4 Tokoh Inspiratif Dunia yang Memulai Karir dari Nol

Inspirasi bisa didapatkan dari mana saja. Bisa saat kamu sedang berjalan-jalan sore atau melakukan me time, atau bisa dari pengalaman orang lain yang kamu dengar baik secara langsung atau tidak langsung dari orang yang bersangkutan.

Sebagai manusia biasa yang tentunya memiliki impian, rencana, serta angan-angan yang luar biasa, kita pasti selalu membutuhkan inspirasi. Dengan mendengarkan cerita-cerita inspiratif, kita kerap merasakan energi positif dan semangat yang lebih besar dalam menjalani hidup dan meraih semua mimpi kita.

Dengan mudahnya akses informasi, sekarang kita juga dimudahkan untuk membaca cerita-cerita dari tokoh inspiratif dunia, yakni mereka yang berasal dari negara kita maupun dari luar negara kita.

Jika kamu sedang mencari cerita tentang perjalanan hidup tokoh inspiratif untuk membangun kembali energi positif dalam di dirimu, yuk baca artikel di bawah ini tentang tokoh inspirasi dunia yang memulai karir dari nol. Mereka adalah orang-orang telah menunjukkan kepada dunia bahwa siapapun bisa bermimpi besar!

Oprah Winfrey

Aku yakin kamu pasti pernah menonton The Oprah Winfrey Show sebelumnya, atau setidaknya pernah mendengar nama program TV yang satu ini. The Oprah Winfrey Show

Merupakan program TV dengan rating tertinggi dalam sejarah dan berjalan selama 25 tahun dari 1986 sampai 2011.

Wanita yang berperan sebagai pembawa acara, Oprah Winfrey, adalah salah satu wanita paling berpengaruh di dunia. Ia adalah tokoh inspiratif dunia yang banyak menginspirasi orang-orang, terutama yang berkulit hitam dan perempuan.

Namun, siapa sangka untuk dapat berada di tempatnya sekarang ia harus melalui banyak rintangan hidup?

Saat Oprah masih kecil, orang tuanya pindah ke kota lain dan ia harus tinggal bersama neneknya. Ketika Oprah berusia 5 tahun, ia mulai masuk taman kanak-kanak. Karena ia sudah tahu cara membaca dan menulis, ia segera masuk ke kelas 1 Sekolah Dasar.

Saat ia berumur 6 tahun, neneknya sakit. Ia pun tinggal bersama ibunya yang telah menikah lagi. Ayahnya juga menikah dengan orang lain dan tinggal di kota yang berbeda.

Saat itu, ibu Oprah bekerja sebagai pembantu rumah tangga. Karena ibunya sudah mempunyai anak lagi, Oprah pun pindah ke kota lain dan tinggal bersama ayahnya. dikirim untuk tinggal bersama ayah dan ibu tirinya di Nashville.

Ayahnya sering membawa Oprah ke gereja dan di sanalah ia pertama kali belajar Public Speaking. Namun, ia hanya tinggal beberapa tahun bersama sang ayah, lalu memilih kembali kepada ibunya.

 Saat usianya masih 9 tahun, Ia mengasuh saudara tirinya. Saat itu sepupunya datang dan memperkosa Oprah. Ia diminta tidak memberitahu siapapun. Sejak saat itu, Oprah sering mengalami pelecehan seksual. Pada umur 14 tahun, ia hamil dan bayinya meninggal di usia 2 minggu.

Pada usia 16 tahun, Oprah mulai fokus pada pendidikannya. Ia juga beberapa kali memenangkan kompetisi di bidang Public Speaking yang saat itu hadiahnya adalah beasiswa untuk kuliah.

Ia terus mengukir prestasi lain termasuk di bidang Beauty Pageant. Ia terpilih menjadi Miss Beauty Tennessee, perempuan berkulit hitam pertama yang menang. Berbagai prestasi mengantarkannya menjadi Oprah Winfrey yang sekarang.

Steve Jobs

Semua orang tahu produk Apple. Pendirinya, Steve Jobs bukan hanya mendirikan Apple tetapi juga perusahaan besar lain seperti NeXT dan Pixar Animation Studios.

Saat ia lahir, orang tuanya masih remaja. Akhirnya mereka menyerahkan Steve untuk diadopsi oleh pasangan keluarga Jobs.

Steve Jobs tumbuh menjadi anak yang pintar dan sangat berbakat di bidang komputer. Orang tua yang mengadopsinya sangat mendukung penuh cita-cita anaknya. Ayahnya yang bekerja di bidang mekanis juga mengajarinya berbagai hal yang berkaitan tentang ketelitian.

Pada usia 12 tahun, Jobs ditawari untuk mengikuti program magang oleh pendiri HP, Bill Hewlett. Penawaran tersebut terjadi karena Hewlett melihat bahwa Jobs memiliki minat yang sangat besar pada barang elektronik.

Singkat cerita, Steve Jobs mengikuti program kuliah, namun ia tidak menyukai kuliah. Jadi pada semester pertama, ia berhenti. Namun saat itu ia tetap belajar sendiri untuk mengembangkan bakatnya di bidang komputer sampai akhirnya ia mendirikan Apple bersama seorang partner kerja yang juga bernama Steve.

Tahukah kamu bahwa Steve Jobs pernah dipecat dari perusahaan yang ia dirikan sendiri? Yup, hal itu pernah terjadi. Dewan Direksi Apple tidak menyukai Steve Jobs karena ia dianggap terlalu pintar dan susah diajak bekerja dengan tim.

Setelah dipecat dari Apple, Steve Jobs mendirikan NeXT, perusahaan komputer dan perangkat lunak.  Selanjutnya, Apple membeli NeXT untuk sistem operasinya, membawa Steve Jobs kembali ke perusahaan pertama yang ia dirikan.

Sebelum meninggal, Steve Jobs sempat menjadi CEO Apple dan saat itu nama brand Apple melambung hingga saat ini. Ia adalah pahlawan teknologi sekaligus tokoh inspiratif dunia yang akan dikenang sepanjang masa.

Narayana Murthy

Tokoh inspiratif lain yang memulai karir dari nol adalah Narayana Murthy. Ia mendirikan Infosys, sebuah perusahaan multinasional yang menyediakan layanan yang berkaitan dengan teknologi, teknik, konsultasi, dan outsourcing.

Masa kecil Murthy dihadapkan dengan kemiskinan. Namun sejak usia muda, ia bermimpi untuk memulai usaha bisnisnya sendiri dan fokus pertama Murthy adalah pendidikan. Oleh karena itu, ia berhasil mendapatkan gelar Sarjana Teknik Elektro dari Universitas Mysore dan gelar Master dari Institut Teknologi India, Kanpur.

Setelah lulus universitas, ia mulai bekerja di IIM, Ahmedabad, sebagai kepala pemrogram sistem. Namun, Murthy memutuskan untuk berhenti dan memulai perjalanan kewirausahaannya di sektor TI.

Ia Memulai sebuah perusahaan bernama Softronics, yang gagal setelah 1,5 tahun berdiri. Meski mengalami kegagalan di usia dini, namun ia tidak menyerah pada impiannya menjadi seorang pengusaha.

Ia belajar dari kesalahan sebelumnya dan memutuskan untuk bangkit kembali. Selanjutnya, Murthy dan enam ahli perangkat lunak lainnya, mengumpulkan 10.000 Rupee untuk membuat perusahaan bernama Infosys. Pada 2011, Murthy pensiun dari perusahaan tersebut.

Namun ternyata kepergian Murthy membuat perusahaan tersebut berada diambang bangkrut. Pada 2013, ia dipanggil kembali dan mengambil alih kepemimpinan perusahaan. Hasilnya, Infosys mendapatkan pendapatan yang tinggi di bawah kepemimpinan Murthy!

Nah, itu dia 3 kisah tokoh inspiratif dunia yang memulai karir dari nol dan bisa menjadi motivasi kamu untuk meraih kesuksesan. Sembari membaca kisah dari tokoh inspiratif dunia lainnya, yuk nikmati VELO.

VELO, adalah kantong nikotin pertama di Indonesia yang ditujukan untuk kamu yang sudah 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui. Berbagai varian rasanya bisa kamu pilih sesuai selera. Selain itu, VELO bisa dinikmati dengan nyaman kapan saja dan dimana saja tanpa khawatir mengganggu orang lain. Cukup selipkan di antara mulut dan gusi atas, sensasinya bakal kerasa hingga 30 menit.

Related Articles

Leave a Reply