5 Cara Mencari Penghasilan Tambahan untuk Karyawan

Tiap tahun kebutuhanmu pasti terus bertambah. Jangankan bagi kamu yang sudah berkeluarga, orang yang masih single sekalipun pasti memiliki banyak kebutuhan.

Sebagai karyawan, kamu sudah tahu berapa penghasilan yang kamu dapatkan setiap bulannya. Terkadang gaji bulanan hanya cukup memenuhi kebutuhan pokok saja. Bagi beberapa orang, gaji bulanan bisa dibuat sekaligus untuk menabung. Namun, sisanya tidak ada sehingga kita kesulitan untuk sekedar liburan atau menghabiskan waktu nongkrong dan bersenang-senang bersama teman.

Karena alasan-alasan tersebut, banyak orang yang berprofesi sebagai karyawan mencoba mencari penghasilan tambahan. Namun sebagai karyawan, waktumu pasti banyak dihabiskan untuk menyelesaikan tugas-tugas kantor. Oleh karena itu, kamu mungkin bingung bagaimana cara mencari penghasilan tambahan untuk karyawan sepertimu.

Nah, kamu tidak perlu khawatir, dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mencari penghasilan tambahan.

Mencari pekerjaan lepas

Banyak orang memilih menjadi pekerja freelance atau disebut dengan freelancer. Karena selain tidak terlalu terikat kontrak kerja, pekerjaan freelance juga memungkinkan seseorang untuk bisa mengerjakan lebih banyak pekerjaan yang berarti mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Bagi sebagian orang, pekerjaan lepas dijadikan sebagai ranah untuk mencari penghasilan tambahan. Hal ini tentu dapat kamu lakukan juga sebagai karyawan.

Dengan mencari pekerjaan freelance, kamu bisa mengerjakan berbagai hal, mulai dari desain grafis, membuat tulisan untuk website (content writing), pengajar freelance, penulis lagu freelance, dan sebagainya, tergantung hobi dan skill yang kamu miliki.

Dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan agar saat hari libur tiba, kamu bisa berjalan-jalan dan liburan bersama keluarga atau temanmu.

Investasi

Investasi adalah cara mencari penghasilan tambahan untuk karyawan yang paling mudah. Kamu tinggal mempelajari tentang dunia investasi. 

Tidak perlu harus tahu secara mendalam karena saat ini banyak aplikasi-aplikasi mobile yang bisa membantumu melakukan investasi dengan mudah. Modalnya pun tidak perlu banyak-banyak, karena bahkan ada aplikasi investasi yang memungkinkanmu berinvestasi dari uang senilai Rp100.000 saja.

Jika kamu sudah tahu mau investasi di mana, sediakanlah modalnya. Jangan lupa cek secara berkala agar kamu tahu kapan kamu membeli atau menjual pasar uang, obligasi, atau saham milikmu. 

Menjadi dropshipper barang

Salah satu cara mencari penghasilan tambahan untuk karyawan yang paling populer adalah menjadi dropshipper. Dengan pekerjaan sampingan ini, kamu bisa menjual barang-barang milik supplier tanpa harus melakukan stok barang.

Gunakanlah platform online untuk berjualan. Kamu hanya perlu menaikkan harga barang dari supplier agar kenaikan harga tersebut bisa menjadi penghasilan tambahan untukmu. Mudah kan?

Menjadi reseller barang

Peran reseller barang hampir sama dengan dropshipper. Bedanya, jika menjadi dropshipper berarti kamu tidak perlu melakukan stok barang, menjadi reseller membuatmu harus menyimpan stok barang. 

Keduanya tentu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Jika kamu menjadi reseller dan ada pelanggan yang ingin membeli barang yang kamu jual, kamu tidak perlu menunggu barangnya dikirim oleh supplier dulu. Cara ini tentu membuat pengiriman barang menjadi lebih cepat. Nah, sekarang tergantung kamu, cara mana yang menurutmu lebih efektif?

Itulah beberapa cara mencari penghasilan tambahan untuk karyawan yang perlu kamu ketahui. Sambil ngopi dalam mikir soal pekerjaan sampingan mana yang ingin kamu ambil, cobain VELO dulu yuk!

VELO adalah produk kantong nikotin pertama di Indonesia yang hadir dengan berbagai rasa. VELO cocok dibawa kemanapun dan dikonsumsi kapanpun asalkan usiamu sudah lebih dari 18 tahun. Cobain yuk!

Related Articles

Leave a Reply