5 Fakta Tentang Apa Yang Dimaksud dengan Diskon dan Bagaimana Cara Kerjanya

Bagi kamu yang sering berbelanja ke mall atau supermarket, kamu mungkin sering melihat poster besar bertuliskan diskon beserta nilai diskonnya pada poster yang diletakkan di depan atau di dalam sebuah toko. Kebanyakan biasanya toko baju atau toko kosmetik. Namun tentu saja berbagai toko yang menawarkan produk lain pun kerap memberikan diskon.

Tapi sebenarnya apa yang dimaksud dengan diskon?

Diskon sendiri biasanya kita kenal sebagai potongan harga. Secara sederhana, apa yang dimaksud dengan diskon adalah barang-barang yang dijual dengan harga yang lebih murah dari harga normalnya. Umumnya pengadaan diskon dilakukan secara musiman. 

Selain dikenal sebagai potongan harga, diskon juga kerap disebut-sebut sebagai rabat dan korting. 

Tujuan pemberlakuan diskon adalah untuk menarik minat para calon pembeli agar mereka tertarik untuk membeli barang yang ditawarkan. Di masa-masa sebelum pandemi, saat masih banyak orang lebih memilih berbelanja ke mall dibanding berbelanja secara online, kita dapat melihat berbagai toko ramai didatangi calon pembeli karena adanya diskon besar-besaran. 

Banyak orang berpikir bahwa mereka akan lebih menghemat pengeluaran jika mereka membeli barang-barang saat diskon. Padahal terkadang justru pengeluarannya menjadi lebih banyak dengan alasan “mumpung diskon”.

Di balik barang-barang diskon yang kamu beli di supermarket atau mall, ternyata ada banyak fakta yang mungkin belum kamu ketahui lho! Cari tahu fakta apa yang dimaksud dengan diskon dalam artikel di bawah ini ya!

Barang reject

Barang reject atau secara sederhana diartikan sebagai produk gagal merupakan produk yang tidak jadi didistribusikan ke pasaran. Produk ini biasanya mendapat kecacatan saat penyortiran atau bahkan saat proses pembuatan dilakukan. 

Nah, terkadang barang-barang diskon yang kamu temukan di mall merupakan barang-barang reject, itu sebabnya harganya lebih rendah. Oleh karena itu, kalau kamu beli barang diskon di mall, sebaiknya perhatikan detailnya dulu ya!

Buy 1 Get 1 Free

Slogan diskon yang satu ini memang sangat menggugah selera kita untuk membeli barang yang tengah diskon. Biasanya istilah Buy 1 Get 1 Free banyak kita temukan saat natal, lebaran, dan tahun baru tiba. Ini menjadi alasan mengapa sebuah toko tampak begitu ramai dikunjungi.

Kamu mungkin berpikir bahwa jika penjual terus-menerus menggunakan strategi diskon yang satu ini, mereka akan mengalami kerugian besar. Padahal strategi ini pastinya sudah mereka pikirkan dengan matang. Yaa, tentu saja ada permainan harga di dalamnya!

Kekuatan angka 9 di belakang harga

Cobalah berjalan-jalan ke toko baju atau toko sepatu di mall, kamu akan menemukan banyak barang yang dibanderol dengan berbagai harga di mana angka belakangnya adalah angka 9, misalnya Rp99.000, Rp349.000, Rp499.000, dan seterusnya. 

Menurut studi psikologi, manusia memiliki kecenderungan memperhitungkan angka sebelah kiri dibanding angka di kanan. Jadi harga Rp99 ribu akan terlihat lebih menggiurkan dibanding Rp100 ribu. 

Angka Rp99 ribu juga membuatnya seolah sangat murah. Padahal harganya juga tidak jauh berbeda dengan Rp100 ribu.

Diskon 50% + 20%

Apakah kamu pernah melihat banner diskon seperti ini? Apakah yang ada di pikiranmu berarti barang tersebut diskon 70%? Jika iya, berarti kamu belum memahami apa yang dimaksud dengan diskon 50% + 20%.

Cara penggunaan diskon ini adalah harga normal dikali 50%. Kemudian hasilnya, baru dikalikan lagi dengan 20%. Dengan kata lain, ini menunjukkan diskonnya 60%, bukan 70%.

Mungkin kamu juga pernah melihat banner diskon 50% + 50%. Bukan berarti barang yang ditawarkan tersebut gratis kan? Karena ini artinya harga normal dikali 50%, lalu hasilnya dikalikan lagi dengan 50%. Artinya, ini adalah bahasa lebih keren dari diskon 75%.

So, para pecinta barang diskon, kamu sudah tahu beberapa fakta menarik tentang apa yang dimaksud diskon. Nah, sambil cari-cari barang diskonan, kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas boleh banget lho, cobain VELO, cara seru temanin waktu santuy-mu!

Related Articles

Leave a Reply