5 Aktivitas Fisik Terbaik Menurut Para Ahli

Untuk menjaga tubuh tetap sehat, banyak orang melakukan berbagai cara, mulai dari mengatur pola makan, pola tidur, mengonsumsi vitamin, dan melakukan berbagai aktivitas fisik. Yep, melakukan aktivitas fisik memang dianggap salah satu cara yang paling manjur untuk menjaga kesehatan sebagai aset penting dalam hidup manusia. 

Banyak orang menganggap bahwa melakukan aktivitas fisik berarti melakukan berbagai kegiatan-kegiatan berat dan cenderung menyiksa. Apakah benar demikian.

Untuk menjawab pertanyaan ini, sebaiknya kamu memahami terlebih dahulu apa yang sebenarnya dimaksud dengan aktivitas fisik.

Secara sederhana, aktivitas fisik didefinisikan sebagai segala gerakan tubuh yang menggunakan fungsi otot dan membutuhkan energi.

Departemen Kesehatan di Amerika mendefinisikan aktivitas fisik sebagai aktivitas-aktivitas yang mampu meningkatkan kesehatan manusia.

Hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas fisik sendiri sebenarnya telah banyak diteliti oleh para ahli dari berbagai organisasi dan lembaga kesehatan, salah satunya dari National Heart, Lung, and Blood Institute. 

Lembaga kesehatan yang satu ini mengelompokkan aktivitas fisik ke dalam 4 bagian, yakni peregangan otot, peregangan tulang, aerobik, dan peregangan lain.

Aerobik sendiri kerap mendapat perhatian khusus dari para ahli dan masyarakat secara umum. Oleh karena itu aktivitas fisik aerobik pun dibagi menjadi 3 jenis berdasarkan intensitasnya, yakni aktivitas fisik ringan, sedang, dan berat.

Aktivitas fisik ringan merupakan aktivitas fisik yang tidak memerlukan banyak energi untuk dilakukan. Beberapa contoh aktivitas fisik ringan adalah berjalan, berkebun, menyapu rumah, dan berbagai aktivitas kecil yang kita lakukan setiap hari. 

Sementara itu, aktivitas fisik berintensitas sedang adalah segala bentuk aktivitas fisik yang membuat paru-paru, jantung, serta otot manusia bekerja lebih keras. Contoh dari aktivitas fisik sedang adalah jogging, bersepeda, berenang, dan lain-lain.

Terakhir yakni aktivitas berintensitas berat. Aktivitas ini, selain membuat otot, paru-paru, dan jantung bekerja lebih keras, biasanya juga membuat orang yang melakukannya lebih sulit untuk mengucapkan kata tanpa berhenti menarik napas. Contoh aktivitas fisik berintensitas berat ini meliputi angkat beban, panjat tebing, dan sebagainya.

Baik aktivitas fisik berintensitas ringan, sedang, hingga berat, masing-masing memiliki manfaat yang baik bagi tubuh kita, mulai dari membantu kita mengontrol berat berat badan, meningkatkan kekuatan fisik dan pembentukan otot, menghindarkan kita dari stres, mengontrol mood, bahkan memperbaiki kualitas tidur.

Dari sekian banyak aktivitas fisik yang ada, kamu mungkin bertanya-tanya aktivitas fisik apa yang paling baik untuk dilakukan secara rutin. Ya, semua aktivitas fisik memang baik, namun ada 5 aktivitas fisik terbaik yang bisa kamu coba lakukan sesuai anjuran beberapa pakar dari Harvard Medical School. Apa saja sih kelima aktivitas tersebut? Cekidot!

Jalan kaki

Jalan kaki adalah aktivitas fisik berintensitas ringan yang paling mudah dan paling sering kita lakukan sehari-hari. Dengan berjalan kaki, kamu pun bisa membakar kalori dalam tubuh.

Bukan hanya itu, berjalan kaki secara rutin dapat membantumu memperkuat tulang, menurunkan kadar kolesterol, bahkan  mencegah berbagai penyakit tidak menular seperti penyakit jantung koroner dan juga diabetes.

Bahkan jika kamu sedang galau atau memiliki mood jelek, kamu bisa mengobatinya dengan berjalan kaki. Hal ini dikarenakan jalan kaki dapat memperbaiki suasana hatimu. Bukan hanya itu, manfaat lain dari berjalan kaki berdasarkan hasil berbagai studi ilmiah adalah untuk meningkatkan daya ingat seseorang.

Jika kamu tidak terbiasa berolahraga, kamu bisa mulai berjalan kaki 15 menit sehari selama 3-5 kali seminggu. Nah, jika kamu sudah mulai terbiasa, intensitasnya dapat kamu tingkatkan menjadi 30-60 menit dalam sehari. 

Saat melakukan olahraga ini, jangan lupa memakai alas kaki yang nyaman ya!

Berenang

Berenang bisa dibilang sebagai aktivitas fisik yang sangat menyenangkan, apalagi jika kamu ahli dalam olahraga ini. Dengan berenang, kamu dapat mengobati ketegangan pada sendimu yang menyebabkan nyeri dan sakit saat kamu bergerak.

Olahraga renang memang merupakan aktivitas fisik yang sangat cocok untuk orang-orang yang menderita radang sendi (artritis). Selain itu, tentu saja aktivitas fisik yang satu ini dapat membantumu menjaga kesehatan.

Olahraga fisik di kolam renang juga tidak hanya renang lho! Aerobik air juga ada. Aktivitas fisik yang satu ini juga membantu untuk pembakaran kalori dan pembentukan tubuh.

Tai chi

Kamu mungkin cukup asing dengan aktivitas fisik yang satu ini. Tai chi sendiri merupakan salah satu bentuk aerobik tradisional yang berasal dari Tiongkok. Aktivitas fisik Tai chi melibatkan gerakan tubuh yang lambat serta tarikan nafas yang dalam.

Jika kamu ingin melakukan relaksasi untuk tubuh dan pikiranmu, Tai chi adalah aktivitas fisik yang sangat cocok dilakukan.

Karena gerakannya yang lambat, orang-orang dari kelompok lanjut usia sangat disarankan melakukan aktivitas fisik ini. Tai chi dapat meningkatkan keseimbangan tubuh, jadi baik untuk mereka yang usianya senja. 

Agar gerakan Tai chi yang dilakukan tepat, kamu yang tertarik dengan aerobik ini sebaiknya mengikuti kelas Tai chi terlebih dahulu.

Latihan kekuatan

Pria dan wanita dapat melakukan latigan kekuatan untuk mencegah menurunnya kekuatan otot. Latihan ini juga akan meningkatkan massa otot yang efektif membantu pembakaran kalori, sehingga sangat cocok dilakukan oleh kamu yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

Salah satu cara melakukan latihan kekuatan otot adalah dengan angkat beban. Jika kamu tidak terbiasa angkat beban, mulailah dengan beban yang ringan saat latihan.

Senam kegel

Senam Kegel adalah aktivitas fisik yang dapat menjaga kesehatan otot dasar panggul penopang kandung kemih. Jika otoy tersebut kuat, maka risiko kamu (terutama perempuan) terkena inkontinensia urine akan semakin rendah. 

Walaupun demikian, senam kegel tetap bisa dilakukan oleh kaum pria!

Nah, itulah 5 aktivitas fisik terbaik menurut para ahli. Kamu mau coba yang mana dulu?

Related Articles

Leave a Reply