5 Gitaris Dunia Berbakat yang Tak Terlupakan, Siapa Favoritmu?

Musik merupakan suatu hal yang begitu dekat dengan kita. Menurut penelitian, musik sudah mulai mengukir sejarah dunia sejak 40.000 tahun yang lalu. Hingga saat ini, music terus berkembang, bukan hanya sebagai media hiburan, bahkan sebagai media mencari nafkah untuk banyak orang.

Musik biasanya dihasilkan oleh instrumen. Seiring perkembangan zaman, instrumen musik di Indonesia maupun dunia tampaknya semakin beragam. Bahkan saat ini kita sudah dapat menemukan instrumen musik digital. Selain itu, di internet juga sudah banyak situs-situs yang memungkinkan siapapun mempelajari berbagai instrumen secara gratis.

Namun, ada satu instrumen musik sangat banyak diminati orang-orang dari zaman dulu hingga saat ini, yakni gitar.

Berdasarkan catatan sejarah, gitar pertama kali dibuat pada abad ke-15 di Spanyol. Pembuatan alat musik yang satu ini terinspirasi dari alat musik Latin lain yang memang sudah ada di Spanyol sebelumnya. Bayangkan, usia gitar sebagai alat musik sudah mencapai 6 abad! Bayangkan berapa banyak orang yang sudah mahir memainkannya!

Saat ini, jika kita melakukan eksplorasi di mesin pencari atau bahkan YouTube tentang gitaris terbaik, kita pasti disuguhkan berbagai informasi yang berisi daftar orang-orang yang memang memiliki skill tingkat dewa dalam bermain gitar.

Namun, tahukah kamu, ternyata ada lho orang-orang yang bukan hanya mahir bermain gitar tetapi juga mahir mengguncang panggung dengan permainan mereka?

Yuk, simak daftar 5 gitaris dunia paling berbakat yang tidak terlupakan dalam artikel di bawah ini!

Jimi Hendrix, gitaris dunia paling berpengaruh di musik rock

Jimmy Page di atas panggung. Sumber: Reuters

Siapa yang tidak tahu Jimi Hendrix? Kamu yang memang mencintai gitar pasti tahu permainannya, atau setidaknya pernah mendengar namanya. Ia merupakan seorang gitaris dunia asal Amerika yang dikenal sangat berpengaruh dalam sejarah musik rock dunia.

Ia dapat memainkan gitar dengan sangat lincah, bahkan dengan kecepatan yang kerap disebut sebagai kecepatan dewa. Jika selama ini kamu melihat orang-orang atau dirimu sendiri memainkan gitar dengan memetik senarnya menggunakan jari, hal ini bukan keharusan bagi Jimi Hendrix.

Sanking berbakatnya, ia dapat bermain gitar di belakang kepala atau memetik senang dengan giginya, dan masih memberikan nada-nada yang teratur dan enak untuk didengar.

Salah satu penampilannya yang paling ikonik adalah penampilan di Woodstock di mana ia membawa lagu kebangsaan Amerika Serikat. Dari penampilan tersebut, ia berhasil mendapatkan sebutan gitaris dunia terbaik.

Jimmy Page, musisi berbakat asal Inggris

Jimmy Page. Sumber: Rock and Roll Garage

Satu lagi gitar dunia terbaik yang akan selalu kita ingat sepanjang masa, Jimmy Page. Ia merupakan seorang gitaris yang penuh teka-teki. Bagaimana tidak, dengan gitar andalannya, ia dapat memainkan musik folk negaranya, Inggris, dengan lembut. Kemudian di menit berikutnya ia menyajikan permainan gitar yang menderit.

Wow! Sudah pasti semua penonton akan terpukau saat melihat Jimmy bermain di atas panggung.

Berbeda dengan Jimi Hendrix yang sangat lincah dan suka melompat-lompat di atas panggung, Jimmy Page merupakan tipe gitaris dunia yang terlihat lebih kalem saat bermain musik.

Eddie Van Halen dengan karya-karyanya yang mengguncang dunia

Eddie Van Halen. Sumber: Getty Images

Masa sih kamu gak tau Eddie Van Halen? Karya-karyanya sudah banyak lho yang didengar oleh masyarakat dunia, mulai dari karyanya Unchained, Eruption hingga Take Your Whiskey Home!

Sepanjang kariernya, Eddie Van Halen kerap menggandeng kakaknya, Alex Van Halen, untuk bermain musik bersama. Keduanya seolah menggabungkan kekuatan agar sama-sama dikenal dunia. Hasilnya, nama belakang mereka, Van Halen, menjadi salah satu nama terbesar di dunia musik rock.

Salah satu keunikan Eddie Van Halen saat bermain gitar adalah kebiasaannya memegang pick gitar di antara ibu jari dan jari tengah, sehingga jari telunjuknya dapat digunakan untuk melakukan finger tapping. Keren kan?

Eric Clapton dan riwayat karier musik yang mengesankan

Eric Clapton. Sumber: Invision

Satu lagi gitaris dunia yang karier serta karyanya sangat membanggakan. Ia merupakan seorang gitar yang memiliki banyak portofolio, di mana ia berhasil membuat sejumlah band hit besar menjadi naik daun. Tidak heran ia dikenal sebagai salah satu gitaris dunia yang paling berpengaruh.

Selama menjalani karier, ia juga telah mendapatkan banyak penghargaan yang sangat membanggakan. Beberapa di antaranya adalah 18 Grammy Awards, serta title yang didapat dari pelantikannya sebagai satu-satunya musisi yang dilantik dalam 3 waktu yang berbeda ke dalam Rock and Roll Hall of Fame.

Gitaris dunia yang satu ini sudah pasti menjadi favorit semua orang!

Stevie Ray Vaughan dan keinginannya menjadi gitaris terbaik dunia

Stevie Ray Vaughan. Sumber: Getty Images

Stevie Ray Vaughan telah menunjukkan kecintaannya terhadap musik, terutama instrumen gitar sejak ia berusia 7 tahun. Karena kegigihannya dalam berlatih, akhirnya ia dikenal sebagai salah satu gitaris dunia yang paling berbakat, terutama dalam aliran blues. Karya-karyanya memang kebanyakan terinspirasi dari musik-musik blues.

Di usianya yang masih muda, ia berhasil mendapatkan 6 Grammy Award dan 10 Austin Music Award. Bahkan, ia juga mendapat satu tempat di Blues Hall of Fame, lho!

Namun sayang, sebuah kecelakaan helikopter telah merenggut nyawanya di usia 35 tahun. Walaupun demikian, dunia masih mengenangnya sebagai salah satu gitaris dunia paling berbakat dan paling berpengaruh dalam sejarah.

Nah, itu dia 5 gitaris dunia yang paling berbakat. Bagaimana menurutmu? Apakah selanjutnya namamu akan berada di daftar gitaris dunia paling berpengaruh?

Agar lebih mengenal permainan gitar, yuk, kita nonton YouTube aja! Sembari menonton, tidak ada salahnya lho kamu nyobain produk kantong nikotin VELO, yang ditujukan untuk kamu yang sudah 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui, yang menawarkan cara baru menikmati nikotin yang lebih praktis, kapan saja dan dimana saja. Tidak menimbulkan asap sehingga kamu tidak perlu khawatir akan mengganggu kenyamanan orang di sekitar. Ini adalah cara asyik dan santai menikmati sensasi nikotin!

Related Articles

Leave a Reply