5 Desain CV Unik Ini Bisa Bikin HRD Tertarik

Membuat CV atau Curriculum Vitae yang kreatif seringkali memang perlu terutama untuk kita para pelamar kerja. Persaingan dunia kerja yang ketat memang dibutuhkan sesuatu yang unik agar HRD tertarik dengan skill yang kita miliki. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan membuat desain CV unik yang berbeda dari kebanyakan CV lainnya.

CV sering dijadikan bahan pertimbangan bagi para HRD sebelum lanjut ke tahap berikutnya. Kalau CV kita unik, pasti HRD pun bakal tertarik. Biar lamaran pekerjaanmu nggak sia-sia, yuk intip 5 desain CV yang unik dan kreatif ini. Bisa jadi inspirasi lho buatmu yang akan melamar pekerjaan.

1.     Jika selama ini lamaran kerjamu masih ditolak, coba deh buat CV bergaya chalkboard ini

Pasti kamu tahukan, papan tulis berwarna hitam yang tulisannya masih menggunakan kapur putih? Nah, konsep ini bisa kamu gunakan untuk contoh desain CV kreatif kamu lho. Kamu bisa memilih warna hitam sebagai background dari CV kamu.

Biar tulisannya semakin unik, kamu bisa menggunakan warna lain selain putih untuk menandai bagian penting dalam CV kamu.  Jangan lupa juga sertakan foto terbaik kamu biar CV mu terlihat semakin profesional.

2.     Kalau ingin lebih unik lagi, CV berbentuk komik ini bisa jadi pilihannya

Membuat CV layaknya komik? Hem, nggak ada salahnya juga kok demi HRD tempat kamu melamar kerja tertarik dengan CV yang kamu ajukan. CV berbentuk komik ini selain unik juga cocok sekali buatmu yang ingin melamar ke perusahaan animasi atau yang berkaitan dengan gambar menggambar.

Seperti komik pada umumnya, kamu bisa menceritakan profil diri kamu ke dalam cerita komik tersebut. Meski sedikit ribet, namun ini bisa jadi solusi biar CV kamu terlihat unik dan berbeda.

3.     Berencana bekerja di industri game? sepertinya CV kreatif dengan template game ini bisa kamu coba

Memilih template memang harus disesuaikan dengan bidang yang akan kamu masuki, salah satunya seperti template game yang satu ini. Template ini bisa kamu gunakan jika kamu berencana melamar ke perusahaan industri game.

Meski templatenya sedikit unik, namun isinya bisa kamu buat sesimple mungkin. Biar HRD juga lebih mudah membacanya. Kamu bisa menuliskan setiap kelebihanmu, baik hardskill maupun softskill. Gimana tertarik membuat CV seperti ini?

4.     Kalau kamu punya keahlian melukis, CV semacam sketsa ala graphic designer ini bisa kamu coba

Kalau kamu punya keahlian melukis, nggak ada salahnya kok menambahkan sketsa atau lukisan wajah kamu ke dalam CV. Selain unik, CV ini juga bisa jadi pilihan untuk kamu yang berencana melamar pekerjaan sebagai desainer, penulis, fotografer, atau yang berkaitan dalam dunia seni.

Biar tampilannya lebih unik, kamu juga bisa memainkan bentuk dan ukuran font. Gunakan paduan warna agar CV mu terlihat lebih menarik di mata para HRD ya.

5.     Atau kamu bisa pilih CV dengan model infografis di dalamnya

Biar CV mu terlihat lebih unik dan profesional, coba deh gunakan model infografis di dalamnya. Kamu bisa menceritakan tentang profil, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, serta skill yang kamu miliki dalam bentuk grafik.

Biar lebih mudah dibaca, buat sesimple mungkin ya. Tapi kamu bisa menambahkan kompetensi lain agar CV mu semakin menarik di mata HRD. 

Itulah 5 desain CV unik yang bisa bikin HRD tertarik. Buat CV semenarik dan sekreatif mungkin biar lamaran kerjamu keterima ya!

Elya
Seorang penulis blog yang sudah berkecimpung sejak tahun 2014 sampai sekarang.

Related Articles

Leave a Reply