4 Lokasi Padang Pasir di Indonesia Yang Bisa Kamu Kunjungi

Siapa sih yang gak suka liburan? Semua orang pasti senang. Saat ada tanggal merah berderet di kalender, kamu dan teman-temanmu mungkin segera menyusun rencana soal mau pergi liburan kemana dan liburan seperti apa yang kalian inginkan.

Beruntunglah kita tinggal di Indonesia, sebuah negara dengan kekayaan wisata yang seolah tiada habisnya. Kamu mau wisata modern? Ada! Mau wisata alam? Ada banyak! Kamu tinggal pilih mau kemana? Danau? Pantai? Gunung? Air terjun? Bahkan goa-goa indah? Semua tersedia di negeri kita. Pesona wilayah Indonesia, terutama kawasan wisatanya, memang paling diidam-idamkan semua orang.

Jika kamu adalah tipe orang yang suka menjelajahi kekayaan alam namun sudah sering ke tempat-tempat ‘mainstream’ seperti pantai atau pegunungan, sekarang saatnya kamu mengunjungi wilayah wisata lain seperti padang pasir.

Padang pasir? Memangnya ada di Indonesia? Bukannya cuma ada di wilayah Timur Tengah? Yep, tentu ada!

Di Indonesia, kita mempunyai banyak padang pasir yang eksotis dan sangat recommended untuk kamu jelajahi. Jadi, kamu tidak perlu jauh-jauh ke negara lain seperti Mesir untuk melihat langsung bagaimana bentuk padang pasir dan merasakan pengalaman bermain di sana.

Tanpa panjang-lebar lagi, yuk simak 4 padang pasir di Indonesia yang wajib masuk ke daftar tujuan wisatamu selanjutnya!

Gumuk Pasir Sumalu di Sulawesi Selatan

Ketika berbicara tentang wilayah Sulawesi, kamu mungkin langsung kepikiran tentang hamparan pantainya yang luas nan indah. Padahal Sulawesi gak cuma punya pantai, lho! Wilayah ini juga punya kekayaan alam berupa gumuk pasir.

Gumuk Pasir Sumalu terletak tepatnya di wilayah Rantebua, Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Gumuk pasir ini mungkin sedikit berbeda dengan gumuk pasir pada umumnya. Jika biasanya pasir di padang pasir sifatnya ringan, gumuk pasir di Sumalu memiliki tekstur yang lebih padat. Pasirnya pun berwarna lebih gelap dibanding pasir di gurun pada umumnya.

Meskipun demikian, keindahan gumuk pasir atau padang pasir Sumalu ini tidak perlu diragukan lagi. Bagaimana tidak, hamparan padang pasirnya yang luas dikelilingi dengan banyak bukit hijau nan hijau. 

Jika kebetulan kamu sedang berada di daerah Sumalu, kamu bisa mengunjungi gumuk pasir ini di sore hari. Karena di waktu-waktu tersebut, kamu bisa menyaksikan keindahan matahari terbenam di sana. 

Padang Pasir Pantai Tulamben di Bali

Saat mendengar nama Bali, apa yang pertama terlintas di pikiranmu? Pantai? Area sawah yang indah dan luas? atau justru kebudayaan Bali?

Selain populer dengan kawasan pantai dan area persawahannya, Bali juga menyimpan keindahan lain berupa padang pasir lho! Padang pasir ini terletak di wilayah pantai Tulamben. 

Berbeda dengan padang pasir Sumalu yang dikelilingi oleh perbukitan hijau, padang pasir pantai Tulamben dikelilingi oleh pohon-pohon palem yang tinggi. Sehingga saat kamu berada di sana, kesan tropisnya sangat terasa. Kapan lagi merasakan pengalaman di padang pasir dengan rasa tropis?

Bukan hanya bersantai, karena padang pasir Tulamben berada di kawasan pantai, kamu juga bisa sekalian berselancar dan snorkeling di sana. Gimana? Seru kan?

Pasir Berbisik di Jawa Timur

Apakah kamu sudah pernah melakukan perjalanan wisata ke wilayah Gunung Bromo? Bagi yang kamu belum, jika kamu mendengar orang-orang berbicara tentang lokasi wisata yang satu ini, mungkin hal pertama yang ada di pikiranmu adalah kawasan gunung api yang sudah tidak aktif dengan kawah yang besar. Padahal Gunung Bromo tidak hanya soal itu lho!

Di kawasan ini juga terdapat hamparan padang pasir yang disebut dengan Pasir Berbisik. Nama padang pasir ini sendiri ternyata diambil dari sebuah film yang dibintangi oleh Dian Sastrowatdoyo, lho, yakni film Pasir Berbisik.

Jika kamu pernah melihat temanmu atau orang lain berfoto di wilayah Gunung Bromo dan berfoto bersama jeep, motor trail, atau kuda, itulah wilayah padang pasir yang dimaksud. Keren kan? Pasir Berbisik di wilayah Gunung Bromo ini wajib banget ada di list tujuan wisata-mu selanjutnya!

Padang Pasir Oetune di Nusa Tenggara Timur

Bicara tentang Nusa Tenggara Timur berarti bicara tentang wisata alam yang sangat kaya. Tidak heran hamparan padang pasir yang luas seperti padang pasir Oetune dapat kamu temukan di wilayah ini!

Luas padang pasir yang terletak di wilayah Kabupaten Timor Tengah Selatan ini mencapai 100 meter persegi, lho! Tentu saja ukuran ini terbilang sangat luas untuk ukuran padang pasir di wilayah tropis. Hampir persis seperti padang pasir di Gurun Sahara, hamparan pasir di Padang Pasir Oetune terlihat menggulung dan bergelombang.

Saat berjalan-jalan di Padang Pasir Oetune, kamu tidak perlu kakimu terluka menginjak pasirnya. Bahkan kamu pun tidak harus memakai alas kaki. Hal ini dikarenakan pasir di padang pasir yang satu ini sangat lembut.

Jika kamu tertarik untuk berkunjung ke Padang Pasir Oetune, kamu harus menempuh perjalanan hingga 3 jam dari Kota Kupang. Namun tentu saja, lamanya perjalanan tersebut pasti akan terbayarkan kok! 

Apalagi di wilayah Padang Pasir Oetune ini ada hamparan pantai yang udaranya mampu membantumu melepas lelah dan memberikan ketenangan. Pasti kamu udah gak sabar berkunjung ke Padang Pasir Oetune, kan?

Nah, itulah 4 lokasi padang pasir yang recommended untuk kamu kunjungi di liburan selanjutnya. Sambil menikmati liburan di padang pasir, temani dirimu dengan VELO. Produk ini dikhususkan untuk kamu yang berusia 18 tahun ke atas dan ingin menikmati nikotin dengan cara lebih santai!

Related Articles

Leave a Reply