5 Bisnis Sampingan Mahasiswa Tanpa Modal

Selain belajar, salah satu hal yang paling sering terlintas di pikiran mahasiswa adalah bagaimana cara mendapatkan uang saku tambahan dengan mudah. 

Bagaimana tidak, mahasiswa biasanya harus menunggu uang dari orang tua dulu baru bisa membeli kebutuhannya. Padahal terkadang uang tersebut tidak cukup, apalagi untuk dipakai nongkrong bareng teman.

Sebagai seseorang yang menginginkan penghasilan tambahan, pernahkah kamu kepikiran membangun bisnis sampingan mahasiswa tanpa modal? Pastinya banyak mahasiswa yang ingin melakukan hal ini.

Namun, ketika kamu sibuk belajar dan menjalani peran sebagai mahasiswa, terkadang rasanya sulit membagi waktu. Oleh karena itu, ketahuilah beberapa bisnis sampingan mahasiswa tanpa modal yang tidak membutuhkan terlalu banyak waktu untuk dikerjakan. Apa saja sih bisnis sampingan tersebut? Simak dalam artikel berikut ini!

Menjadi tutor

Coba lihat apa keahlian khusus yang bisa kamu jual? Desain grafis? Musik? Olahraga? Atau kamu mendalami mata pelajaran atau mata kuliah tertentu? Saatnya kamu menjadikan berbagai skill tersebut sebagai lahan bisnis. 

Saat ini ada banyak platform online yang memungkinkanmu untuk mempromosikan diri sebagai tutor freelance. Sembari menjalani peran sebagai anak kuliahan, kamu tetap bisa bekerja dengan waktu yang fleksibel untuk mendapatkan uang jajan tambahan. Semua pekerjaan itu kamu lakukan sesuai hobi atau interest-mu. Menarik kan?

Membuka jasa kursus bahasa

Di era globalisasi seperti sekarang, banyak orang yang berusaha mempelajari berbagai bahasa asing, baik untuk keperluan pendidikan atau untuk meniti karir di tingkat internasional.

Jika kamu fasih dalam bahasa tertentu, misalnya bahasa Inggris atau bahasa Mandarin, kamu bisa membuka jasa kursus bahasa. 

Tenang saja, membuka jasa kursus ini bisa dilakukan tanpa modal materi, cukup modal keahlian bahasa saja. Kamu tidak perlu mencetak brosur penawaran dalam jumlah banyak. Kamu hanya perlu membagikan info secara online, misalnya via media sosial, untuk memberitahu kepada orang-orang bahwa kamu membuka jasa kursus bahasa.

Menjual barang-barang bekas layak pakai

Coba buka lemari pakaianmu. Apakah kamu menemukan banyak baju yang masih layak pakai namun sudah kekecilan atau sudah jarang dipakai? Kamu bisa menjual baju-baju itu lho!

Tidak perlu repot-repot memikirkan di mana kamu bisa menemukan lapak untuk berjualan. Selain membutuhkan waktu dan energi yang banyak, lapak jualan juga memerlukan biaya sewa.

Agar lebih efektif, kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk berjualan. Jika kamu, kamu juga dapat membuat akun di e-commerce dan berjualan di sana.

Selain baju, kamu juga bisa menjual barang layak pakai lainnya, seperti jam tangan, tas, sepatu, koleksi mainan, bahkan perabotan yang sudah tidak dipakai.

Menjadi pemandu wisata

Jika kebetulan kamu tinggal di daerah wisata, tidak ada salahnya kamu membuka bisnis jasa pemandu wisata. Pastikan keahlian bahasa dan cara berkomunikasimu cukup baik.

Selain mendapatkan uang saku tambahan, bentuk bisnis sampingan untuk mahasiswa tanpa modal ini juga memungkinkanmu bertemu dengan orang-orang baru yang mungkin akan bisa menjadi temanmu.

Membuka jasa pembuatan website

Saat ini, banyak pebisnis yang mengembangkan usahanya ke ranah online. Jadi sudah pasti mereka membutuhkan jasa pembuatan website.

Jika kamu memang memiliki keahlian programming, kamu bisa menawarkan jasamu. Mungkin pertama kepada orang-orang yang kamu kenal memiliki bisnis dan ingin membuat website. 

Dengan cara ini, uang saku tambahan akan mengalir ke kantongmu.

Itulah 5 bisnis sampingan mahasiswa tanpa modal. Mana yang paling menarik dan mudah dilakukan untukmu?

Related Articles

Leave a Reply