5 Cara Sukses Jualan di Marketplace untuk Pemula

Ketika dunia digital sudah semakin maju dan setiap orang memiliki akses yang mudah terhadap Internet, maka berjualan secara online adalah sebuah pilihan menarik.  Jalur online dipilih untuk memudahkan sebuah pemasaran tanpa terkendala kepemilikan tempat bisnis maupun sempitnya peluang sukses. Karena melalui jalur online, kita akan memiliki ruang pemasaran tanpa batas.

Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Shopee, Elevenia, Blanja, dan JD.id adalah beberapa marketplace yang bisa kamu pilih sebagai media pemasaran sekaligus berjualan. Karena banyaknya keuntungan dan peminat untuk berjualan online, maka di bawah ini kita akan membahas beberapa cara jualan di marketplace bagi pemula.

Cara Jualan di Marketplace 

cara jualan di marketplace
Image source: Maucash

Siapkan Produk Berkualitas & Memiliki Daya Saing

Berjualan tidak akan terlepas dari produk sebagai hal utamanya. Memiliki produk yang berkualitas, unik atau khas dari daerah di sekitar kamu adalah sebuah keuntungan.

Dengan produk khas daerah atau unik, biasanya keberadaannya mudah di jumpai di sekitar kamu dan memiliki harga yang lebih bersaing karena banyaknya produsen yang memproduksi barang tersebut. Ingat, untuk selalu menjual barang-barang yang berkualitas, agar konsumen tidak kecewa dan memiliki keinginan untuk melakukan pemesanan kembali.

Sediakan Definisi Produk & Gambar yang Baik

Membeli secara online, berarti seorang konsumen tidak melihat secara langsung barang yang akan dibelinya. Biasanya, gambaran produk hanya diperoleh dari definisi barang dan foto yang dicantumkan pada iklan. Agar konsumen mendapatkan barang sesuai dengan ekspektasi mereka, maka ada baiknya kamu memberi deskripsi barang dengan baik dan lengkap serta mencantumkan foto asli dari barang tersebut.

Mulai Mendownload Aplikasi

kamu bisa mendownload aplikasi marketplace pada ponsel, setelah itu lakukan proses pendaftaran dengan memasukkan profil Anda, nomor handphone, email, Pin BBM ataupun social media lain yang Anda miliki. Dengan memiliki aplikasi marketplace secara langsung, Anda dapat lebih mudah menjalankan usaha Anda dimanapun dan kapanpun.

Tambahkan Foto Produk

Tambahkan foto produk yang akan kamu jual online melalui marketplace. Buat foto semenarik mungkin dan gunakan foto asli. Dengan foto asli, konsumen akan lebih percaya dan tertarik untuk melakukan pembelian.

Setelah foto produk kamu sudah di-upload, jangan lupa untuk mengisi keterangan dan deskripsi produk. Tentukan berat barang, harga, dan kriteria barang sesuai peraturan pada marketplace yang Anda pilih.

Tambahkan Rekening Pembayaran

Setelah produk dan tampilan toko sudah siap, masukkan nomor rekening pribadi pada marketplace yang telah kamu pilih. Ketika kamu memutuskan untuk berjualan di marketplace, Anda tidak bisa langsung menerima pembayaran dari calon pembeli, tetapi pembayaran akan tersimpan di saldo marketplace, dan bisa kamu tarik setelah pembeli menerima barang yang ia pesan.

Namun, pembayaran yang kamu tarik akan ditransfer marketplace sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, misalnya setiap hari Kamis atau Jumat.

Nah, itulah beberapa cara jualan online dan strategi jitu untuk pemula yang bisa diterapkan di tahun 2021. Untuk mendapatkan tips jitu seputar jualan online lainnya, simak update artikel terbaru dari VELO, kantong nikotin bebas tembakau super praktis dengan aneka varian rasa unik!

Kantong nikotin VELO 100% bebas tembakau dan bisa kamu nikmati kapan saja dan dimana saja. VELO dikhususkan bagi pengguna produk nikotin berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang hamil atau menyusui.

Penasaran dengan sensasi nikotinnya? Langsung saja kunjungi situs VELO Indonesia!

Hengky
Crafting stories about social issues, pop culture, & common knowledge.

Related Articles

Leave a Reply