat utuh. 

Setelah itu, bulan akan kembali lagi ke bentuk awal sebagai bulan sabit, dimana hanya sebagian kecil permukaan bulan saja yang disinari oleh matahari. Oleh karena itu, bulan sabit sering disebut sebagai lambang dari awal yang baru.

5. Lambang sebuah jiwa

Bentuk bulan sabit yang indah ternyata dipercaya sebagai lambang dari jiwa manusia yang murni. Dalam astrologi, bulan adalah simbol dari sebuah jiwa dan melambangkan determinasi dan kapasitas dari sebuah subjek. 

Mengetahui fakta-fakta unik di balik benda-benda langit yang sering kita lihat setiap hari memang selalu membuat kita tertarik ya. Pengetahuan sederhana seperti inilah yang akan membuat kita mengenal alam semesta lebih dekat dan belajar mencintai alam yang memberi kita kehidupan.

Bukan hanya fakta menarik tentang bulan saja yang harus kamu tahu. VELO sebagai salah satu produk unik di Indonesia ini jadi salah satu hal yang mesti kamu cari tahu lebih dalam nih. VELO adalah produk kantong nikotin pertama yang menawarkan inovasi menikmati nikotin secara lebih praktis.

Produk ini tidak menghasilkan asap, sehingga dijamin lebih ramah pada lingkungan dan tidak mengganggu orang-orang di sekitar. VELO bisa dinikmati di tengah-tengah aktivitasmu yang padat dan di dalam ruangan ber-AC tanpa harus meninggalkan tempat.

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply