4 Penyakit Yang Menyerang Orang Indonesia Saat Musim Hujan

Sebagai negara tropis, di Indonesia memang hanya terdapat dua musim saja, yakni musim kemarau dan musim hujan. Setelah musim kemarau yang panjang usai, maka giliran musim hujanlah yang menyapa.

Ketika musim hujan tiba, hampir semua wilayah Indonesia diguyur hujan. Hembusan udara di musim ini biasanya sejuk dan menjadi favorit banyak orang.

Namun, musim hujan terkadang membawa penyakit bagi kita. Jika kita tidak menjaga pola hidup dengan baik, kita akan rentan diserang beberapa penyakit.

Nah, agar tidak terkena penyakit, sebaiknya saat hujan kamu menjaga pola hidup yang sehat, minum vitamin, dan istirahat yang cukup. 

Sekarang yuk cari tahu apa saja sih penyakit-penyakit yang perlu kita waspadai saat musim hujan tiba!

Flu atau influenza

Flu atau influenza adalah penyakit yang paling sering menyerang orang Indonesia, terutama saat musim hujan tiba. Semua orang pasti pernah mengalaminya. Bahkan saat pergantian cuaca antara musim kemarau dan musim hujan, banyak pula orang yang terserang flu atau influenza.

Flu atau influenza ini juga muncul karena penyebab virus influenza tipe A, tipe B, atau tipe C. Ketiga tipe virus dapat menyebar dan menular melalui bersin, batuk, atau bahwa dari sentuhan benda-benda yang telah terkontaminasi virus. 

Kamu mungkin sudah tahu bahwa flu atau influenza memang merupakan penyakit yang sangat umum. Bahkan tanpa treatment khusus pun, penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya. 

Walaupun demikian, sebaiknya kamu tetap hati-hati, karena jika sudah terserang virus ini, aktivitas-aktivitasmu pasti akan terganggu. Lebih parahnya lagi, tidak sedikit orang yang menderita penyakit komplikasi dari influenza, misalnya pneumonia. Jadi hati-hati ya!

Diare

Jenis penyakit lain yang sering menyerang orang Indonesia saat musim hujan adalah diare. Penyakit ini biasanya berupa feses yang encer serta frekuensi buang air besar yang lebih sering dari biasanya. 

Penyebab umum diare adalah beberapa jenis bakteri dan virus seperti E. coli, cryptosporidium, rotavirus, shillega, dan sebagainya. 

Diare sendiri ada yang tergolong sebagai penyakit ringan, namun ada pula yang tergolong parah dan membahayakan nyawa.

Tipes

Kamu mungkin sudah sering mendengar istilah penyakit tipes. Penyakit tipes atau demam tifoid merupakan infeksi menular yang biasanya disebabkan oleh beberapa jenis bakteri seperti Salmonella thyphi atau Salmonella paratyphi. Jenis bakteri ini dapat menyebar melalui makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi. 

Meskipun penyakit tipes termasuk penyakit umum dan sering menyerang orang Indonesia, terutama saat musim hujan, penyakit ini akan sangat berbahaya apabila tidak segera ditangani.

Pengidap penyakit tipes bahkan bisa  mengalami komplikasi seperti pleuritis, pneumonia, gagal jantung akut,miokarditis (peradangan otot jantung), bahkan merenggut nyawa.

DBD

Demam berdarah dengue (DBD) merupakan penyakit lain yang paling sering menyerang orang Indonesia saat musim hujan tiba. Penyakit ini diakibatkan oleh adanya nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus. 

DBD sering membuat sendiri dan otot terasa sangat nyeri. Itu sebabnya penyakit yang satu ini sering juga disebut dengan penyakit break-bone.

Pada tingkat DBD yang paling parah, yakni

dengue hemorrhagic fever, kita harus sangat berhati-hati karena penyakit ini dapat menyebabkan penurunan tekanan darah yang tiba-tiba, pendarahan serius, bahkan kematian.

Itulah 4 penyakit yang sering menyerang orang Indonesia saat musim hujan tiba. Jangan sepele dengan penyakit-penyakit itu ya! Dan yang terpenting, jagalah pola hidupmu agar tetap sehat dan tidak rentan terhadap penyakit-penyakit umum di musim hujan!

Related Articles

Leave a Reply