5 Macam Tipe Gitar yang Jadi Alat Musik Pop Utama

Musik pop adalah musik yang sangat easy listening atau enak didengar. Alunan melodi yang sangat indah tersebut tercipta dari alat musik pop yang sangat populer, yaitu gitar. Petikan nada gitar dirangkai oleh para musisi menjadi melodi dan lagu yang sampai di telinga Anda.

Kira-kira, ada berapa macam jenis gitar yang digunakan untuk memainkan nada dalam musik pop? Berikut ini daftarnya hanya untukmu.

1. Gitar akustik

Ini bisa dibilang sebagai jenis gitar yang paling terkenal dan banyk digunakan oleh para musisi. Gitar akustik memiliki bodi berongga yang menggemakan suara senar secara akustik. Bahan pembuat bodi gitar biasanya adalah kayu, dengan enam senar yang ketebalannya berbeda.

Gitar akustik dalam musik pop biasanya dikombinasikan dengan instrumen lain seperti piano, gitar elektrik, drum, dan lain sebagainya. Sementara aliran musik yang punya alunan gitar akustik yang kental biasanya adalah musik country dan folk.

Gitar akustik sangat cocok untuk pemula yang baru ingin belajar memainkan alat musik untuk pertama kalinya.

2. Gitar elektro akustik

Dari segi bentuk, gitar elektro akustik mirip dengan gitar elektrik biasa. Namun bedanya adalah pada “slot” khusus sehingga gitar ini bisa dihubungkan pada amplifier untuk menghasilkan volume suara yang lebih besar.

Musisi yang banyak tampil dalam pertunjukan langsung biasanya menggunakan gitar ini. Dengan adanya slot penghubung ini, pemain gitar tidak perlu meletakkan mikrofon di depan gitar untuk membesarkan suaranya.

3. Gitar semi akustik

Gitar semi akustik sering disebut sebagai tipe gabungan antara gitar akustik dengan gitar elektrik. Dari segi desain, gitar ini lebih tipis dan compact, namun berbodi hollow seperti gitar akustik.

Karena bentuknya yang kecil dan ringkas, suara yang dihasilkan pun juga tidak terlalu besar ketika tidak dihubungkan dengan amplifier suara. Gitar ini sangat cocok dengan pemain yang gayanya berubah-ubah sesuai kebutuhan, yaitu dengan atau tanpa listrik.

4. Gitar elektrik

Tidak seperti gitar-gitar sebelumnya, bodi gitar ini lebih solid dan tidak bisa menciptakan suara yang besar kecuali jika dihubungkan dengan amplifier. Oleh karena itu, gitar ini tidak dapat dimainkan tanpa adanya sumber listrik.

Sama halnya seperti gitar akustik, gitar elektrik juga terbuat dari kayu dan biasanya memiliki 6 senar, meskipun ada juga yang dilengkapi dengan 12 senar.

5. Bass gitar

Bass gitar sangat berbeda dengan gitar lainnya karena hanya memiliki 4 senar saja. Beberapa basis atau pemain bas terkenal di dunia adalah Sir Paul McCartney dari The Beatles dan Bruce Foxton dari The Jam. Bass gitar kebanyakan hanya bisa dimainkan jika ada sumber listrik saja, namun ada juga bass gitar akustik yang bisa menciptakan suara keras tanpa listrik.

Gitar sebagai salah satu alat musik pop utama terdiri dari banyak jenis, sesuai dengan musik seperti apa yang ingin diciptakan oleh seorang musisi. Adanya variasi ini memang sangat membantu pencipta lagu untuk membuat karya seni sesuai dengan apa yang ia sukai.

Seperti halnya VELO yang memberikan berbagai varian pilihan rasa pada konsumennya. Jika kamu belum tahu, VELO adalah kantong nikotin pertama yang ada di Indonesia.

Apa yang membedakan VELO dengan produk nikotin lain?

VELO tidak menyebabkan asap seperti produk nikotin konvensional, rokok misalnya. Oleh karena itu VELO bisa dinikmati kapan saja dan di mana saja, bahkan di tengah-tengah aktivitas. Satu kantong kecilnya bisa memberikan sensasi nikotin selama 15 hingga 20 menit lamanya. VELO hanya diperuntukkan bagi pengguna produk niktoin yang berusia 18 tahun ke atas, bukan perempuan hamil atau menyusui.

Ngomong-ngomong soal varian rasa, VELO punya Polar Mint, Tropical Mix, dan Berry Frost.

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply