5 Gurun Terluas di Dunia Yang Menarik Untuk Kamu Jelajahi

Saat kita berbicara tentang penjelajahan, mungkin wilayah pertama yang terlintas di kepala kita untuk dijelajahi adalah hutan atau lautan. Namun, bagaimana dengan gurun pasir? Bukankah menjelajah di gurun pasir juga terdengar menarik?

Gurun pasir sendiri merupakan sebuah wilayah yang didominasi oleh pasir, memiliki iklim panas dan kering, serta curah hujan yang sangat rendah. Itulah sebabnya jika dilihat di foto, gurun pasir selalu terlihat sangat terik.

Nah, di dunia, ternyata bukan hanya wilayah perairan saja yang luas. Wilayah gurun pasir pun sangat luas, yakni hingga seperti wilayah bumi.

Oleh karena itu, menjelajahi gurun pasir terdengar sebagai sebuah hal yang sangat menarik, bukan? Nah, yuk kita simak informasi tentang beberapa gurun terluas di dunia yang bisa kamu jelajahi!

Gurun sahara

Nama Gurun Sahara mungkin sudah tidak asing lagi di telingamu. Gurun pasir yang satu ini merupakan salah satu gurun terluas di dunia. Luasnya saja mencapai 9.100.000 kilometer persegi. Bahkan ia juga melintasi berbagai negara, mulai dari Algeria, Libya, Mesir, Mali, Maroko, Mauritania, Sudan, Niger, hingga Tunisia.

Sanking luasnya, penetapan gurun Sahara sebagai gurun pasir terluas di dunia pun dilakukan oleh UNESCO.

Uniknya, pada tahun 2016, gurun Sahara pernah tertutupi oleh salju selama beberapa hari pada Desember 2016.

Gurun Semenanjung Arabia

Gurun terluas di dunia selanjutnya adalah gurun Semenanjung Arabia atau yang lebih dikenal dengan sebutan Gurun Arabia. Gurun pasir yang satu ini memiliki luas hingga 2.330.000 km2 dan melintasi beberapa negara, seperti Irak, Kuwait, Yordania, Oman, Qatar, Arab Saudi, Yaman, dan Uni Emirat Arab. 

Gurun Arabia ini sendiri dibagi lagi ke dalam dua kawasan gurun pasir, yakni Gurun An-Nafud dan Gurun Rub Al-Khali. Luas Gurun An-Nafud adalah 68.035 km2, sementara Gurun Rub Al-Khali memiliki luas hingga 593.110 km2.

Gurun Gobi

Sebagai salah satu gurun terluas di dunia, Gurun Gobi merupakan salah satu gurun pasir yang paling populer. Gurun yang satu ini berada di wilayah Tiongkok, yakni di bagian selatan Mongolia. Luasnya mencapai hingga 1.295.000 km2.

Gurun Gobi sendiri merupakan gurun pasir yang paling luas di seluruh daratan Asia. Ia berbatasan langsung dengan Pegunungan Altai di sebelah utara. Di sebelah barat daya, Gurun Gobi berbatasan dengan dataran tinggi Tibet, dan di sebelah tenggara dengan dataran Cina Utara. 

Salah satu informasi terbaru dari Gurun Gobi adalah ditemukannya cacing maut mongolia. Cacing ini dianggap mematikan dan tinggal di dalam gurun pasir Gobi.

Gurun kalahari

Gurun Kalahari merupakan salah satu gurun terluas di dunia yang berada di wilayah selatan Afrika. Gurun pasir yang satu ini memiliki luas hingga 900.000 km2.

Meskipun dianggap sebagai salah satu gurun terluas di dunia, Gurun Kalahari sebenarnya masuk ke dalam kategori semi gurun. Ia memiliki bagian pasir kering yang terhampar luas, namun juga memiliki area padang rumput yang cukup hijau jika hujan datang.

Gurun pasir yang satu ini membentang dari wilayah Botswana, Namibia, hingga ke Afrika Selatan.

Gurun Patagonia

Jika sejak tadi kita membahas tentang gurun pasir di Asia dan Afrika, sekarang kita berkenalan dengan salah satu gurun pasir terluas di dunia sekaligus merupakan gurun terluas di benua Amerika. Gurun ini adalah Gurun Patagonia yang memiliki luas mencapai 673.000 km2.

Letak gurun pasir yang satu ini berada tepat di wilayah Argentina dan Chili. Uniknya, di Gurun Patagonia selalu terjadi musim dingin selama 7 bulan dan musim panas selama 5 bulan.

Itulah beberapa gurun terluas di dunia yang mungkin bisa masuk ke list penjelajahanmu selanjutnya. Siap menjelajahi gurun pasir?

Related Articles

Leave a Reply